Apa Itu Domain XYZ? Berikut Sederet Kelebihannya

Share this Post

domain XYZ
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Apakah kamu pernah mendengan domain XYZ?

Bagi kamu yang masih merasa asing dengan domain yang satu ini, wajib simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Sama seperti domain lainnya, domain XYZ juga cukup populer saat ini. Sudah ada banyak sekali situs web yang menggunakan domain dengan akhiran XYZ.

Namun sayangnya, cukup banyak oknum tidak bertanggungjawab yang menggunakan domain ini untuk melakukan tindak kejahatan digital.

Jadi, sebaiknya kamu selalu berhati-hati saat mengakses internet. Pastikan setiap situs web yang kamu kunjungi tidak menimbulkan kerugian karena memiliki indikasi penipuan.

Baca Juga: Apa Itu Domain? Ini Tips Menentukannya

Apa Itu Domain XYZ?

domain xyz
(Foto logo domain xyz. Sumber: wikipedia.org)

Bagi kamu yang belum tahu, domain XYZ merupakan salah satu pilihan domain situs web yang lebih variatif. Kamu pun bisa memilihnya untuk dipakai dalam penamaan domain situs web.

Jika domain yang berakhiran .com dimaksudkan untuk penggunaan komersial, .net untuk jaringan, dan .org untuk organisasi, domain .xyz ini tidak memiliki arti spesifik yang melekat.

Oleh karenanya, siapa pun bisa menggunakan domain .xyz ini untuk situs webnya. Bagi kamu yang memiliki website di luar dari beberapa kategori di atas, mungkin dapat memilih domain .xyz adalah pilihan yang tepat.

Situs web dengan akhiran XYZ juga bisa membuat branding kamu lebih menonjol. Sebab, belum banyak website yang memilih untuk menggunakan domain ini.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Bisnismu

Sejarah Singkat Domain XYZ

sejarah domain xyz
(Foto ilustrasi domain. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Dikutip dari laman cloudname, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) menyertakan domain .xyz dalam rencana rilis mereka untuk domain baru di tahun 2013.

Setelah domain tersebut disetujui ICANN dan dapat digunakan untuk umum pada pertengahan 2014, ternyata pertumbuhan penggunanya sangat cepat melampaui ekspektasi.

Domain .xyz yang dikembangkan oleh Daniel Negari dan perusahaan xyz.com, ini benar-benar melejit. Apalagi, ketika Google mengumumkan bahwa organisasi induknya, Alphabet, akan menggunakan domain .xyz.

Sang pendiri, yakni Daniel Negari menyebutkan bahwa, domain .xyz dibuat sebagai alternatif domain .com. Menurutnya, domain .xyz akan lebih cocok digunakan oleh para generasi muda.

Susunan huruf XYZ yang digunakan pada domain ini pun memiliki makna tersendiri, yakni mewakili tiga generasi.

Tepatnya generasi X, Y, dan Z yang dinilai dari sinilah para innovator digital lahir.

Baca Juga: Manfaat Custom Domain Bagi Bisnis, Berikut Tips Memilihnya

Kelebihan Domain XYZ

kelebihan domain xyz
(Foto domain situs web di smartphone. Sumber: Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Meski masih cukup jarang ditemukan, akan tetapi penggunaan domain .xyz dalam situs web sebenarnya resmi terdaftar sehingga terjamin legalitasnya.

Kamu pun bisa menikmati berbagai keuntungan dari penggunaan domain XYZ ini. Apa saja? Berikut kelebihan yang didapatkan jika kamu memilih domain .xyz untuk situs web.

1. Cocok Jadi Alternatif Domain Situs Web

Saat ini, penggunaan domain .com sudah sangatlah banyak. Sebab, jenis domain tersebut sudah ada sejak dahulu kala. Jauh sebelum domain .xyz ini muncul.

Ketika kamu membuat situs web dan sulit menemukan domain yang pas jika menggunakan akhiran .com, memilih domain .xyz bisa jadi alternatif yang tepat.

Kamu pun bisa menggunakan nama situs web dan domain yang sesuai dengan keinginan. Sebab, belum banyak situs web yang menggunakan domain XYZ.

