Manfaatkan Tren NGL Link untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?

Share this Post

tren ngl link
Table of Contents

Dalam berbisnis, ulasan dan feedback pelanggan sangatlah penting. Tren NGL link bisa meningkatkan interaksi dengan pelanggan!

Beberapa waktu ke belakang, ada tren baru di Instagram yang sedang banyak diperbincangkan.

Tren yang satu ini memang tidak secara langsung menjadi bagian dari Instagram, namun fungsinya dapat membuat Instagram jadi lebih menarik.

Yup, tren NGL link kini sedang hits! Banyak sekali pengguna Instagram yang mencoba tren ini untuk berbagai kepentingan. Mulai dari sekedar iseng hingga untuk mencari ide-ide baru.

NGL merupakan sebuah aplikasi eksternal dan bukan merupakan bagian dari Instagram. Aplikasi NGL ini memungkinkanmu untuk membuat sebuah tautan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan, pertanyaan, maupun saran secara anonim.

Tautan NGL ini akan mengarahkanmu ke laman baru di luar aplikasi Instagram. Nantinya, kamu bisa melihat pesan yang kamu terima melalui aplikasi NGL.

Menariknya, tautan NGL ini bisa disematkan di Instagram Stories maupun di bio profil.

Selain untuk hiburan, tautan NGL juga bisa kamu manfaatkan untuk bisnis. Bagaimana caranya?

Baca Juga: 5 Manfaat dan Cara Mendapatkan Customer Feedback

Mengenal Tren NGL Link untuk Bisnis

tren ngl link
Foto stiker QnA Instagram. Sumber: Freepik.com

Bagi kamu pengguna setia Instagram, pastinya sudah hafal betul semua fitur yang ada di aplikasi ini.

Melalui unggahan Instagram Stories, kamu bisa menggunakan berbagai stiker yang bisa meningkatkan interaksi dengan pengikutmu.

Misalnya, kamu bisa menggunakan stiker QnA, stiker voting, atau stiker berbalas foto.

Selain fitur-fitur yang sudah ada di Instagram, beberapa aplikasi pihak ke-3 juga ada yang menyediakan fitur tambahan. Salah satu yang sedang viral saat ini adalah aplikasi NGL.

Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore maupun App Store.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasukkan username akun Instagram, secara otomatis NGL akan membuat link untuk menampung pesan anonim dari pengikutmu.

Kamu bisa meng-copy link tersebut atau membagikannya langsung ke Instagram. Nantinya, ketika ada pengguna yang mengklik tautan tersebut, mereka akan diarahkan menuju ke laman browser NGL.

Kemudian, laman NGL tersebut berisi kolom khusus untuk menuliskan pesan, saran, maupun pertanyaan yang akan dikirim secara anonim.

Sebagai pemilik link, kamu akan mendapat notifikasi jika ada yang mengirimkan pesan. Kamu dapat melihatnya melalui fitur Inbox di aplikasi NGL.

Kamu juga bisa langsung menanggapi pesan tersebut dengan mengklik tombol “Reply”.

Aplikasi NGL bisa digunakan secara gratis. Namun, jika kamu penasaran dengan siapa yang mengirimkanmu pesan, kamu bisa membeli fitur Pro seharga Rp145.000,-/minggu.

Saat ini, tren NGL link lebih banyak digunakan secara personal untuk hiburan saja. Para pengguna bisa saling memberikan pesan rahasia, mulai dari pertanyaan hingga ­uneg-uneg untuk orang lain.

Namun, sebenarnya tren NGL link juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa memberikan ruang privasi kepada pelanggan untuk memberikan ulasan, kritik, maupun masukan untuk bisnismu.

Menjaga interaksi dengan pelanggan adalah hal mendasar yang tak boleh kamu abaikan. Oleh karenanya, menjadi terbuka dengan segala feedback pelanggan adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Catat! 7 Etika Media Sosial Marketing yang Wajib Kamu Tahu

Cara Menggunakan Tren NGL Link untuk Bisnis

Manfaatkan Tren NGL Link untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?
Foto cara menggunakan NGL. Sumber: Freepik.com

Cara menggunakan NGL secara umum dapat kamu ikuti melalui penjelasan sebelumnya. Kamu juga bisa mengikuti petunjuknya di aplikasi NGL secara langsung.

