Ketahui 7 Strategi Customer Acquisition Marketing Ini untuk Gaet Pelanggan Baru

Share this Post

Customer Acquisition
Table of Contents

Customer acquisition merupakan hal yang penting bagi bisnis. Baik bisnis kecil maupun besar dan bisnis baru serta bisnis lama sekalipun.

Dengan ini, bisnismu bisa menghasilan uang untuk memenuhi biaya operasional, membayar karyawan, dan menginvestasikan kembali pendapatan.

Dengan manfaatnya yang sebanyak itu, sebenarnya apa itu customer acquisition? Menurut Hubspot, customer acquisition adalah proses orientasi pelanggan atau klien baru ke bisnismu. 

Tujuan dari proses ini, yaitu untuk menciptakan strategi yang sistematis dan berkelanjutan dalam memperoleh pelanggan baru serta menumbuhkan pendapatan untuk bisnis.

Baca juga: 8 Tips Customer Service untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Mobile Customer Acquisition adalah

customer acquisition
Foto: Freepik.com

Ada pula yang dinamakan mobile customer acquisition. Dalam pengertian ini, akuisisi pelanggan untuk ponsel pintar dan tablet juga bisa disebut sebagai user acquisition (UA).

Menurut Get Social, mobile customer acquisition adalah proses yang bertujuan mendapatkan pengguna baru untuk suatu produk atau layanan. 

Pada dunia smartphone, user acquisition merupakan strategi yang berfokus pada peningkatan kemampuan aplikasi untuk ditemukan dan banyak diunduh.

Bagaimana cara kerjanya? Ada sejumlah cara untuk mendorong lebih banyak pengguna ke aplikasimu. 

Berikut jenis-jenis aktivitas mobile customer acquisition yang paling umum digunakan:

1. Pemasaran Media Berbayar 

Paid media marketing atau pemasaran media berbayar merupakan teknik promosi yang melibatkan perusahaan membayar pihak ketiga untuk mengiklankan produknya. 

Salah satu jenis pemasaran media berbayar yang paling populer, yaitu iklan instal aplikasi smartphone

Ini dapat membantu pemasang iklan mempromosikan dan mendorong unduhan untuk aplikasi mereka.

2. Pemasaran Media yang Dimiliki 

Owned media marketing atau pemasaran media yang dimiliki, mengacu pada semua jenis aktivitas aplikasi menggunakan sumber dayanya sendiri untuk mendapatkan pengguna. 

Sebagai gantinya, pemilik aplikasi tidak perlu keluar anggaran lebih untuk melakukan pemasaran aplikasinya.

Tujuan utama di sini biasanya untuk branding. Perusahaan aplikasi harus membuat lebih banyak orang mengenal mereknya.

Baca juga: Cara Menghitung Customer Churn Rate Produk Bisnis Kamu

3. ASO 

Kepanjangan dari ASO, yaitu app store optimization. Ini terdiri dari pengoptimalan kata kunci dan tangkapan layar, menulis deskripsi yang menarik, dan sebagainya. 

Semuanya kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan aplikasi untuk ditemukan di dalam app store, seperti Google Play atau Apple App Store.

4. Retargeting dan Re-engagement

Kampanye retargeting dan re-engagement merupakan upaya mendapatkan kembali pengguna yang telah menginstal aplikasimu sebelumnya. 

Ini cocok diterapkan kepada pelanggan yang tidak atau jarang aktif menggunakan aplikasi. 

Tujuan dari upaya ini, yaitu untuk terhubung kembali dengan pelanggan melalui push notification atau email yang akan membawa mereka kembali ke aplikasi.

Baca juga: Wajib Tahu,Ini 5 Manfaat Retargeting Bagi Bisnis

Customer Acquisition Marketing

customer acquisition
Foto: Freepik.com

Kini kamu sudah tahu apa itu customer acquisition dan mobile customer acquisition yang juga sering disebut sebagai user acquisition.

Hal selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah bagaimana cara pemasarannya agar mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Berikut ini ada sejumlah customer acquisition marketing yang dapat kamu terapkan pada situs web atau aplikasi yang kamu miliki.

1. Pemasaran Konten

customer acquisition
Foto: Freepik.com

Content Marketing atau pemasaran konten merupakan kegiatan seputar membuat blog, panduan, infografis, video, podcast, dan sebagainya.

Semua konten tersebut dibuat untuk menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, dan memperkenalkan pelanggan kepada bisnismu.

Dengan teknik customer acquisition marketing ini, kamu dapat meningkatkan ROI (return on investment), membangun otoritas di industrimu, hingga membangun kepercayaan prospek.

Pemasaran konten juga dapat membantu upaya SEO (search engine optimization) dengan menambahkan laman yang lebih bertarget dan terindeks ke situs web milikmu.

2. SEO

Selain pemasaran konten, ada upaya lainnya yang dapat meningkatkan SEO. Misalnya dengan membuat situs web kamu jadi mobile friendly.

