7 Fakta Menarik Seputar GIIAS 2022, Pecinta Otomotif Wajib Tahu

Share this Post

usaha salon mobil
Table of Contents

Yuk, simak rangkuman lengkap seputar event GIIAS 2022 melalui artikel berikut.

Pecinta otomotif mungkin sudah tak asing lagi dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2022).

Bagi kamu yang belum tahu, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Tanah Air.

Menurut Wikipedia, pameran otomotif tersebut telah diselenggarakan sejak tahun 1986 yang awalnya dinamakan Gaikindo Car Exhibition. Kemudian diubah menjadi Indonesia International Motor Show (IIMS).

Namun sejak tahun 2015, pameran ini dipisah dari gelaran IIMS dan diselenggarakan setiap tahunnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, serta sebagai seri di Surabaya, Medan, dan Makassar.

GIIAS 2022 sendiri sukses berlangsung sejak 11-21 Agustus lalu. Pelaksanaan pameran otomotif yang ke-29 ini mengusung tema “The Future is Bright”. Dengan tujuan untuk menunjukkan masa depan industri otomotif yang cerah.

Baca Juga: Sejauh Mana Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia?

Fakta Menarik Seputar GIIAS 2022

GIIAS 2022
(Foto poster promosi GIIAS 2022. Sumber: indonesiaautoshow.com)

Lantas, seperti apa keseruan yang ada dalam acara GIIAS 2022 ini? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

1. Diresmikan oleh Menko Bidang Perekonomian dan Menteri Perindustrian

Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia ini telah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pembukaan pameran secara resmi yang dilakukan pada Kamis, 11 Agustus 2022 ini juga turut dihadiri oleh Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara GIIAS 2022 Rizwan Alamsjah.

“Pameran otomotif GIIAS 2022 yang digelar oleh GAIKINDO tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak mobil listriknya. Makanya saya sangat senang karena ini menjadi momentum bagi kita untuk memulai teknologi otomotif yang lebih ramah lingkungan. Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor yang rasionya 99 mobil per 1000 penduduk. Industri ini tentu berpotensi tumbuh pesat,” kata Airlangga Hartanto, dikutip dari laman resmi GIIAS.

Menurut Menko bidang Perekonomian, pameran GIIAS 2022 ini turut membantu pemerintah untuk berkomitmen dalam industri otomotif dengan teknologi sumber energi baru dan terbarukan.

2. Dukung Pemerintah Melalui Edukasi Kendaraan Berbasis Listrik

Kontribusi GIIAS 2022 secara nyata dalam mendukung pemerintah untuk elektrifikasi otomotif juga ditunjukkan melalui program edukasi salama pameran.

Dalam hal ini, GIIAS 2022 menghadirkan informasi dan edukasi tentang kendaraan bermotor berbasis listrik baik dari kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua. 

Pendukung pameran dari berbagai merek pun turut membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini.

Sebut saja Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.

Sementara merek kendaraan roda empat yang berpartisipasi mobil listrik, yaitu DFSK, Fuso, Hyundai, KIA, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Toyota, dan Wuling.

Oleh karenanya, GIIAS melakukan inovasi dengan menyediakan lokasi area pengetesan kendaraan listrik dalam ruangan, Indoor EV Test Track yang belum pernah ada di pameran sebelumnya.

3. Jadi Ajang Peluncuran Produk Mobil dan Motor Baru

pameran GIIAS 2022
(Foto pameran mobil listrik GIIAS 2022. Sumber: oto.com)

Sama seperti gelaran pameran tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2022 juga menjadi ajang bagi para merek kendaraan untuk melakukan launching produk terbaru.

Tercatat ada lebih dari 30 kendaraan model baru yang diluncurkan pada acara GIIAS tahun 2022 ini. 

Selain itu, GIIAS 2022 akan menjadi venue bagi peluncuran kendaraan model baru yang berstatus ASEAN Premiere dan Indonesian Premiere.

Jumlah merek kendaraan yang berpartisipasi dalam pameran otomotif ini, yaitu lebih dari 23 merek dagang ternama.

Terdapat juga lebih dari 100 merek dari industri pendukung yang hadir di GIIAS tahun 2022. 

Baca Juga: Mau Mulai Usaha Rental Mobil? Perhatikan 6 Hal Ini!

