Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Bagi Penulis dan Pembaca

Share this Post

wattpad
Table of Contents

Aplikasi Wattpad adalah jejaring sosial untuk membaca dan menulis cerita secara online. Bagaimana cara menggunakannya?

Wattpad bukanlah aplikasi baru. Platform yang satu ini sudah dikenal luas oleh masyarakat jauh sebelum hari ini. Banyak orang menggunakannya sebagai platfrom untuk mencari dan membaca buku secara online dan gratis.

Sebagian lagi menggunakan Wattpad untuk menulis ceritanya sendiri. Dalam aplikasi ini, setiap orang bisa menjadi penulis dan pembaca. Siapa saja bisa mempublikasikan hasil tulisannya untuk dibaca oleh jutaan pengguna.

Menariknya, beberapa cerita dari Wattpad bahkan ada yang diadaptasi menjadi film. Hal ini menunjukkan bahwa author online di Wattpad mendapat banyak perhatian dari luar.

Karena alasan itulah, sampai sekarang aplikasi Wattpad masih banyak digunakan oleh pembaca dan penulis. Jumlah pengguna barunya juga terus meningkat. Penasaran apa saja fitur dan cara menggunakan aplikasi Wattpad?

Baca Juga: Peluang Bisnis Jual Buku Online dan Cara Memulainya

Mengenal Aplikasi Wattpad

aplikasi wattpad
(Foto platform Wattpad. Sumber: Bookwritten.com)

Dari laman resminya, Wattpad adalah website gratis dimana orang-orang bisa menjadi penulis dan pembaca. Setiap orang bisa menunjukkan talentanya dalam membuat novel dan cerita online.

Aplikasi Wattpad menghubungkan pembaca dengan banyak buku yang selalu diperbarui setiap harinya. Saat ini, pembaca Wattpad rata-rata menghabiskan waktu hingga berjam-jam setiap minggunya.

Melalui situs Wattpad, kamu bisa menambahkan buku ke daftar bacaan, membuat daftar baru, memberikan voting buku terbaik, atau membagikannya ke media sosial lain.

Kamu juga bisa menyampaikan apresiasimu kepada author atau penulis buku dalam aplikasi Wattpad. Aplikasi Wattpad adalah platform membaca online yang mendobrak hambatan antara pembaca dan penulis. 

Aplikasi Ini mendorong pengguna untuk membuat dan berbagi cerita mereka sendiri di semua genre, mulai dari fiksi remaja, puisi, hingga aksi, petualangan, dan banyak lagi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Inspiratif, Wajib Punya!

1. Fitur Aplikasi Wattpad

Wattpad memiliki berbagai fitur untuk mengkategorikan buku dan berbagai jenis konten, yang dapat membantu pengguna menghindari konten yang tidak pantas atau menemukan jenis topik yang tepat yang ingin mereka baca dan tulis.

Fitur pertama, penulis yang menerbitkan cerita di Wattpad dapat menambahkan tag ke cerita yang dibuat. Tag berfungsi mirip dengan tagar di media sosial. Pengguna dapat mencari tag tersebut untuk menemukan jenis cerita dan jenis konten yang ingin dibaca. 

Kedua, kamu dapat menetapkan peringkat usia sebagai ‘Dewasa’ atau untuk ‘Semua Orang’. Cerita dewasa di aplikasi Wattpad atau ‘dewasa baru’ diberi peringkat usia 17+. 

Ketiga, pengguna bisa menyimpan cerita yang mereka baca ke daftar bacaan agar mudah dibaca lagi. Daftar bacaan ini ditampilkan secara publik di profil pengguna, yang dapat membuat koneksi atau poin antara pengguna.

Keempat, Wattpad tersedia di browser atau melalui aplikasi di ponsel. Pengguna dengan ponsel pada dasarnya dapat menulis dimana saja dan kapan saja tanpa perlu menggunakan komputer.

Kelima, jika kamu mengikuti cerita atau penulis, kamu akan menerima push notification di ponsel atau dikirim ke alamat email saat konten diperbarui. Intinya, pengguna dapat membaca cerita terbaru secara real time.

