Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional, Begini Sejarahnya

Share this Post

harbolnas
Table of Contents

Menuju bulan Desember, momen yang paling dinantikan oleh konsumen maupun seller adalah Harbolnas.

Harbolnas adalah Hari Belanja Online Nasional yang biasa diselenggarakan pada tanggal 12 Desember.

Momen 12.12 ini seringkali dimanfaatkan oleh pelanggan untuk berburu berbagai barang secara online.

Sebab, ada banyak sekali brand yang mengadakan diskon besar-besaran sehingga menjadi kesempatan pelanggan untuk checkout produk incarannya.

Pesta diskon yang hanya berlangsung satu tahun sekali ini selalu mengalami peningkatan transaksi setiap tahunnya.

Pada tahun lalu, nilai transaksi Harbolas 2021 bahkan mencapai Rp 18,1 triliun, naik sebesar 56% dibanding capaian di tahun 2020.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai sejarah Harbolnas di Indonesia. Berikut manfaatnya bagi para penjual dan juga tips memaksimalkan keuntungan pada momen pesta belanja online 12.12.

Baca Juga: Ini 13 Barang yang Diincar Selama Harbolnas

Harbolnas Adalah Hari Belanja Online Nasional

harbolnas adalah
(Foto ilustrasi diskon. Sumber: Unsplash.com)

Sebelum muncul di Indonesia, pesta belanja online sudah muncul di sejumlah negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Jepang dengan sebutan Cyber Monday.

Cyber Monday ini sendiri terinspirasi dari perayaan Black Friday di Amerika Serikat.

Pada Black Friday, banyak toko-toko yang memberikan potongan harga besar-besaran sehingga orang pun dengan antusias datang ke toko bahkan rela mengantre panjang untuk berbelanja. 

Selain Cyber Monday, ada juga Single Day 11.11 yang dimulai di China. Di Indonesia sendiri, Harbolnas dimulai pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 12.12.12.

Harbolnas di Indonesia pertama kali dicetuskan para e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Saat itu, beberapa e-commerce yang ikut serta di antaranya Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Berrybenka.

Ide Harbolnas sendiri awalnya dimulai oleh Lazada yang ingin mengkampanyekan pesta belanja online ke masyarakat.

Dari ide itu, dicetuskanlah Harbolnas untuk mendorong perusahaan ritel e-commerce untuk ikut bergabung sehingga tingkat penjualan yang didapat akan lebih besar. 

Seiring berjalannya waktu, Harbolnas semakin sering dilakukan.

Sejumlah e-commerce mulai mengadakan Harbolnas sejak bulan September pada 9.9, sementara beberapa e-commerce lainnya malah mengadakan Harbolnas setiap bulannya.

Kini bukan hanya bisnis ritel saja yang ikut bergabung pada festival belanja Harbolnas, perusahaan dari berbagai industri baik offline maupun online pun turut menawarkan beragam promo fantastis saat Harbolnas. 

Baca Juga: Coba 11 Strategi Promo Harbolnas Ini agar Jualan Untung!

Keuntungan Harbolnas Bagi Pemilik Bisnis

manfaat harbolnas
(Foto ilustrasi diskon online. Sumber: Pexels.com)

Tentu saja, ada banyak sekali keuntungan yang bisa brand rasakan jika mereka memanfaatkan momen Harbolnas ini.

Berikut beberapa manfaat Harbolnas untuk para pebisnis yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan Traffic Toko Online

Ketika toko online kamu berpartisipasi dalam momen Harbolnas, akan ada lebih banyak pengunjung yang datang meski hanya untuk sekadar mengecek produk dan diskon.

Toko online kamu pun akan mendapatkan traffic yang lebih tinggi daripada hari-hari biasanya.

Dengan jumlah traffic yang besar, kamu bisa meningkatkan visibilitas bisnis secara online. Bahkan, dapat membangun brand awareness yang lebih baik.

Sebab, orang-orang yang belum mengetahui toko online kamu bisa menjadi tahu tentang bisnismu. Bukan tidak mungkin bagi mereka untuk melakukan pembelian di lain waktu.

2. Menambah Jumlah Penjualan

Dengan mengadakan promo khusus selama Harbolnas, kamu juga bisa meningkatkan jumlah penjualan.

Dibandingkan dengan penjualan hari biasa, tentu jumlah penjualan toko online kamu akan jauh lebih besar hingga berkali-kali lipat.

Ini bisa menjadi cara efektif untuk kamu menjual produk-produk edisi lama atau musim sebelumnya yang belum laku.

Misalnya dengan mengadakan clearance sale dan diskon besar-besaran selama Harbolnas berlangsung.

Meskipun produk yang kamu jual dengan harga miring bukanlah barang edisi terbaru, tetapi cara ini tetap ampuh untuk menambah angka penjualan.