4. Pengunjung Bisa Lakukan Test Drive saat Pameran

Bagi masyarakat pecinta otomotif, bisa datang untuk berkunjung ke gelaran GIIAS tahun 2022 dengan membeli tiket secara online melalui situs web www.auto360.id atau aplikasi GIIAS Auto360.

Harga tiket yang dikenakan untuk pengunjung ialah sebesar Rp50.000 pada hari kerja dan Rp100.000 selama akhir pekan.

Selain menyajikan ragam kendaraan listrik, komponen, program menarik, dan seputar otomotif lainnya, GIIAS tahun 2022 juga menyediakan zona test drive. Jadi, pengunjung bisa melakukan percobaan sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan.

Terdapat 40 mobil tes yang bisa pengunjung coba selama pameran ini, 7 di antaranya mobil listrik dan hybrid, selebihnya adalah mobil baru yang diluncurkan oleh pabrikan yang ikut di pameran ini.

Pada GIIAS tahun ini, terdapat 2 zona test drive yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mencoba mobil impian.

Di antaranya adalah zona test drive A yang berada di Loading Dock Hall 3A. Kemudian zona test drive B yang berada di Loading Dock Hall 5.

Terdapat juga zona tes dalam ruangan yang merupakan zona EV Test Track yang berada di Hall 10.

Setiap pengunjung yang melakukan test drive akan didampingi oleh para product expert dari masing-masing APM.

5. Pemesanan Kendaraan Meningkat Selama GIIAS 2022

Tingginya antusiasme pengunjung pameran membuat jumlah pemesanan kendaraan meningkat tajam selama penyelenggaraan GIIAS tahun 2022. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlahya jauh lebih besar.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang melakukan test drive selama menghadiri pameran GIIAS.

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi yang dikutip dari Okezone, terdapat sejumlah agen pemegang merek (APM) yang telah berhasil mengumpulkan SPK dengan jumlah tinggi.

Beberapa APM yang berhasil membukukan SPK tertinggi selama GIIAS 2022, yakni Toyota dengan total 4.502 unit, Mitsubishi 2.623 unit, dan Honda 1.511 unit.

Dengan adanya program edukasi dan informasi elektrifikasi kendaraan juga berhasil menggaet banyak pelanggan. Masyarakat dinilai antusias untuk membeli kendaraan listrik, meski beberapa produk masih inden.

6. Daftar Kendaraan Favorit di GIIAS 2022

mobil favorit GIIAS 2022
(Foto Porsche Cayenne e-Hybrid di GIIAS 2022. Sumber: GarduOto.com)

Usai terselenggaranya GIIAS 2022 dengan sukses, malam penutupan pameran yang dihelat pada Sabtu, 20 Agustus 2022 pun memilih mobil baru mana saja yang masuk dalam kategori favorit.

Lebih lengkapnya, berikut daftar kendaraan terfavorit selama gelaran GIIAS tahun 2022, melansir laman Kompas:

  • SUV: Porsche Cayenne e-Hybrid
  • MPV: Hyundai Stargazer
  • Sedan: Honda Civic RS
  • Eksibisi: Toyota GR Yaris AP-4
  • Konsep: Lexus LF-2
  • Komersial: UD Trucks New Quester GKE 280
  • Bus: Laksana Legacy SR3
  • Mobil listrik: Hyundai Ioniq 5
  • Mobil paling banyak dites: Wuling Air EV

Baca Juga: Ingin Coba Bisnis Bengkel Motor atau Mobil? Ini 8 Tipsnya

7. GIIAS 2022 The Series Terus Berlanjut

Selesainya acara pameran GIIAS tahun 2022 yang bertempat di ICE BSD, Tangerang tidak berhenti sampai di situ.

Gelaran GIIAS 2022 The Series akan terus berlanjut. Pecinta otomotif dari kota-kota strategis di Indonesia lainnya pun akan turut disuguhkan berbagai produk serta teknologi terkini puluhan merek ternama industri otomotif.

Rencananya, GIIAS 2022 The Series akan dimulai dari GIIAS Surabaya pada 14 – 18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, dan ditutup oleh GIIAS Makassar pada 16 – 20 November 2022 di Celebes Convention Center.

Itu dia fakta menarik seputar pameran otomotif terbesar Indonesia, GIIAS tahun 2022. Bagi kamu yang ketinggalan, bisa coba hadir di GIIAS kota lainnya!