Kali ini, penggunaan tren NGL link akan lebih difokuskan untuk kepentingan bisnis.

Selain memiliki berbagai stiker untuk Instagram Stories, Instagram juga memiliki fitur Swipe Up yang bisa terhubung langsung dengan tautan eksternal.

Fitur Swipe Up ini tentu bisa digunakan sebagai opsi lain untuk memasukkan tautan NGL.

Menurut Influence Marketing Hub, Fitur Swipe Up tersedia untuk Instagrammers dengan lebih dari 10.000 pengikut dan memungkinkan pengguna tersebut untuk menambahkan tautan yang dapat dijangkau dengan menggesek ke atas saat audiens menonton cerita mereka. 

Untuk menggunakan fitur Swipe Up, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu:

  • Jumlah pengikut: Untuk menggunakan fitur Swipe Up Instagram, kamu harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut.
  • Status akun: Setelah memiliki 10.000 pengikut, pastikan kamu sudah mengubah akunmu menjadi akun bisnis. Kamu dapat melakukannya melalui menu pengaturan profil.

Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, nantinya terdapat ikon tautan yang bisa kamu klik, selanjutnya kamu hanya tinggal memasukkan tautan NGL yang ingin kamu gunakan.

Jika akunmu belum memenuhi syarat tersebut, kamu masih bisa menyematkan tautan bisnis ke Instagram. Kamu bisa membuat dan mengunggah konten IGTV, kemudian kamu bisa menambahkan tautan NGL dalam deskripsi video yang kamu unggah.

Kemudian, kamu hanya tinggal membagikan ulang IGTV melalui Instagram Stories. Cara lain yang juga bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan stiker khusus yang disediakan Instagram untuk memasukkan URL.

Stiker ini tersedia di aplikasi Instagram versi terbaru dan dapat kamu temukan ketika membuat Stories. Jika ingin terlihat lebih unik, kamu juga bisa membuat stikermu sendiri.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi pembuat stiker. Kamu bisa membuat stiker bisnismu sendiri kemudian mengekspornya ke ponsel.

Kemudian, kamu bisa menggunakan stiker kustom tersebut dan menempatkannya di atas stiker tautan Instagram.

Dengan begitu, tautan yang ada di Instagram Stories akan terlihat lebih menarik.

Jangan lupa juga untuk memasukkan tautan NGL di bio akunmu ya! sebab, menyematkan tautan di bio juga sangat penting. Khususnya bagi pengikut yang sedang melihat profil Instagram-mu.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service

Manfaat Tren NGL Link untuk Bisnis

Manfaatkan Tren NGL Link untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?
Foto manfaat NGL link. Sumber: Freepik.com

Setelah mengetahui cara menggunakan tren NGL link, tentu kamu perlu mengetahui apa saja manfaat dari fitur yang satu ini. Berikut penjelasannya, yaitu:

  • Mendapatkan ide baru, sebab dengan adanya NGL link, sangat mungkin pengikutmu memberikan ide baru tentang pengembangan bisnis dan produkmu.
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis. Setiap pelanggan memiliki penilaian atas sebuah produk, penilaian dari pelanggan sangat berharga. Kamu bisa mengetahui apa saja kelebihan produkmu dan memperbaiki kekurangannya.
  • Mendapat saran yang membangun, sebab dengan adanya NGL, pelanggan bisa memberikan saran untuk bisnis. NGL menggantikan fungsi kotak saran secara fisik.
  • Bisa menjadi cara baru untuk menganalisis minat pasar. Cobalah perhatikan kecenderungan saran atau harapan pelanggan terhadap bisnismu. Hal ini bisa jadi cara memprediksi minat pasar di masa depan.
  • Meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Selain fokus memasarkan produk, hadirnya fitur NGL juga membuka kesempatan untuk membangun interaksi yang positif dengan pengikutmu.

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Tingkatkan Retensi Pelanggan untuk Bisnis E-Commerce

Nah, itulah penjelasan tentang tren NGL link yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnismu. coba, tren ini yuk!