Jenis Backlink dan Fungsinya untuk Situs Web, Yuk Terapkan

Share this Post

baclink
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Dalam mengelola konten di website bisnis, kamu perlu memerhatikan penggunaan backlink karena hal ini penting untuk optimasi SEO. Apa itu backlink?

Mengutip laman Semrush Blog, backlink adalah link pada satu website yang mengarah ke website lain. Ini juga dikenal sebagai tautan inbound atau tautan eksternal.

Biasanya, mesin pencari seperti Google melihat backlink untuk melihat kredibilitas situs web. Oleh karenanya, halaman dengan banyak backlink seringkali mendapat peringkat tinggi di Google.

Apalagi, jika link eksternal yang ditautkan dalam isi konten merupakan sumber dari website tepercaya. Jadi, pastikan pembuatan dan penerbitan konten pada website kamu sudah dilengkapi dengan backlink, ya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Hyperlink? Berikut Penjelasannya

Jenis-Jenis Backlink

jenis backlink
(Foto ilustrasi backlinks. Sumber: Depositphotos.com)

Ada beberapa jenis tautan eksternal yang biasanya digunakan dalam membuat konten lebih kredibel di mata audiens. Apa saja? Berikut daftarnya yang perlu kamu ketahui:

1. Do-follow Links

Salah satu jenis tautan eksternal yang biasa digunakan untuk membuat konten di website adalah do-follow links.

Melansir laman SendPulse, jenis tautan ini tidak mengandung atribut apa pun. Tautan do-follow berdampak pada peringkat situs web dan membantu kamu untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di mesin pencarian Google.

Dibandingkan dengan jenis tautan lainnya, ini merupakan link yang paling berharga dan berpengaruh besar pada SEO.

2. No-follow Links

Sedangkan pada no-follow links, konten yang memiliki tautan eksternal no-follow tidak akan terindex oleh Google dalam search engine.

Meski tidak terlalu berharga bagi Google, akan tetapi kamu tetap memerlukan ini pada website sebagai penyeimbang dari do-follow links.

Hal ini karena konten yang mengandung do-follow links terlalu banyak bisa dianggap sebagai spam oleh Google dan website mungkin saja tidak dapat bersaing dalam search engine.

3. Sponsored or Paid Links

Ada juga tautan eksternal dalam konten yang disebut sebagai sponsored or paid links. Sesuai dengan namanya, tautan ini merupakan link sponsor produk atau layanan berbayar.

Dengan begitu, Google bisa mengidentifikasi tautan promosi untuk dapat ditampilkan dalam halaman hasil pencarian.

4. UGC Links

UGC links merupakan jenis tautan konten buatan pengguna. Dengan menambahkan UGC links, situs web kamu akan memberitahukan pada Google tentang tautan mana saja yang dibuat oleh pengguna atau pelanggan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Penyebab Broken Link dan Cara Mengatasinya

Fungsi Backlink

fungsi backlink
(Foto tampilan web. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenis tautan eksternal, cari tahu juga apa fungsi sebenarnya dari inbound link ini. Berikut fungsi backlink dalam pembuatan dan penerbitan konten di website:

1. Meningkatkan Peringkat Website

Salah satu fungsi tautan eksternal pada konten kamu ialah dapat meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil pencarian.

Semakin banyak inbound links berkualitas yang kamu dapatkan, akan semakin baik pula skor SEO konten website bisnismu secara keseluruhan.

Ketika situs web kamu berada di peringkat teratas, kamu bisa menghasilkan lebih banyak traffic website.

2. Menciptakan Brand Awareness

Fungsi dari penggunaan inbound links selanjutnya ialah menciptakan brand awareness (kesadaran merek).

Hal ini karena peringkat website yang tinggi pada halaman pencarian akan memudahkan audiens untuk menemukan konten bisnismu. Jadi, akan ada lebih banyak orang yang tahu bisnismu melalui pencarian online.

Melalui branding merek yang kuat, bisnis kamu bisa terlihat lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Dengan kata lain, merek yang memiliki kesadaran paling tinggi akan lebih efektif untuk menarik perhatian target audiens sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

3. Meningkatkan Visibilitas Mesin Pencari

Dengan backlink, kamu juga bisa meningkatkan visibilitas mesin pencari untuk situs web. Jadi, website kamu akan lebih mudah ditemukan oleh target audiens saat pencarian di internet.

