Tableau untuk Mengolah Data Bisnis, Ini Manfaatnya

Share this Post

tableau adalah
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Bagi kamu yang bekerja dalam mengelola data, akan membutuhkan software yang bernama Tableau. Pengolahan data dengan tools seperti ini akan membuatnya lebih dimengerti oleh orang awam sekali pun.

Pengolahan data juga penting untuk keperluan operasional perusahaan karena beberapa departemen membutuhkannya dalam proses mengembangkan sesuatu. Jadi, kamu perlu menguasai tools-nya.

Lebih lanjut, yuk cari tahu apa yang dimaksud dengan Tableau dan fungsinya bagi bisnis. Dengan begitu, data yang dimiliki oleh perusahaan kamu bisa digunakan lebih optimal.

Baca Juga: Contoh Rekap Data Penjualan dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Apa Itu Tableau?

tableau
(Foto contoh dashboard Tableau. Sumber: canonicalized.com)

Bagi kamu yang belum tahu, Tableau adalah alat untuk visualisasi data yang umum digunakan dalam industri business intelligence dan data science. Alat ini digunakan dengan tujuan untuk membantu orang melihat dan memahami data yang kompleks.

Saat ini, data merupakan aset besar yang penting untuk dimiliki oleh bisnis. Hampir semua industri mengandalkan analitik data besar untuk membuat keputusan bisnis.

Oleh sebab itu, dibutuhkan alat visualisasi data guna menyajikan data dalam format yang sederhana, menarik secara visual, dan mudah untuk dipahami.

Dengan Tableau, kamu bisa menyederhanakan data-data mentah dalam format yang interaktif dan mudah untuk dimengerti.

Bahkan jika kamu tidak memiliki keahlian teknis untuk mengolah data, bisa memelajari tools pengolah data yang satu ini dengan mudah.

Baca Juga: 4 Tahapan Data Management dan Kontribusinya dalam Pengembangan Bisnis

Jenis-Jenis Tableu untuk Mengolah Data

jenis tableau
(Foto contoh grafik data. Sumber: Pexels.com)
shopee pilih lokal

Ada berbagai produk pengolah data yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis, di antaranya:

1. Tableau Desktop

Kamu bisa menggunakan tools ini desktop untuk membuat kode dalam data sekaligus menyesuaikannya dalam bentuk laporan yang sistematis.

Dengan tools ini, kamu dapat membuat bagan, laporan, dan memadukan semua data dalam dashboard yang telah disediakan. Semua proses pengolahan datanya pun akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Tools ini bisa diintegrasikan ke data warehouse serta berbagai jenis file lainnya. Bahkan, buku kerja yang dibuat dapat dibagikan secara lokal atau pun publik.

2. Tableau Public

Ini merupakan tools yang memungkinkan kamu untuk mengelola data dan menyimpannya dalam cloud, sehingga dapat dilihat dan diakses oleh siapa saja.

Dalam hal ini, data milik kamu tidak memiliki privasi. Semua orang bisa mengakses dan mengunduhnya jika membutuhkan.

Biasanya, tools ini digunakan untuk individu yang ingin belajar menggunakan Tableau atau karena ingin membagikan data dengan masyarakat umum.

3. Tableau Server

Software ini digunakan untuk membuat lembar kerja pengolahan data dapat dibagikan ke seluruh organisasi dalam kepentingan bisnis.

Namun sebelum menggunakannya, kamu perlu menggunakan Tableu Desktop. Lalu, mengunggahnya ke server sehingga dapat dibagikan pada pengguna tertentu.

Tools yang satu ini akan cocok untuk kamu yang ingin berbagi data secara cepat dan efisien dalam kepentingan organisasi bisnis.

Nantinya, akan ada admin yang bertugas untuk mengelola server. Individu dalam organisasi yang ingin mengaksesnya pun akan diberi petunjuk khusus agar dapat melakukan login.

4. Tableau Online

Ini adalah tools pengolah data yang bisa dibagikan secara online kepada pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah organisasi bisnis.

Fungsinya cukup mirip dengan Tableau Server, akan tetapi semua datanya disimpan di server yang dihosting di cloud.

Kamu bisa menyimpan dan mempublikasikan banyak data sekaligus menggunakan software ini.

5. Tableau Reader

Ini adalah alat pembaca data gratis yang dibuat menggunakan Tableau Desktop dan Tableau Public.

