Cara Daftar GoPay untuk Usaha, Simak Keuntungannya

Share this Post

Tarif ojek online naik
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Kini, ada banyak sekali metode pembayaran digital yang bisa dilakukan oleh pelanggan saat berbelanja. Salah satunya adalah GoPay yang merupakan alat pembayaran resmi dari platform Gojek. Nah, sudahkah kamu tahu cara daftar GoPay untuk usaha?

Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran, pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih alat bayar yang sesuai kebutuhan mereka. Sebagai pilihan alat pembayaran, GoPay menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Hal ini karena GoPay menyediakan cara pembayaran yang mudah, tanpa menggunakan uang tunai. Cukup menggunakan aplikasi Gojek, pelanggan sudah bisa menyelesaikan pesanannya. Jadi, sangat fleksibel dan praktis.

Berikut ini beberapa cara daftar GoPay yang bisa kamu ikuti. Cara daftar GoPay ini mudah sekali dilakukan, lho.

Baca Juga: Cara Daftar GoFood, Jangan Lupa Lengkapi Dokumennya

Apa Itu Gopay?

apa itu gopay
(Foto logo GoPay. Sumber: gojek.com)

Sebelum mencari tahu cara daftar GoPay, kamu wajib memahami apa yang dimaksud dengan GoPay. Ini merupakan alat pembayaran elektronik yang bisa digunakan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek.

Berikut kegunaan GoPay sebagai uang elektronik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna:

  • Membayar layanan di aplikasi Gojek.
  • Melakukan pembayaran di toko atau restoran rekan usaha GoPay.
  • Menggunakan layanan PayLater dari GoPay untuk pengguna terpilih.
  • Melakukan transaksi keuangan lainnya, seperti transfer GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi kamu yang sudah melakukan upgrade ke layanan GoPay Plus.

Baca Juga: Meski Tarifnya Naik, Pendapatan Ojol Terus Menurun!

Fitur-Fitur Gopay

fitur gopay
(Foto contoh pembayaran online. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Dalam menggunakan layanan GoPay, terdapat beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan, seperti:

  • Bayar, merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna aplikasi Gojek dan bank, juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran ke rekan usaha GoPay atau toko online.
  • Top Up, bisa digunakan untuk isi saldo GoPay dengan BCA OneKlik dan beberapa cara lain guna menambah saldo.
  • Eksplor, ialah fitur untuk melihat GoPay Feed serta melihat fitur-fitur GoPay lainnya.
  • Minta, akan menampilkan kode QR GoPay untuk menerima transfer dari pengguna lain atau meminta saldo GoPay secara langsung dari kontak.
  • PayLater, merupakan fitur yang digunakan untuk mengaktifkan layanan PayLater, melihat layanan transaksi, melihat dan membayar tagihan, serta mendapatkan semua informasi mengenai PayLater.
  • Riwayat, ialah fitur yang bisa digunakan untuk melihat riwayat transaksi GoPay.
  • Bantuan, merupakan fitur untuk melihat berbagai informasi dan solusi tentang GoPay.
  • Tarik Tunai, adalah fitur yang dapat kamu gunakan untuk menarik tunai dana atau saldo GoPay tanpa kartu melalui ATM BCA.
  • Plus, kamu bisa melakukan upgrade GoPay menjadi GoPay Plus dan memantau status upgrade.
  • GoTagihan, yakni fitur yang bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan GoTagihan.
  • Pengaturan, bisa dilakukan untuk melihat status upgrade GoPay, mengatur fitur sidik jari/face ID untuk pembayaran, mengatur metode pembayaran dan kartu debit, mengatur PIN GoPay, mengatur aplikasi yang terhubung dengan GoPay, hingga melihat informasi tentang ketentuan laynan GoPay.

Dengan banyaknya fitur tersebut, pastinya kamu tertarik untuk menggunakannya. Itu sebabnya, kamu harus tahu cara daftar GoPay.

