Ini Manfaat Crowdsourcing, Bantu Optimalkan Operasional Bisnismu

Share this Post

crowdsourcing
Table of Contents

Dikutip dari laman Investopedia, crowdsourcing adalah metode yang digunakan untuk memperoleh pekerjaan, informasi, atau pendapat dari sekelompok besar orang dalam satu tujuan tertentu.

Biasanya, orang-orang yang membagikan informasi, diminta melakukan pekerjaan tertentu, atau berdiskusi ini akan membagikan hasil kerja atau pemikirannya melalui internet, media sosial, dan aplikasi smartphone.

Umumnya, crowdsourcing adalah seorang pekerja lepas atau freelancer sehingga kamu bisa menemukan mereka dengan cukup mudah melalui platform freelance online.

Dengan crowdsourcing, perusahaan kamu dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam merekrut karyawan.

Adanya crowdsourcing bisa membantu perusahaan dalam menemukan informasi atau melakukan proyek tertentu dengan lebih cepat, tetapi hemat biaya.

Selain itu, adanya crowdsourcing juga cenderung menguntungkan perusahaan karena kamu bisa memeroleh orang-orang terampil yang mungkin tidak dikuasai oleh tim internal bisnismu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Crowdfunding untuk Bisnismu

Cara Kerja Crowdsourcing

cara kerja crowdsourcing adalah
Foto: Unsplash.com

Lantas sebenarnya, bagaimana cara crowdsourcing?

Melansir TechTarget, crowdsourcing adalah ketika suatu entitas, baik individu atau organisasi meminta sumber daya tertentu dari sekelompok orang (crowd/kerumunan).

Entitas ini memanfaatkan internet, media sosial, dan platform yang dibuat khusus untuk memperoleh dan menerima pengetahuan, barang, atau layanan yang mereka cari.

Hal ini memungkinkan seseorang atau sebuah organisasi untuk terlibat dengan spektrum sumber yang lebih luas.

Cara ini dinilai lebih efektif daripada jika mereka menggunakan karyawan, pemasok, dan sumber keahlian tradisional lainnya melalui rute keterlibatan konvensional.

Hingga saat ini, telah ada banyak entitas yang telah menggunakan proses crowdsourcing ini untuk mengumpulkan ide, mengumpulkan uang, serta mengkonsolidasikan dan mempromosikan informasi.

Salah satu contoh penggunaan crowdsourcing misalnya, aplikasi lalu lintas seperti Waze mendorong pengemudi untuk melaporkan kecelakaan dan insiden jalan raya lainnya untuk memberikan informasi terkini dan real-time kepada pengguna aplikasi.

Baca Juga: Kamu Freelancer Online? Catat 12 Website untuk Kelola Bisnis

Manfaat Crowdsourcing Bagi Bisnis

Crowdsoucing adalah metode menguntungkan yang bisa kamu manfaatkan untuk terus mengembangkan bisnis.

Jika dilihat lebih jauh, ada banyak sekali manfaat dari crowdsourcing. Berikut di antaranya:

1. Hemat Biaya dan Waktu

manfaat crowdsourcing adalah
Foto: Unsplash.com

Salah satu keuntungan penggunaan crowdsourcing adalah dapat membantu perusahaan kamu dalam menghemat biaya dan waktu.

Dalam hal biaya, para profesional yang kamu peroleh sebagai crowdsourcing dapat membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan berbagai keterampilan yang mumpuni.

Karena status mereka biasanya sebagai freelancer, maka kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar gaji jika dibandingkan dengan karyawan full time.

Sementara dari segi waktu, kamu dapat menyelesaikan proyek bisnis secara lebih cepat dengan bantuan crowdfunding.

Proses untuk mempekerjakan orang dengan crowdfunding juga dinilai lebih mudah daripada harus merekrut karyawan yang membutuhkan waktu lebih lama.

2. Bantu Identifikasi dan Memecahkan Masalah

Manfaat selanjutnya dari crowdfunding adalah membantu bisnis kamu dalam mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah.

Dengan memanfaatkan banyak orang untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya masalah pada perusahaan, kamu pun dapat memeroleh berbagai perspektif.

Orang-orang dalam crowdsourcing yang memiliki keterampilan tertentu pun bisa kamu manfaatkan untuk menemukan solusi dari masalah tersebut.

Kamu pun bisa mengenali adanya kesalahan dalam perusahaan dengan sedini mungkin dan dapat segera mengatasinya sebelum masalah semakin besar.