Dengan tools ini, kamu bisa melakukan filterasi data sesuai kebutuhan. Namun, dengan akses pengeditan yang terbatas.

Semua yang memiliki lembar kerja berisi data bisa menggunakan tools untuk membacanya. Jadi, fiturnya dapat dinikmati oleh semua orang.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Mengumpulkan Database Online Shop

Manfaat Tableau untuk Bisnis

manfaat tableau
(Foto proses diskusi bisnis menggunakan visualisasi data. Sumber: Pexels.com)
shopee pilih lokal

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan software pengolah data, di antaranya:

1. Membantu Pembuatan Keputusan Bisnis

Dengan menggunakan software pengolahan data, kamu bisa membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang valid.

Jadi, keputusan bisnis yang kamu buat bisa dilakukan dengan lebih percaya diri berkat adanya dukungan data akurat.

Semua datanya telah diolah secara otomatis yang memungkinkan pengguna untuk membaca laporan dengan lebih mudah.

2. Konsolidasi Data Secara Otomatis             

Dengan Tableau, semua data yang terkait keperluan bisnis bisa diperbarui secara otomatis. Jadi, proses pembuatan laporan bisa dilakukan secara lebih efisien, hemat waktu, dan tenaga.

Lain halnya jika kamu masih menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data. Kamu perlu membuat laporan datanya secara manual, dengan menggunakan rumus dan laporan tidak bisa diperbarui secara real-time.

Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk menggunakan Tableau sebagai software untuk mengelola data-data penting milik perusahaan.

3. Alat Visualisasi Data yang Praktis

Tools ini merupakan alat visualisasi data yang amat praktis. Sebab, didukung oleh teknologi yang bisa melakukan perhitungan secara kompleks, pencampuran data, serta dilengkapi dashboard untuk menciptakan visualisasi agar sajian data lebih mudah dipahami.

Dengan begitu, proses pengambilan keputusan bisnis yang dilakukan berdasarkan data bisa berlangsung lebih efisien. Hal ini karena semua pemangku kepentingannya dapat memahami data dalam laporan secara lebih mudah.

Baca Juga: Cara Kerja Bisnis Database, Bisnis Jual Beli Data yang Lagi Hits!

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Manfaat Tableau yang berikutnya ialah bisa membantu kamu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dashboard dari tools pengolah data yang satu ini dapat membantu kamu menganalisis layanan dukungan pelanggan.

Dengan begitu, kamu bisa memeroleh data pengguna secara lebih mendalam. Ke depannya, bisnis kamu dapat melakukan inovasi dan perbaikan sesuai dengan harapan maupun kebutuhan pelanggan.

Jadi, pelanggan bisa lebih puas dengan produk dan layanan dari bisnismu.

5. Menghubungkan Kumpulan Data

Software pengolah data merupakan alat yang tepat untuk membantu kamu menghubungkan sekumpulan data.

Dengan begitu, proses pembuatan laporan dari banyak data bisa dilakukan secara lebih efisien.

Melansir laman Corporate Finance Institute (CFI), tools ini bisa menghubungkan semua kumpulan data berbeda, dan membuat keputusan bisnis yang penting dari beberapa kemungkinan hubungan data.

6. Analisis Tren dan Pola Data

Dengan Tableau, kamu bisa menganalisis tren dan pola data yang ada secara lebih mudah.

Pasalnya, Tableau menyediakan fitur luar biasa seperti pencampuran data dan penelusuran data. 

Adanya fitur tersebut, dapat membantu kamu dalam menyusun data yang relevan serta menentukan variasi data dan pola atau tren data dalam organisasi.

Baca Juga: 2 Tata Cara Update Data Wajib Pajak, NIK Resmi Gantikan NPWP

7. Membuat Laporan Taktis dengan Praktis

Laporan taktis sangat penting dalam membuat keputusan bisnis karena membantu mengidentifikasi tren, produktivitas, dan kesuksesan di berbagai segmen/departemen bisnis. 

Nah, Tableau memiliki fitur yang tepat untuk membantu kamu dalam membuat laporan taktis. Dari setiap data yang diberikan, software ini mampu mempermudah kamu untuk membuat laporan taktis hanya dalam hitungan menit.

Itu dia penjelasan seputar Tableau yang merupakan software pengolah data otomatis. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya dalam operasional usaha?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X