Baca Juga: GoTo Group: Awal Mula Berdiri Hingga IPO

Cara Daftar Gopay untuk Usaha

cara daftar gopay
(Foto transaksi non-tunai. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Nah, bagi kamu pemilih usaha yang ingin mengaktifkan pembayaran dengan GoPay, bisa mengikuti cara daftar GoPay sebagai merchant di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi GoBiz di PlayStore melalui ponsel Android, lalu daftarkan usaha kamu. Jangan lupa sertakan rincian informasi seperti identitas pemilik (KTP), informasi rekening bank, informasi usaha, dan informasi mengenai outlet usaha di aplikasi GoBiz.
  2. Pelajari keuntungan dan ketentuan dari masing-masing layanan, lalu pilih layanan atau fitur (GoFood, GoPay, POS) yang ingin diaktifkan.
  3. Cara daftar GoPay berikutnya tunggu proses verifikasi oleh tim. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 2 hari kerja.
  4. Ikuti petunjuk yang terdapat di aplikasi GoBiz. Jika semua rincian data yang diperlukan telah lengkap, kamu hanya perlu menunggu proses aktivasi oleh tim. Untuk layanan GoPay, proses aktivasi akan memakan waktu maksimal 7 hari kerja.
  5. Setelah pendaftaran kamu sudah diverifikasi dan disetujui, barulah kamu akan mendapatkan kode QR yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran GoPay dan uang elektronik lainnya.

Cara daftar GoPay ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kamu pun tidak perlu memberikan data apapun pada mitra driver untuk dapat menerapkan cara daftar GoPay yang telah disebutkan di atas.

Jadi, hindari untuk memberikan nomor KTP, 16 nomor kartu debit/kartu kredit, CVV, kode OTP, atau data pribadi lainnya kepada orang lain, termasuk mitra driver.

Seluruh data yang diminta dalam cara daftar GoPay akan terjamin keamanannya dan tidak akan digunakan untuk pihak di luar perusahaan. Ikuti cara daftar GoPay di atas.

Baca Juga: Kumpulan Cara Top Up GoPay Paling Mudah

Keuntungan Daftar Gopay Bagi Merchant

keuntungan gopay
(Foto tampilan GoPay di smartphone. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui cara daftar GoPay sebagai merchant, pelajari juga apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan mengaktifkan metode pembayaran GoPay berikut ini:

1. Meningkatkan Pendapatan

Dengan mengaktifkan metode pembayaran menggunakan GoPay, toko kamu akan memiliki keuntungan yang lebih besar.

Sebab di era digital seperti saat ini, sebagian besar pelanggan lebih suka bertransaksi secaradigital menggunakan uang elektronik. Contohnya, menggunakan GoPay yang praktis cukup dari smartphone.

Jadi, kamu bisa mencapai keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mengaktifkan metode pembayaran GoPay di toko.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Setelah berhasil melakukan cara daftar GoPay seperti tips yang diberikan di atas, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, lho. Terutama, mereka yang merupakan pengguna aktif GoPay.

Hingga saat ini, jumlah pengguna GoPay semakin meningkat. Dengan mengaktifkan metode pembayaran GoPay, bisnis kamu pun bisa kebanjiran pesanan.

Jadi, keuntungan yang dihasilkan bisa lebih tinggi dengan adanya pilihan pembayaran cepat dan mudah dilakukan.

3. Mengefisiensi Operasional Usaha

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bisa mengoperasionalkan bisnis secara efektif menggunakan layanan dari GoPay, lho.

Hal ini karena GoPay memiliki banyak fitur yang berguna untuk mengelola bisnis. Mulai dari fitur kasir, laporan, hingga pengelolaan akun.

Semua metode pengelolaan usaha tersebut bisa dilakukan secara otomatis. Jadi, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas bisnis.

Baca Juga: Tarif Ojek Online Bakal Ditetapkan Gubernur, Ini Alasannya!

4. Menyediakan Metode Pembayaran yang Praktis

Dengan melakukan cara daftar GoPay seperti yang ada dalam artikel ini, kamnu bisa menyediakan pilihan pembayaran yang praktis bagi pelanggan.

Pelanggan yang melakukan transaksi, kini tidak perlu repot menggunakan uang tunai dan cara manual. Proses jual beli pun bisa dilakukan jauh lebih praktis tanpa harus menyediakan kembalian.

Semua kendala yang biasa dihadapi selama transaksi tradisional dapat teratasi dengan baik.

5. Mendapatkan Laporan Transaksi Secara Real-time

kelebihan pembayaran dengan gopay
(Foto pembayaran digital. Sumber: Pexels.com)
shopee pilih lokal

Melalui pengaktifan pembayaran GoPay, kamu bisa memeroleh laporan transaksi bisnis secara real-time. Jadi, kamu dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.

