Ketahui Pengertian serta Jenis Sistem Informasi Bisnis

Share this Post

Sistem informasi bisnis
Table of Contents

Apakah kamu pernah mendengar tentang sistem operasi bisnis? Ataukah kamu pernah mendengarnya tapi tidak mengerti artinya serta penggunaan dari sistem tersebut?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang sistem informasi bisnis, ada baiknya kamu mengetahui pengertian dari bisnis itu sendiri.

Bisnis merupakan sebuah usaha atau pekerjaan yang dilakukan oleh perseorangan, organisasi, dan kelompok, untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Nah, bagaimana dengan sistem informasi bisnis? Apakah memiliki pengertian yang sama? Mari kita bahas tentang sistem informasi bisnis ini secara lengkap!

Baca juga: 5 Fungsi Google My Business dan Cara Menggunakannya

Pengertian Sistem Informasi Bisnis

sistem informasi bisnis
(Foto pebisnis yang sedang berdiskusi. Sumber: Unsplash.com)

Sistem informasi bisnis adalah sistem yang menyediakan informasi untuk mengatur sebuah informasi bisnis agar efisien dan efektif. Komponen utamanya adalah sistem komputer dan teknologi.

Sistem informasi bisnis tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya sumber-sumber daya yang memiliki peran besar. Apa saja sumber daya pendukung sistem informasi bisnis?

Sumber daya ini terbagi menjadi beberapa macam, yakni:

1.  Sumber Daya Manusia

Salah satu sumber daya terpenting dalam sistem informasi bisnis adalah sumber daya manusia. Sumber daya ini terbagi menjadi dua:

  • User (pemakai). Sesuai namanya, seorang user memakai dan memanfaatkan sistem informasi untuk kebutuhan bisnis atau pekerjaannya, contohnya konsumen, manager, dan operator.
  • Pakar (pengembang). Sedangkan seorang pakar bertugas untuk membuat dan mengembangkan sistem informasi, contohnya pakar IT dan pembuat software.

2.  Sumber Daya Hardware

Hardware atau perangkat keras juga ikut ke dalam sumber daya penting dalam sistem informasi bisnis. Peralatan fisik ini membantu proses jalannya sistem informasi bisnis.

3.  Sumber Daya Software

Ada perangkat keras, sudah pasti ada perangkat lunaknya juga sebagai pelengkap dan penunjang. Sumber daya software terdiri dari 3 bagian, yakni:

  • Software sistem merupakan software yang sama dengan sistem operasi yang ada di perangkat komputer.
  • Software aplikasi adalah program yang akan memproses langsung tugas yang digunakan oleh seorang pemakai komputer.
  • Software prosedur merupakan bentuk pengoperasian perintah-perintah dari pihak user.

4.  Sumber Daya Data

Sumber daya data merupakan data yang ada di dalam sebuah proses bisnis, contohnya persediaan barang, informasi pekerja, deskripsi produk, catatan pelanggan, dan masih banyak lagi.

5.  Sumber Daya Jaringan

Sumber daya terakhir ialah sumber daya jaringan yang berperan dalam hal komunikasi, seperti media komunikasi, software untuk akses dan pengendali jaringan, serta perangkat untuk memproses komunikasi.

Sistem informasi bisnis sendiri memiliki aturan dasar terutama untuk perusahaan bisnis yang kamu jalani. Apa saja aturan yang ada? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Etika Bisnis: Pengertian dan Perannya dalam Berwirausaha

Aturan Dasar Sistem Informasi Bisnis

sistem informasi bisnis
(Foto pertemuan bisnis. Sumber: Unsplash.com)

Aturan-aturan dasar dalam sistem informasi bisnis bisa dikategorikan menjadi 3 aturan dasar. Berikut penjelasannya:

1.  Dukungan Terhadap Proses dan Operasi Bisnis

Untuk melihat baik atau buruknya suatu perusahaan dan supaya kinerja pekerja menjadi lebih baik, harus ada dukungan dari proses dan operasi bisnis yang sedang berlangsung.