Sebab, ada banyak pelanggan di luar sana yang mencintai barang-barang berharga murah. Mereka pun tidak akan ragu untuk membeli produk yang kamu jual dengan harga diskon.

Jadi, produk di toko online kamu bisa lekas habis dan ruang penyimpanan dapat digunakan untuk stok barang lainnya.

3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Ketika penjualan toko online kamu bertambah banyak, tentunya pendapatan bisnis yang diperoleh akan jauh lebih besar.

Oleh karenanya, banyak brand yang berlomba-lomba untuk memberikan penawaran spesial kepada pelanggan sehingga mereka dapat memeroleh lebih banyak keuntungan bisnis.

Nah, agar kamu bisa mencapai keuntungan maksimal, jangan lupa untuk melakukan perhitungan harga produk sebelum diskon terlebih dahulu.

Jadi, produk yang kamu tawarkan dengan diskon bisa tetap memberikan keuntungan. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena tidak memperhitungkan diskon yang ditawarkan pada pelanggan, ya.

4. Menarik Pelanggan Baru

Keuntungan lain dari berpartisipasi dalam event Harbolnas adalah kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan baru.

Ketika kamu memberikan penawaran menarik, entah itu potongan harga spesial, promo gratis ongkir, atau cashback, toko online milikmu akan segera diserbu pelanggan.

Mereka yang sebelumnya tidak pernah berbelanja pun akan tergoda dan pada akhirnya membuat keputusan pembelian dengan mantap.

Bagi kamu yang baru merintis usaha, tentu akan menyenangkan sekali rasanya jika kebanjiran orderan, bukan?

Jumlah penjualan akan bertambah dan peluang pendapatan yang kamu peroleh semakin besar.

5. Mengakuisisi Pelanggan yang Sudah Ada

Tidak hanya bisa menarik pelanggan baru untuk berbelanja ke toko kamu, Harbolnas juga dapat membantumu mengakuisisi pelanggan yang sudah ada.

Dengan mengirimkan informasi penawaran melalui chat, email, media sosial, dan saluran pemasaran lain kepada pelanggan yang sudah ada, potensi mereka untuk berbelanja kembali akan jauh lebih besar.

Jadi, pelanggan yang sudah ada saat ini bisa melakukan repeat order di toko kamu. Loyalitas pelanggan pun dapat kamu dapatkan dengan lebih mudah.

Dibandingkan dengan menarik pelanggan baru, cara ini dinilai jauh lebih hemat biaya dan mudah untuk dilakukan.

Oleh karenanya, peliharalah hubungan yang baik dengan para pelanggan untuk membuat mereka kembali melakukan pembelian di masa mendatang.

Baca Juga: 6 Tips Mempersiapkan Bisnis Menyambut Harbolnas

Tips Memaksimalkan Keuntungan Saat Harbolnas

tips bisnis saat harbolnas
(Foto tag diskon. Sumber: Pexels.com)

Dengan semakin banyaknya bisnis yang ikut serta dalam perayaan Harbolnas, artinya tingkat persaingan semakin ketat.

Maka dari itu, kamu harus menyiapkan sejumlah cara dan strategi untuk bisa meraih penjualan secara maksimal saat Harbolnas.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antaranya:

1. Siapkan Stok

Tentukan produk-produk apa saja yang akan kamu berikan promo, misalnya produk-produk favorit atau produk baru. Kemudian tentukan target penjualanmu.

Kamu bisa membandingkannya dengan Harbolnas sebelumnya atau penjualan tahun lalu sebagai referensi untuk menentukan target.

Setelahnya, tentukan jumlah stok produk yang perlu kamu siapkan sehingga nantinya saat permintaan sedang banyak, kamu tidak kehabisan stok. 

Dengan stok produk yang memadai, kamu bisa menghasilkan pendapatan bisnis semaksimal mungkin.

Pelanggan juga tidak akan kecewa dengan toko kamu ketika stok produknya cukup dan merata.

2. Rencanakan Promo dengan Baik

Tentukan jenis promo apa yang akan kamu berikan kepada konsumen. Ada banyak promo yang bisa kamu coba dan eksplor untuk meningkatkan ketertarikan konsumen.

Misalnya memberikan potongan harga khusus, promo gratis ongkos kirim, menawarkan cashback, produk bundling, gratis hadiah/sample produk menarik, flash sale, dan lainnya.

Biasanya, pelanggan akan lebih cepat menentukan keputusan pembelian apabila brand memberikan promo yang menguntungkan bagi mereka.

Jadi, cobalah untuk memberikan promo yang variative sehingga target audiens kamu lebih yakin dalam melakukan pembelian.

Selain menentukan jenis promonya, jangan lupa juga untuk menghitung margin keuntungan dan menentukan target nilai penjualan.

Jangan sampai memberikan promo terlalu besar hingga akhirnya kamu malah tidak mendapatkan keuntungan. 