Semua proses pembaruan laporan transaksi pun dapat dilakukan melalui email, lho. Mulai dari laporan total transaksi, pendapatan bersih dan kotor, saldo GoBiz, total refund (jika ada), total biaya dan potongan, hingga kamus istilah.

Setiap laporan transaksi yang dilakukan dengan GoPay akan tersedia secara lengkap dan otomatis. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membuat laporan bisnis secara manual.

Hemat kertas, tenaga, dan waktu karena semua proses pembukuan bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem GoPay.

6. Memberikan Promo yang Lebih Variatif

Tidak hanya mempermudah proses pengelolaan usaha, GoPay juga menyediakan fitur promosi yang bisa kamu gunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

GoPay memiliki beragam pilihan promo yang amat variatif. Bahkan, promo yang diadakan bisa berbeda-beda setiap bulannya. Bisnis kamu pun bisa menyesuaikan promo tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tentu saja, adanya fitur promosi seperti ini bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis ke skala yang lebih baik lagi.

Kamu pun bisa mengenalkan lebih banyak produk dan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Pada akhirnya, peluang keuntungan yang dihasilkan akan semakin besar.

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi Jual Makanan Online, Banyak Promonya!

7. Mempermudah Proses Promosi Usaha

Dengan adanya fitur promosi yang diadakan oleh GoPay, kamu bisa menyediakan beragam promo menarik untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Semua promo yang diberikan oleh GoPay pun bisa kamu bagikan dengan mudah, lho. Tepatnya, melalui postingan di media sosial bisnismu.

Kamu hanya perlu mengakses aset promosi berupa gambar beserta caption dan link yang sudah disediakan. Jadi, proses pembuatan konten promosi bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat.

Potensi mendapatkan lebih banyak pelanggan pun akan semakin besar. Jadi, bisnis kamu bisa menghasilkan keuntungan yang optimal.

8. Mudah untuk Diintegrasikan dengan Aplikasi Bisnis Lainnya

Keuntungan selanjutnya yang dapat kamu peroleh dengan menjadi mitra resmi GoPay, yakni bisa mengintegrasikan berbagai layanan secara lebih mudah.

Dalam hal ini, kamu bisa mengintegrasikan usaha dengan aplikasi GoBiz untuk kebutuhan pengelolaan bisnis secara menyeluruh.

Ada juga fitur GoKasir yang dapat kamu gunakan untuk mencatat riwayat transaksi dan melakukan pembukuan bisnis secara digital

Bahkan, kamu pun bisa mengakses layanan GoModal untuk dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Selain itu, terdapat layanan Midtrans yang bisa diintegrasikan. Jadi, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran di toko melalui layanan payment gateway dari GoTo Financial.

9. Menambah Pengetahuan Pebisnis Lewat Komunitas Mitra Usaha GoTo

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari mengaktifkan layanan GoPay sebagai metode pembayaran, yakni akan menambah pengetahuan bisnis. Itu sebabnya kamu harus tahu cara daftar GoPay.

Melalui komunitas mitra usaha GoTo, kamu bisa memeroleh lebih banyak wawasan seputar menjalankan usaha.

GoJek sebagai perusahaan yang menaungi layanan GoPay ini menyediakan berbagai seminar atau training bagi para pebisnis. Kamu bisa memilih aspek pembelajaran bisnis yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, kamu dapat membuat keputusan bisnis secara lebih efisien. Bisnis kamu pun akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Kelebihan Aplikasi E-Wallet, Transaksi Aman dan Praktis!

10. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan karena Keamanannya Terjamin

Dengan bergabung sebagai merchant resmi GoPay, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini karena layanan GoPay menjamin semua transaksi pelanggan secara aman dan nyaman.

Jadi, kepuasan pelanggan dapat meningkat. Mereka yang percaya dan puas dengan bisnis kamu pun tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian berikutnya.

Kamu pun bisa mendapatkan loyalitas pelanggan secara lebih mudah. Bahkan, bisa memeroleh lebih banyak pelanggan baru berkat testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan saat ini.

Itu dia cara daftar GoPay untuk keperluan usaha, beserta daftar keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berbagai sebagai mitra. Semoga bisnis kamu semakin untung, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X