Kenali Ekspansi Bisnis, Cara Sebuah Usaha untuk Berkembang

Share this Post

ekspansi bisnis
Table of Contents

Ekspansi bisnis adalah tahap yang penting bagi sebuah usaha karena membantu untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Setiap bisnis yang ingin mencapai keuntungan maksimal, pasti memiliki tujuan untuk melakukan ekspansi dalam operasionalnya.

Karena seperti makhluk hidup, menjalani usaha membutuhkan proses untuk tumbuh sehingga ekspansi bisnis sangatlah diperlukan.

Namun dilansir dari laman Reference for Business, proses ekspansi bisnis adalah tahap kehidupan perusahaan yang penuh dengan peluang dan bahaya.

Oleh karena itu, kamu sebagai pengusaha membutuhkan ilmu atau pengetahuan yang tepat sebelum melakukan ekspansi bisnis.

Baca Juga: 7 Strategi Scale Up yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

Tips Melakukan Ekspansi Bisnis

ekspansi bisnis adalah
(Foto presentasi bisnis. Sumber: Pexels.com)

Nah, kamu bisa menerapkan beberapa tips dalam melakukan ekspansi bisnis berikut ini sebagai panduannya:

1. Susun Rencana dengan Matang

Hal pertama dan paling penting yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan ekspansi bisnis, yakni menyusun rencana dengan matang.

Buatlah rencana bisnis sedetail mungkin sehingga kamu benar-benar siap membawa usaha ke langkah selanjutnya yang lebih baik.

Dikutip dari Business Tech, perencanaan yang menyeluruh dapat membantumu dalam menghindari kehilangan kendali atas bisnis.

Selain itu, menyusun rencana bisnis dapat membantu kamu untuk memeroleh gambaran bagaimana cara dan seperti apa perkembangan usaha selama proses ekspansi.

Jangan sampai kamu melakukan ekspansi bisnis tanpa rencana yang matang karena tindakan ini sangat berisiko bagi keberlangsungan usahamu.

Baca Juga: 6 Strategi Market Penetration agar Bisnismu Sukses

2. Luncurkan Produk atau Layanan Baru

Kamu juga bisa melakukan ekspansi bisnis dengan cara meluncurkan produk atau layanan baru. Ini merupakan tips ekspansi bisnis yang paling sederhana.

Namun jika dilakukan dengan benar, bisa sangat menguntungkan bagi usaha kamu.

Sebanding dengan hasilnya, meluncurkan produk atau layanan baru untuk mengembangkan usaha juga memiliki tantangan tersendiri.

Sebagai pemilik usaha, kamu membutuhkan persiapan karena membuat produk atau layanan baru untuk pelanggan bukanlah sesuatu yang mudah.

Kamu perlu mencari tahu produk dan layanan mana yang diinginkan pelanggan dan berapa jumlah uang yang mampu mereka bayar untuk itu.

Untuk mendapatkan informasi tersebut dengan akurat, kamu pun perlu melakukan riset pasar yang menyeluruh sebelum membuat produk atau layanan baru.

Kamu bisa bertanya kepada pelanggan mengenai ide produk atau layanan baru, berapa harga yang mereka harapkan, dan lainnya.

3. Promosi Bisnis Secara Aktif

Kenali Ekspansi Bisnis, Cara Sebuah Usaha untuk Berkembang
(Foto promosi penjualan. Sumber: Freepik.com)

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk ekspansi bisnis adalah dengan melakukan promosi secara aktif kepada calon pelanggan.

Strategi pemasaran dan perencanaan promosi yang matang penting untuk dilakukan agar kamu bisa menjangkau target pasar dengan baik.

Melakukan promosi secara aktif juga bisa memperkuat branding merek, produk, atau layanan yang kamu tawarkan pada pelanggan.

Dengan promosi rutin, mereka akan lebih mengenal usaha kamu. Jadi, jangan lupa untuk menyediakan anggaran khusus untuk hal ini.

Tidak hanya mendorong pelanggan baru, promosi juga bisa memperkuat pelanggan lama sehingga menciptakan loyalitas pelanggan.

Basis pelanggan yang kuat bisa membantu perusahaan kamu tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Kamu bisa melakukan promosi dengan berbagai saluran penjualan.

Mulai dari website, marketplace, hingga media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, WhatsApp, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Untuk Bisnis Online Wajib Kamu Install!

4. Temukan Target Pasar Baru

Strategi berikutnya untuk kamu yang ingin melakukan ekspansi bisnis adalah dengan menemukan target pasar baru.

Menurut Fox Business, sebagian besar bisnis menargetkan upaya penjualan dan pemasaran mereka ke pasar pelanggan tertentu berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi atau psikografis seperti minat, aktivitas, dan nilai.