Visibilitas online yang tinggi pada akhrinya juga bisa meningkatkan jumlah traffic situs web. Traffic yang tinggi bisa membuat kamu menghasilkan lebih banyak konversi.  

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Link Building dan Manfaatnya bagi Website

4. Membuat Konten Lebih Kredibel

Menambahkan inbound link, konten yang kamu buat dan publikasikan juga akan terlihat lebih kredibel di mata audiens.

Hal ini karena tautan dari situs web lain (backlink) berfungsi sebagai indikator atau suara pihak ketiga yang dapat dipertimbangkan oleh audiens dan algoritma mesin telusur, saat menentukan peringkat website di halaman pencarian.

Misalnya saat Google ingin menampilkan website yang paling relevan dengan kata kunci tertentu di halaman hasil pencarian. Inbound link dapat menjadi indikator bagi Google untuk memilih situs web yang sesuai karena isi konten kamu telah dijamin memiliki sumber tepercaya.

5. Menambah Keuntungan Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi link eksternal yang ditambahkan dalam isi konten bisa membuat website menghasilkan lebih banyak traffic.

Saat situs web kamu memperoleh peringkat dan visibilitas yang lebih tinggi di SERP, akan ada lebih banyak orang mengklik tautan di artikel lain untuk melihat kontenmu. Jadi, jumlah total pengunjung yang mengunjungi situs web kamu meningkat.

Pada akhirnya, kunjungan situs web yang lebih banyak ini pun bisa menghasilkan konversi lebih tinggi.

Jadi, backlink bisa menjadi salah satu pendorong yang kuat untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan bisnis.

6. Memudahkan Proses Index Oleh Mesin Pencari

Dengan menambahkan inbound link di konten situs web kamu, mesin pencari akan lebih mudah dalam mengindeks website bisnismu.

Terutama bagi situs web baru, kegunaan link eksternal sangat penting untuk manajemen website karena membantu penemuan dan pengindeksan hasil pencarian situs lebih cepat.

7. Meningkatkan Traffic Website

Salah satu manfaat utama inbound link adalah dapat membantu situs web mendapatkan lebih banyak referral traffic.

Ketika seseorang yang sedang membaca suatu postingan di situs web kamu, mereka dapat mengklik tautan lain di postingan untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik yang dibahas.

Dengan begitu, jumlah traffic situs web kamu akan bertambah lebih banyak. Mereka juga akan tertarik untuk menjelajah website kamu lebih jauh.

Baca Juga: Cara Menambahkan Link di Bio Instagram Lewat HP dan PC

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas

tips menggunakan backlink
(Foto tautan situs web. Sumber: devsaran.com)
shopee pilih lokal

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat backlink seperti yang telah disebutkan di atas, kamu harus menggunakan inbound link yang berkualitas.

Nah, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar tautan eksternal berkualitas untuk situs web, berikut di antaranya:

1. Perhatikan Kredibilitas Website

Pastikan kamu menautkan link dari situs web yang kredibel sehingga isi kontenmu lebih terlihat kredibel.

Jadi, inbound link yang kamu tautkan dalam isi konten lebih berkualitas dan bisa bekerja lebih baik untuk website.

Dengan menautkan situs web yang tepercaya, kamu akan menarik lebih banyak traffic organik, menghindari pelanggaran atau indikasi spam dari mesin pencari.

2. Pastikan Situs Web Relevan

Dalam memilih inbound link, pastikan juga situs web yang kamu tautkan relevan dengan isi konten website.

Jadi, pilihlah sumber situs web yang memang mendukung isi konten. Jangan asal memilih backlink karena bisa saja performanya kurang optimal untuk website.

Untuk itu, kamu mungkin perlu melakukan riset terlebih dahulu sehingga bisa menemukan link eksternal yang sesuai dengan isi konten.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Membuat Link WA di Bitly untuk Bisnis

3. Posisikan Backlink dengan Tepat

Perhatikan juga penempatan backlink dalam konten kamu. Pastikan inbound link tidak ada di bagian footer atau di sidebar website karena akan dianggap link iklan atau spam. Akibatnya, reputasi dan peringkat situs web kamu mungkin menurun.

Jadi, cermatlah dalam menentukan posisi link eksternal pada konten situs web kamu. Jangan terlalu berlebihan karena bisa terdeteksi sebagai tautan spam.

Itu dia penjelasan seputar backlink yang perlu kamu ketahui dalam mengelola konten untuk situs web. Semoga bisa memberikan hasil yang lebih optimal bagi website bisnismu, ya.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X