2.  Dukungan Terhadap Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan memang tidak boleh sembarangan dilakukan, tetapi tidak ada salahnya untuk mendengarkan opini dari semua lapisan pekerja yang ada di perusahaan kamu.

3.  Dukungan Strategi Persaingan

Dalam menjalani sebuah usaha, pasti ada persaingan antar pengusaha dalam bidang yang sama. Ini bisa kamu siasati dengan merencanakan strategi yang bisa mengungguli kompetitor kamu.

Jenis-Jenis Sistem Informasi Bisnis

sistem bisnis informasi
(Foto dua pebisnis yang sedang berdiskusi: Unsplash.com)

Dalam informasi bisnis, ada jenis sistem informasi bisnis yang perlu kamu tahu. Di antaranya adalah:

1.  Sistem Penjualan dan Pemasaran

Pada sistem penjualan dan pemasaran, sistem ini akan mengatur dan bertanggung jawab pada penjualan produk atau jasa yang dilakukan.

Selain itu, sistem ini mengatur semua yang berhubungan dengan pemasaran, contohnya pengenalan produk dan pemasangan iklan.

2.  Sistem Manufaktur dan Produksi

Sesuai namanya, sistem manufaktur dan produksi mengatur kegiatan yang berhubungan dengan produksi barang atau jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Ketersediaan bahan produksi, storage, pengadaan, dan sasaran produksi menjadi tanggung jawab sistem ini.

3.  Sistem Sumber Daya Manusia

Dalam sistem Sumber Daya Manusia atau SDM, hal-hal yang diatur di dalamnya adalah mengembangkan, membangun, serta mempertahankan sumber daya manusia di perusahaan.

4.  Sistem Keuangan dan Akuntansi

Sistem terakhir dan yang tak kalah penting adalah sistem yang berhubungan dengan pencatatan keuangan perusahaan.

Pengelolaan keuangan tunai, obligasi, saham, dan macam-macam investasi lainnya merupakan tanggung jawab dari sistem keuangan dan akuntansi ini.

Sistem ini dapat menerapkan beberapa macam metode, seperti pencatatan keuangan, payroll, serta penerimaan dan pembayaran.

Baca juga: 7 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online

Faktor-Faktor Penentu Sistem Informasi Bisnis

sistem informasi bisnis
(Foto pertemuan bisnis. Sumber: Unsplash.com)

Berikut adalah beberapa faktor penentu dalam sistem informasi bisnis:

1.  Biaya

Hal pertama dalam berbisnis pastilah menghitung biaya yang masuk dan keluar dan terjaminnya cost efficiency, baik itu efisien dari segi biaya maupun efisien dari segi waktu yang kamu keluarkan.

2.  Komersial

Memaksimalkan keuntungan yang ada dan melakukan perencanaan ulang proses bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

3.  Konten

Salah satu hal yang penting dilakukan agar produk atau jasa kamu lebih banyak dikenal orang adalah melakukan edukasi produk atau jasa (product knowledge).

4.  Komunitas

Tergabung ke dalam komunitas sesama pebisnis memungkinkan kamu mendapatkan informasi dan pengalaman dari sesama pengusaha yang telah terjun terlebih dahulu ke dunia ini.

Selain itu, komunitas bisa menjadi sarana yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa. Kamu juga bisa mendapatkan konsumen baru dan bisa langsung mendapatkan feedback terhadap produk kamu.

5.  Kenyamanan

Transaksi yang mudah dengan petunjuk yang jelas akan memberikan kenyamanan kepada konsumen, sehingga bisa menjadi salah satu kelebihan kamu dibandingkan pesaing yang lain.

6.  Konektivitas

Respons yang cepat dan tanggap merupakan hal yang bisa menjadi perhatian kamu dalam melayani konsumen, baik itu partai kecil maupun partai besar.

Jika kamu menjajakan produk atau jasa secara online, kamu membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil untuk tetap bisa melayani konsumen dengan baik.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai sistem informasi bisnis, mulai dari pengertian, sumber daya, aturan, jenis, dan faktornya. Semoga informasi ini membantumu!