Jadi, peran crowdsourcing sangat bermanfaat bagi sebuah perusahaan sehingga kamu dapat tetap on-track selama menjalankan operasional bisnis.

Baca Juga: 7 Jenis Pendanaan Startup yang Perlu Kamu Ketahui

3. Mengumpulkan Ide dan Inovasi

Manfaat berikutnya dari crowdfunding adalah bisa membantu kamu dalam mengumpulkan ide dan inovasi dari berbagai perspektif.

Meski karyawan yang menjadi tim internal perusahaan kamu bisa memberikan berbagai masukkan baru dalam menjalani bisnis, tetapi dengan adanya orang lain dari crowdsourcing kamu juga bisa mendapatkan ide segar yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh karyawanmu sebelumnya.

Karena latar belakang dan pengalaman dari setiap orang di crowdsourcing berbeda, kamu pun bisa memeroleh berbagai pandangan yang berbeda.

Itulah sebabnya, kamu mungkin akan mendapatkan beragam ide dan inovasi yang bisa membantu perusahaanmu untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan crowdsourcing, perusahaan kamu juga dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan masyarakat luas, lho. Mengapa demikian?

Karena ketika kamu mencari orang untuk mengajak mereka terlibat pada perusahaan, secara tidak langsung kamu telah mempromosikan bisnismu ke lebih banyak orang di luar sana.

Misalnya, kamu menggunakan media sosial untuk mengajak banyak orang agar mereka mau terlibat dalam menemukan inovasi bagi perusahaanmu.

Informasinya pun akan menyebar dengan cepat ke banyak orang di berbagai wilayah. Dengan begitu, brand kamu akan semakin banyak dikenal orang.

Kamu pun bisa memeroleh feedback dari banyak orang berbeda dengan lebih cepat menggunakan kekuatan teknologi yang satu ini.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Cara Mendapatkan Customer Feedback

5. Perekrutan Karyawan dengan Lebih Mudah

crowdsourcing
Foto: Freepik.com

Terkadang, mempekerjakan karyawan yang terampil dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan kamu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Dan hal ini bisa dipermudah dengan adanya crowdsourcing.

Metode yang satu ini bisa mempertemukan kamu dengan berbagai talenta atau profesional yang terampil.

Crowdsourcing juga bisa menjadi salah satu kesempatan bagi banyak orang untuk menunjukkan bakat mereka kepada perusahaan.

Pada akhirnya, hal ini bisa membantu kamu untuk memeroleh karyawan baru. Jika memang dibutuhkan dan kualifikasi salah satu dari mereka sesuai, kamu dapat mempekerjakannya di perusahaan.

6. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Manfaat lain dari crowdsourcing adalah bisa membantu brand kamu dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hal ini karena crowdsourcing adalah cara terbaik untuk mengumpulkan informasi dan pendapat pelanggan tentang penawaran yang brand kamu lakukan saat ini.

Dengan crowdsourcing, kamu bisa mempekerjakan banyak orang untuk melakukan survei, wawancara, atau hal lain sehingga kamu dapat mengumpulkan berbagai feedback pelanggan.

Kamu pun bisa mengetahui di mana letak kelebihan dan kekurangan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan kepada publik.

Ketika sudah mengetahui titik kelemahan produk atau layanan, kamu bisa langsung memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya sehingga lebih memenuhi harapan pelanggan.

Feedback yang didapatkan tidak harus selalu dari publik atau pelanggan, kamu juga bisa mengumpulkannya dari setiap karyawan yang bekerja di perusahaanmu.

Dengan begitu, perbaikan kualitas produk, layanan, maupun lingkungan kerja akan lebih baik lagi.

Baca Juga: Begini Tips Pelayanan Prima yang Memuaskan Pelanggan!

7. Meningkatkan Skalabilitas

Siapa sangka, manfaat lain dari crowdsourcing adalah bisa membantu perusahaan kamu dalam meningkatkan skalabilitas.

Pasalnya, crowdsourcing dapat membantu perusahaan kamu untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja dengan lebih cepat dan mudah.

Mereka pun bisa mengolah dan menyelesaikan sebagian kecil proyek yang secara jarak jauh pada waktu atau tempat tertentu.

Dengan begitu, perusahaan kamu dapat menyelesaikan berbagai macam proyek dengan lebih efisien.

Karena kepraktisan dan kefleksibelannya, maka semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan crowdsourcing ini untuk membantu pekerjaan internal mereka.

Itu dia pengertian crowdsourcing, cara kerjanya, sekaligus manfaatnya bagi bisnis.

Apakah kamu juga tertarik untuk menggunakan metode yang satu ini?