3. Lakukan Promosi di Berbagai Channel

Agar promo yang kamu berikan bisa mejangkau target konsumen yang lebih luas, lakukan promosi di berbagai channel beberapa minggu sebelum Harbolnas.

Misalnya melalui website, media sosial, email, dan marketplace. Kamu bahkan bisa membagikan teaser dari promo Harbolnas yang kamu rencanakan.

Tujuannya adalah supaya orang lebih familiar dan menanti-nantikan promo tersebut.

Semakin menarik caramu mempromosikannya, akan semakin mudah bagi calon pembeli untuk mengingat promo yang kamu tawarkan. 

Dalam hal ini, kamu mungkin perlu membuat konten penawaran yang lebih variatif untuk menarik perhatian target audiens.

Jadi, mereka akan lebih yakin untuk melakukan pembelian selama periode promosi.

Contohnya dengan menggunakan fitur countdown yang tersedia dalam fitur Stories di Instagram. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengingatkan target audiens tentang periode promosi yang akan datang.

Dengan begitu, mereka tidak akan ketinggalan promo menarik dan kamu bisa menghasilkan lebih banyak penjualan yang menguntungkan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Harbolnas yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Update Toko Online

Selain melakukan promosi, kamu juga bisa memperbarui toko online-mu baik itu website, media sosial, atau lapak di marketplace.

Kamu bisa meng-update-nya dengan menambahkan banner khusus Harbolnas pada halaman awal website, membuat konten atau feed khusus pada media sosial, dan memperbarui banner toko di marketplace.

Dengan cara ini, orang akan langsung sadar dengan promo yang sedang berlangsung saat mereka pertama kali berkunjung ke tokomu. 

Semakin menarik dekorasi toko online yang kamu buat, akan semakin bagus dan efektif untuk menarik pelanggan untuk membeli.

Jadi, cobalah untuk membuat dekorasi yang menarik. Dengan mencari berbagai referensi desain banner dan konten penawaran di internet agar hasilnya lebih maksimal.

5. Bekerja sama dengan Pihak Lain untuk Dukungan Operasional

Agar pengalaman berbelanja konsumen menyenangkan, kamu bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mendukung penjualanmu.

Sebagai contoh, agar bisa memberikan pilihan pembayaran yang lebih beragam, kamu bisa bekerja sama dengan berbagai aplikasi dompet digital seperti GoPay, OVO, DANA, dan lain-lain. 

Untuk meningkatkan exposure, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan brand dan produkmu sehingga semakin banyak orang yang mengetahui promomu dan melakukan transaksi.

Cara lain adalah dengan bekerja sama dengan brand lain yang dapat melengkapi atau menambah nilai produk yang kamu jual.

Misalnya, jika kamu menjual sepatu olahraga, kamu bisa bekerja sama dengan brand pakaian olahraga untuk menawarkan paket bundling

Hal yang juga harus dipersiapkan saat Harbolnas adalah pengiriman.

Saat Harbolnas, jumlah penjualan tentu akan meningkat. Begitu pula dengan kebutuhan pengirimanmu. Agar kamu tidak kewalahan, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa layanan logistik.

Selain dapat memberikan pilihan durasi pengiriman yang lebih fleksibel kepada konsumen, kamu juga bisa bekerja sama dengan beberapa layanan pengiriman untuk memberikan potongan ongkos kirim sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli. 

Baca Juga: Kelola Jualan Saat Harbolnas Lebih Praktis dengan Integrasi Marketplace

6. Beri Kesempatan Kedua atau Kesempatan Terakhir

Strategi pemasaran lainnya yang bisa kamu terapkan selama Harbolnas adalah dengan menciptakan rasa urgensi dalam benak pelanggan.

Misalnya dengan memberikan kesempatan kedua atau kesempatan terakhir pada pelanggan yang masih ragu-ragu untuk checkout.

Dalam hal ini, kamu mungkin bisa mengirimkan pesan penawaran pada pelanggan yang telah memasukkan produk ke keranjang, tetapi belum juga melakukan pemesanan dan pembayaran. Ingatkanlah mereka untuk segera melakukan pembelian sebelum penawarannya habis.

Selain itu, kamu juga dapat memperpanjang periode promosi selama 1-2 hari setelah Harbolnas berlangsung.

Jadi, pelanggan yang memiliki kesempatan atau peluang untuk melakukan pembelian produk dari toko online kamu.

Itu dia sejarah singkat seputar Harbolnas, beserta manfaat, dan strategi yang bisa kamu terapkan.

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa memanfaatkan momen Harbolnas sebagai peluang untuk memaksimalkan penjualan dan meningkatkan awareness terhadap brand-mu.

Jangan lupa juga untuk memantau traffic dan penjualanmu secara berkala sehingga kamu bisa mendapatkan insight yang berguna untuk perkembangan bisnismu ke depannya, ya.