Untuk bertumbuh, bisnis kamu pun perlu mempertimbangkan cara agar bisa mencapai pelanggan baru lain di luar target pasar.

Ini merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan usahamu.

Kamu bisa menemukan pelanggan baru dengan cara mempromosikan bisnis ke berbagai saluran penjualan.

Bisa juga menargetkan pelanggan baru melalui produk atau layanan baru sesuai kebutuhan mereka atau membuka cabang usaha di lokasi tertentu sehingga membuat pelanggan menjadi lebih dekat.

Selain untuk memperluas bisnis, menargetkan pelanggan baru juga bisa membantu usaha kamu lebih unggul daripada pesaing.

Dengan memperluas pasar, kamu berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Terkadang, perluasan pasar juga diperlukan dalam bisnis karena beberapa alasan, seperti penetrasi pasar lokal yang terbatas, biaya modal yang lebih rendah, pengembalian yang lebih tinggi, atau perubahan preferensi pelanggan.

5. Terapkan Sistem Penjualan Baru

Kenali Ekspansi Bisnis, Cara Sebuah Usaha untuk Berkembang
(Foto pengiriman paket. Sumber: Freepik.com)

Kamu juga bisa melakukan ekspansi bisnis dengan cara menerapkan sistem penjualan baru. Misalnya, dengan memanfaatkan internet untuk promosi dan berjualan.

Bagi bisnis kecil, penggunaan teknologi dan internet sebagai strategi pemasaran memberikan dampak yang cukup baik untuk berkembang.

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang usaha secara online. Dibandingkan membuka toko fisik, berjualan online dinilai jauh lebih hemat biaya.

Kamu tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan dan akan tetap bisa menjangkau banyak pelanggan melalui internet.

Sistem penjualan baru secara digital ini bisa kamu lakukan melalui website, e-commerce, atau media sosial. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan atau bila memungkinkan, coba kombinasikan ketiganya.

Agar produk atau layanan kamu mudah ditemukan secara online, gunakanlah teknik SEO untuk meningkatkan peringkat tinggi di mesin penelusuran.

Iklan online yang menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO) ini bisa membantu kamu dalam menjangkau lebih banyak audiens.

Baca Juga: Social Commerce, Solusi untuk Memaksimalkan Penjualan Bisnis

6. Melakukan Riset Pasar dan Industri

Dikutip dari laman Hubspot, meneliti keadaan industri merupakan cara tepat untuk membuat keputusan ekspansi bisnis.

Riset pasar dan industri ini juga dapat memberikan kamu jawaban apakah ekspansi bisnis benar-benar perlu dilakukan atau layak untuk dijalankan dan bisa menghasilkan pertumbuhan yang diharapkan.

Ada berbagai cara untuk melakukan riset pasar dan industri.

Misalnya, dengan menjalankan survei dan kelompok fokus dengan pelanggan yang sudah ada dan pelanggan potensial atau menggali penelitian industri yang ada.

Cara ini dapat membantu kamu dalam menemukan berbagai wawasan dari pelanggan sehingga bisa lebih tepat dalam menentukan waktu, anggaran, dan tujuan akhir dengan lebih baik.

Kamu bisa melakukan riset pasar dan industri secara berkala sehingga mendapatkan pengetahuan bisnis yang up to date.

7. Kerja Sama dengan Perusahaan Lain

Untuk mengembangkan usaha, kamu juga bisa melakukan ekspansi bisnis melalui kerja sama dengan perusahaan lain.

Misalnya, dengan akuisisi perusahaan lain di industri yang sama.

Ini merupakan strategi tercepat menuju pertumbuhan dan ekspansi bisnis. Hal ini karena akuisisi bisa melipatgandakan ukuran bisnis kamu dalam waktu cepat sekaligus meningkatkan penjualan dan pendapatan usahamu secara eksponensial.

Melansir laman Chron, akuisisi adalah proses di mana sebuah perusahaan membeli perusahaan lain untuk memperluas operasinya.

Sebuah perusahaan kecil dapat menggunakan jenis strategi ini untuk memperluas lini produknya dan memasuki pasar baru.

Namun, kamu harus mempertimbangkan hal ini dengan baik karena akuisisi bisa saja berisiko untuk usaha kamu.

Pastikan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, kekuatan dan kedalaman tim manajemennya, luasnya basis pelanggan, dan kesehatan kontrak yang ada.

Baca Juga: Apa Itu Split Up dalam Bisnis? Simak Pengertiannya

Ekspansi bisnis adalah proses yang diperlukan untuk membantu usaha kamu berkembang. Namun, jangan melakukannya tanpa persiapan, ya.