Team Leader: Tugas, Tanggung Jawab, & Skill yang Dibutuhkan

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Setiap tim yang hebat tentu memiliki seorang team leader yang handal. Berikut penjelasan tentang tugas dan perannya dalam perusahaan.

Kerja sama tim yang solid sangat penting untuk mencapai target-target perusahaan. Perjalanan panjang sebuah bisnis pun selalu dimulai dari tim kecil yang kompak dan mampu bekerja sama dengan baik.

Dalam sebuah tim, kemampuan individu yang baik saja tidaklah cukup. Pasalnya, tak semua orang yang ahli dalam bidang tertentu mampu menunjukan performa terbaik ketika bekerja dalam tim.

Artinya, perlu manajemen tim yang baik dan pengelolaan tugas yang terencana. Hal tersebut merupakan salah satu peran yang dimainkan oleh seorang team leader.

Begitu krusialnya peran seorang pemimpin, individu yang biasa saja bisa menjadi hebat ketika berada dalam tim yang tepat.

Sebaliknya, sehebat apapun kemampuan indiviud setiap orang, jika tidak memiliki pemimpin yang handal, maka tim tersebut tidak akan mampu bekerja dengan maksimal.

Begitu kompleksnya peran dan tugas team leader dirangkum dalam artikel ini. simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 10 Skill yang Dibutuhkan Business Development dan Tugasnya

Apa Itu Team Leader?

team leader
Foto: Pemimpin Tim Sedang Presentasi (freepik.com)

Setiap tim yang hebat memiliki pemimpin yang handal. Pemimpin bertanggung jawab atas segala hal, mulai dari operasional sehari-hari hingga memastikan bahwa anggota tim didukung dengan baik untuk mencapai tujuan mereka.

Melansir dari Asana, seorang team leader bertanggung jawab untuk membimbing tim untuk mencapai tujuan tertentu. Pemimpin tim belum tentu seorang manajer, team leader seringkali terpisah dari peran manajemen. 

Pemimpin tim secara khusus bertanggung jawab untuk membuat lingkungan kerja kolaboratif dan menentukan arah proyek atau program tertentu.

Seorang pemimpin tim memberikan arahan dan instruksi kepada kelompok kerja tentang sebuah proyek atau pekerjaan. 

Mereka bertugas mendelegasikan pekerjaan, mengawasi progress pekerjaan, dan melatih anggota tim sesuai kebutuhan. Pemimpin tim sering berfungsi sebagai mentor de-facto untuk tim.

Team leader bukanlah sebuah jabatan struktural. Akibatnya, posisi ini bisa ditempati oleh semua orang dari jabatan apapun. Mulai dari staff, manajer, asisten direktur, hingga petinggi perusahaan.

Pemimpin tim memiliki sejumlah peran penting, yang berarti mereka perlu memastikan informasi yang diberikan menjangkau semua anggota tim, menghilangkan hambatan produktivitas, memotivasi anggota tim, dan memberikan dukungan kepada tim.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil?

Tugas dan Tanggung Jawab Team Leader

Team Leader: Tugas, Tanggung Jawab, & Skill yang Dibutuhkan
Foto: Kerja Sama Tim (freepik.com)
shopee pilih lokal

Pemimpin tim menunjukkan bagaimana cara Ia membantu anggota tim dalam mencapai tujuan dan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan. 

Pemimpin tim menginspirasi orang lain dan membina komunikasi yang terbuka dan konstruktif dalam organisasi tempat mereka bekerja. 

Seorang pemimpin bukanlah bos. Artinya, tim bekerja bersama pemimpin, bukan untuk pemimpin. Deskripsi pekerjaannya juga akan mencakup beberapa hard skill, seperti membuat rencana, menetapkan tenggat waktu, dan mendelegasikan tugas.

Melansir dari Glassdoor, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab seorang team leader.