Terakhir, pengguna bisa mendapatkan uang dari tulisan yang dibuat. Mirip dengan hadiah virtual di live streaming atau Patreon, pembaca dapat mendukung buku dan penulis Wattpad favorit mereka dengan menyumbangkan koin yang dibeli dengan uang sungguhan.

Baca Juga: Tips Berbisnis dan Cara Packing Buku untuk Dikirim

2. Ketentuan Penggunaan Aplikasi Wattpad

Saat ini, ada lebih dari 90 juta orang yang menggunakan Wattpad untuk membaca dan menulis. Menghabiskan lebih dari 23 miliar menit per bulan untuk membaca berbagai cerita.

Sebanyak 90% dari pengguna Wattpad berusia 13-40 tahun dan kebanyakan penulisnya adalah remaja yang lebih tua atau dewasa muda.

Menurut ketentuan layanan aplikasi Wattpad, pengguna harus berusia 13 tahun atau lebih. Siapa pun yang berusia di bawah 13 tahun akan dihentikan akunnya.

Wattpad meng-hosting berbagai jenis konten dan beberapa di antaranya bersifat dewasa. Karena setiap pengguna dapat menambahkan cerita, mereka bisa menambahkan tag yang sesuai.

Pengguna juga dapat memfilter konten dewasa dari cerita yang direkomendasikan. Beberapa kategori ada yang sesuai untuk anak-anak dan beberapa tidak sesuai.

Ada juga kategori ‘Dewasa Baru’ yang berisi cerita cinta, hubungan, dan romansa yang berisi cerita dan bahasa yang kurang pantas untuk anak-anak.

Meskipun aplikasi Wattpad tidak mendukung kontrol orang tua, kamu bisa melaporkan cerita, penulis, atau pengguna yang dirasa melanggar privasi dan nilai-nilai etika. Kamu juga bisa membisukan pengguna lain, mengatur notifikasi, dan mengelola preferensi konten.

Baca Juga: 7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!

Cara Menggunakan Wattpad

Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Bagi Penulis dan Pembaca
(Foto platform Wattpad. Sumber: Techcrunch.com)

Setelah mengetahui fitur dan ketentuan aplikasi Wattpad, tentu kamu sudah tak sabar untuk menggunakan aplikasi ini.

1. Aplikasi Wattpad untuk Penulis

Jika kamu ingin menjadi penulis di aplikasi Wattpad, berikut beberapa langkah penggunaan yang bisa kamu ikuti.

  • Masuk ke aplikasi Wattpad atau melalui situs web. Jika belum punya akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu.
  • Setelah masuk, pilih menu “Create” pada halaman utama aplikasi Wattpad. Menu ini berada di bagian atas halaman.
  • Klik opsi “Create a Story”, otomatis kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan cerita.
  • Sebelum menulis, sebaiknya kamu mengatur judul, deskripsi, kata kunci, bahasa, hak cipta, hingga sampul cerita yang akan kamu buat.
  • Selanjutnta, kamu bisa mulai menulis cerita. Kamu bisa menambahkan gambar dan video jika diperlukan.
  • Jika sudah selesai, klik “Publish” untuk segera menerbitkan tulisan.
  • Selesai.

Tidak ada kerangka tulisan yang valid untuk Wattpad. Sama seperti menulis langsung, kamu bebas menentukan alur cerita dan kerangka berpikirmu sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Bekerja dari Rumah untuk Pebisnis Online

2. Aplikasi Wattpad untuk Pembaca

Langkah penggunaan aplikasi Wattpad untuk pembaca sangat mudah dan sederhana. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui situs web.

Sama seperti sebelumnya, pastikan kamu sudah masuk ke Wattpad dengan akunmu sendiri, atau membuat akun baru. Ikuti semua petunjuknya hingga akun terverifikasi.

Selanjutnya, kamu bisa memilih kategori sebagai pembaca. Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan ke menu Discover dan memilih genre cerita yang paling kamu sukai.

Kamu juga bisa menemukan cerita atau penulis dengan mencarinya lewat kolom pencarian. Simpan cerita yang ingin kamu baca dan tentukanlah preferensi konten yang kamu suka.

Itulah cara menggunakan aplikasi Wattpad untuk penulis dan pembaca yang mudah dan praktis.