Baca Juga: Pengertian Domain Authority Website dan Cara Mengukurnya

2. Bisa Digunakan Oleh Industri Apapun

Domain .xyz sangatlah fleksibel. Sebab, nama domain yang satu ini bisa digunakan oleh jenis industri apa saja.

Tidak seperti domain .ai yang menunjukkan industri kecerdasan buatan, atau domain .io yang mengacu pada industri yang berfokus pada data.

Domain .xyz memiliki sifat yang umum, menarik, dan penuh potensi untuk hampir semua bisnis di industri apa pun.

Jadi, kamu bisa memilih domain .xyz ini secara bebas untuk situs web di industri apa saja yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Tidak Terikat Secara Geografis

Keunggulan lain dari domain .xyz yakni penggunaannya tidak terikat secara geografis. Jadi, situs web kamu bisa beroperasi di wilayah mana saja.

Lain halnya dengan beberapa domain tertentu yang hanya dirancang untuk mewakili negara atau wilayah tertentu. Misalnya, domain khusus negara seperti .eu, .co.uk, .uk, .cologne, atau .car.

Dengan penggunaan domain .xyz, situs web kamu akan bersifat internasional dan lintas generasi. Sangat cocok untuk situs web bisnis, pekerja lepas, website eCommerce, blog, dan lainnya.

Jadi, apa pun tema, proyek, atau bidang industri kamu, domain .xyz bisa mencakup kebutuhan apa pun dari A hingga Z.

Baca Juga: Pengertian Top Level Domain dan Fungsinya Bagi Website

4. Harga Beli Domain yang Terjangkau

Kelebihan lain yang ditawarkan dari domain .xyz ini, yakni harga belinya yang dinilai jauh lebih terjangkau daripada jenis domain lainnya.

Pada saat registrasi awal, kamu bisa mendapatkan harga beli domain yang murah. Biaya perpanjangan untuk penggunaan jangka waktu yang lama pun tidaklah mahal.

Jadi, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk mengelola situs web jika memilih domain .xyz.

5. Nama Domain Lebih Mudah untuk Diingat

Nama domain .xyz cenderung lebih mudah untuk diingat oleh target audiens. Hal ini karena nama domain menggunakan tiga huruf terakhir alfabet.

Jadi, memudahkan setiap orang untuk mengingat nama domain situs web kamu. Apalagi, jika kamu memilih untuk menggunakan nama website yang singkat dan sederhana.

Siapapun akan mudah untuk mengingatnya. Pada akhirnya, situs web milik kamu akan lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing.

Baca Juga: Mau Buat Situs Web? Dapatkan Domain Gratis di 5 Web Host Ini!

6. Siapa Pun Bisa Menggunakan Domain XYZ

Tidak hanya sampai di situ, domain .xyz juga bebas digunakan oleh siapapun. Tak ada batasan bagi pengguna domain XYZ.

Dengan ekstensi domain .xyz,  tidak ada juga batasan untuk mendaftarkan nama domain baru. Domain yang didaftarkan dengan .XYZ dapat diselesaikan di mana saja di dunia.

Pasalnya, domain ini tida dibatasi oleh geografis.

Domain XYZ ini dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja di dunia, untuk proyek apa pun, terlepas dari ukuran bisnisnya baik itu perorangan, bisnis kecil, atau perusahaan besar.

7. Pengoptimalan Website dengan SEO Tetap Dapat Dilakukan

Meski eksistensinya tidak sepopuler .com dan nama domain lainnya, akan tetapi kinerja SEO website yang menggunakan .xyz tetap maksimal.

Jadi, apabila kamu memilihnya untuk domain situs web, domain ini tetap memiliki potensi yang sama dengan website lain di halaman hasil pencarian.

Kamu pun tidak perlu khawatir dengan performa situs web yang dibuat menggunakan domain ini. Sebab, penggunaan teknik SEO pada website dengan domain .xyz tetap akan memiliki kinerja yang optimal.

Itu dia penjelasan seputar domain XYZ. Mulai dari pengertian, sejarah singkat, hingga kelebihannya.

Apakah kamu tertarik menggunakan domain yang satu ini?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X