  • Memilih anggota tim yang memiliki kombinasi keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Membuat dan menerapkan strategi yang dibutuhkan anggota tim untuk mencapai tujuan.
  • Mendelegasikan tugas kepada setiap anggota tim berdasarkan kemampuan dan keahlian unik yang dimiliki.
  • Menawarkan pelatihan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu untuk mencapai tujuan.
  • Memberikan dukungan dan dorongan rutin untuk menjaga anggota tim tetap termotivasi dan bekerja menuju tujuan bersama.
  • Mengawasi operasi sehari-hari sebuah tim.
  • Memantau kontribusi dan partisipasi setiap anggota tim untuk memastikan proyek berada di jalur yang tepat untuk diselesaikan tepat waktu.
  • Membuat dan mendistribusikan laporan rutin kepada manajemen yang menunjukkan kemajuan proyek.
  • Memastikan sumber daya digunakan secara efisien.

Baca Juga: Berapa Gaji Customer Service? Berikut Tips untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Team Leader

Team Leader: Tugas, Tanggung Jawab, & Skill yang Dibutuhkan
Foto: Kolaborasi Tim (freepik.com)
shopee pilih lokal

Untuk menjadi pemimpin sebuah tim, dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang baik dalam segi hard skill maupun soft skill. Secara umum, berikut persyaratan menjadi pemimpin tim di perusahaan, yakni:

  • Memiliki ijazah pendidikan formal yang membuktikan kapasitasnya.
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang yang sama.
  • Mengikuti pelatihan di tempat kerja.
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik.
  • Punya kepercayaan diri dan keterampilan negosiasi yang terampil.
  • Mampu mengoperasikan perangkat pendukung pekerjaan.
  • Punya kemampuan organisasi yang kuat untuk memberikan arahan tim.

Selain itu, ada beberapa keterampilan utama yang wajib dimiliki seorang pemimpin, berikut penjelasannya.

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Pemimpin tim harus secara teratur berkomunikasi dengan anggota tim, manajemen, dan klien untuk memastikan semua orang berada di jalur yang sama dan memahami tujuan dan kemajuan proyek. 

Pemimpin tim harus mampu berkomunikasi dengan sangat baik secara verbal dan tertulis, untuk memastikan informasi disajikan dengan cara yang mudah dipahami.

Team leader juga harus memiliki keterampilan mendengarkan yang baik untuk memastikan bahwa anggota tim merasa didengar dan memastikan kejelasan tujuan dan target proyek.

2. Mampu Memotivasi

Pemimpin tim harus mampu memotivasi anggota timnya untuk menyelesaikan tugas dengan sukses dan tepat waktu. 

Pemimpin harus mendorong kegembiraan dan semangat serta memberikan panduan tentang bagaimana cara menjadi lebih produktif. 

Pemimpin tim juga bertanggung jawab untuk melatih dan membimbing anggota tim serta mengakui pekerjaan yang baik dan memberikan apresiasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berat.

Baca Juga: Kisaran Gaji Startup dari Level Staff Hingga C-Level

3. Mampu Membangun Hubungan yang Solid

Team leader harus mampu membangun hubungan yang solid dengan anggota tim, manajer, dan klien. Ini termasuk menumbuhkan kepercayaan dan rasa hormat serta menunjukkan empati kepada anggota tim. 

Para pemimpin juga bertanggung jawab untuk mengelola hubungan yang baik antar anggota untuk mencegah dan mengatasi terjadinya konflik internal.

4. Ahli Mengambil Keputusan

Pemimpin tim harus secara teratur membuat keputusan untuk memastikan proyek berada di jalur yang benar dan anggota tim dipandu ke arah yang benar. 

Keterampilan pengambilan keputusan yang baik memastikan pilihan yang tepat untuk mendukung tim yang lebih efektif dan keberhasilan penyelesaian proyek yang lebih tinggi. 

Pemimpin harus dapat menilai semua informasi yang tersedia dan membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut secara efektif.

5. Berorientasi Pada Tujuan

Team leader bersedia bertanggung jawab dan melakukan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.

Mereka harus dapat melihat situasi dari berbagai perspektif dan memutuskan tindakan terbaik yang akan memastikan tujuan terpenuhi.

Pemimpin tim juga harus dapat menginspirasi dan mendorong anggota tim untuk mencapai tujuan dan menimbulkan suasana tim yang ceria sehingga membuat karyawan terus termotivasi untuk bergerak maju.

Baca Juga: Berapa Gaji Store Manager? Ini Tugas dan Tanggung Jawabnya

Itulah penjelasan tentang tugas, tanggung jawab, dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang team leader yang sukses.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X