Namun, apa itu SEO? Menurut Help Scout, SEO adalah proses menyesuaikan konten situs web untuk meningkatkan peringkat di Google atau mesin pencari lainnya.

SEO merupakan salah satu metode customer acquisition terpenting untuk bisnis online. Kemungkinan pelanggan menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi, sangatlah tinggi 

Itulah mengapa ini adalah metode pemasaran yang berharga untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan SEO, kamu dapat mendorong traffic berkualitas ke situs web kamu.

Artinya, kamu akan mendapatkan pengunjung organik yang memang ingin melihat kontenmu. Tidak seperti iklan online yang terkadang belum tentu sesuai dengan intensi pencarian pengguna.

3. Mobile Marketing

Jenis customer acquisition marketing ini, mengacu pada menjangkau pelanggan di smartphone mereka melalui SMS, Facebook Messenger, push notification, atau aplikasi. 

Dengan mobile marketing, kamu dapat membuat kampanye omnichannel dengan mudah, menggunakan platform otomatisasi pemasaran yang ada.

Dengan demikian, kamu dapat menyesuaikan diri dengan permintaan pasar. Audiens saat ini ingin berinteraksi dengan merek kapan pun mereka mau. 

Kehadiran omnichannel dapat membantu menyampaikan pesan yang informatif dan konsisten di berbagai saluran.

Baca juga: Pahami 4 Strategi Mobile Marketing Biar Iklanmu Ditonton

4. Media Sosial

manfaat media sosial untuk bisnis
Foto: Pexels.com

Cara melakukan customer acquisition marketing lainnya adalah dengan memanfaatkan platform media sosial.

Bagi bisnis online, kehadiran di media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter, sangatlah penting. 

Ada jutaan pengguna media sosial di Indonesia dan ini merupakan peluang baik untuk menggaet pelanggan.

Manfaat menggunakan media sosial antara lain dapat meningkatkan brand awareness, mempromosikan produk kepada pengikut, hingga menumbuhkan engagement dengan audiens.

Kamu bisa melakukan sejumlah taktik pemasaran di media sosial. Mulai dari membuat postingan yang mengandalkan tagar tertentu, hingga memasang iklan di Facebook atau Instagram.

5. Email Marketing

Teknik customer acquisition marketing selanjutnya yang bisa kamu terapkan, yaitu email marketing.

Jika kamu dapat memanfaatkan traffic yang kamu dapatkan melalui pemasaran konten dan penerapan SEO, kamu dapat membangun daftar email. Misalnya, dari pengunjung yang mendaftar untuk berlangganan buletin.

Daftar email ini bisa kamu manfaatkan untuk mengirim promosi secara rutin kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Melalui email marketing, kamu dapat memberikan edukasi dan kesan yang baik tentang produk yang kamu tawarkan ke prospek baru.

Kamu juga dapat menerapkan pesan yang dipersonalisasi melalui platform automasi email marketing. Dengan personalisasi, pelanggan akan merasa istimewa.

Baca juga: 7 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online

6. Iklan Berbayar

Jika kamu memiliki bisnis atau toko online baru, kemungkinan kamu harus berinvestasi lebih banyak pada iklan berbayar untuk customer acquisition.

Iklan dapat segera menghasilkan hasil, traffic, prospek, dan penjualan tepat setelah kamu meluncurkannya.

Upaya SEO kamu juga dapat didukung iklan berbayar dengan membantumu menemukan kata kunci untuk mendorong kampanye penelusuran organik.

Namun, kamu harus cermat juga dalam melakukan iklan berbayar. Jika tidak, anggaranmu akan terbuang sia-sia.

Salah satu kiatnya yaitu selalu sertakan strategi retargeting. Hal ini karena tidak semua orang yang mengeklik iklanmu pertama kali akan langsung membeli sesuatu. 

Dukung iklan berbayar kamu dengan iklan retargeting untuk mengikuti pembeli di internet sambil menampilkan iklanmu sampai mereka membelinya. 

7. Program Referral

Referral adalah cara mudah untuk meningkatkan perolehan klien dalam bisnismu. Kamu mungkin pernah menemukannya pada layanan profesional atau toko online

Program ini bersifat langsung. Makin banyak orang yang kamu direferensikan oleh pelanggan, makin banyak komisi atau keuntungan yang mereka dapatkan.

Alasan utama pentingnya program referral, yaitu orang cenderung melakukan pembelian ketika mendapat rujukan oleh orang terdekat.

Dari perspektif pelanggan yang melakukan referral, mereka cenderung loyal karena mendapat penghargaan dari upaya mereka mereferensikan produk ke orang lain.

Baca juga: Apa Itu Referral? Ini 4 Manfaatnya Bagi Bisnismu

Itulah penjelasan mengenai customer acquisition, mobile customer acquisition, hingga bagaimana teknik pemasarannya. Semoga kamu dapat menggaet lebih banyak pelanggan!