Cara Daftar Franchise Indomaret, Ini Syarat dan Ketentuannya

Share this Post

franchise indomaret
Table of Contents

Bisnis franchise saat ini semakin menjamur di masyarakat, termasuk franchise Indomaret. Tertarik daftar? Pahami syarat dan ketentuannya ya!

PT Indomarco Prismatama adalah perusahaan yang menaungi merek dagang Indomaret. Minimarket yang satu ini sudah sangat terkenal di tengah masyarakat. Sudah ada ribuan gerai Indomaret yang selalu membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Gerai-gerai Indomaret hadir untuk menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, shampo, sabun, dan sebagainya.

Tak hanya itu, Indomaret juga menyediakan layanan lain seperti pembayaran transaksi online dan top up e-wallet.

Pesatnya pertumbuhan bisnis Indomaret juga dipengaruhi oleh model bisnisnya yang terbuka bagi masyarakat. Indomaret membuka kesempatan kerjasama berupa franchise.

Dikutip dari Reviso, franchise atau franchising adalah bisnis waralaba yang melibatkan dua pihak. Pihak pertama sebagai pemilik bisnis yang memberikan lisensi kepada pihak kedua, yang memungkinkan pihak kedua untuk menjual produk pihak pertama.

Artinya, siapa saja bisa membeli lisensi Indomaret dan memiliki gerainya sendiri dengan sistem royalti. Penasaran bagaimana cara daftar franchise Indomaret? Simak sampai akhir ya!

Baca Juga: Mau Daftar Franchise Mixue Ice Cream? Ini Cara Daftarnya!

Sejarah Bisnis dan Franchise Indomaret

franchise indomaret
(Foto gerai Indomaret pertama. Sumber: Indomaret.co.id)

Sejarah berdirinya Indomaret berawal dari pemikiran untuk memudahkan penyediaan barang kebutuhan pokok sehari-hari. Kemudian pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang bernama Indomaret.

Indomaret mencoba untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. Kemudian, beberapa orang karyawan Indomaret ditugaskan untuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat.

Kesimpulan yang didapat adalah bahwa masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern berdasarkan alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.

Atas dasar itulah, Indomaret didirikan dengan moto “mudah dan hemat”. Indomaret mengusung konsep gerai yang berlokasi di dekat tempat tinggal konsumen dan menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari- hari.

Seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, daerah wisata dan apartemen.

Konsep bisnis franchise Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelopor di bidang minimarket di Indonesia. Sambutan masyarakat ternyata sangat positif, terbukti dengan peningkatan jumlah Terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu.

Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai toko pada Juni 2022 mencapai 20.229. Sebagian besar pasokan barang untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Bisa Cepat Balik Modal!

Cara Daftar Franchise Indomaret

Cara Daftar Franchise Indomaret, Ini Syarat dan Ketentuannya
(Foto gerai Indomaret. Sumber: Indomaret.co.id)

Bisnis franchise atau waralaba semkain ramai di kalangan masyarakat. Bisnis waralaba memang menjadi investasi yang sangat menjanjikan, sebab dapat membantu pelaku usaha menjalankan bisnis dengan risiko yang kecil.

Meskipun ada banyak pilihan bisnis waralaba, namun kamu perlu cermat menentukan franchisor dengan rekam jejak positif. Bidang usaha yang relatif stabil adalah ritel, salah satunya franchise Indomaret.

Sebab, biar bagaimana pun kebutuhan akan barang sehari-hari akan terus meningkat. Waralaba Indomaret sendiri pertama kali dimulai pada tahun 1997, sehingga memiliki pengalaman yang banyak dalam bidang waralaba.

Ingin tahu cara franchise Indomaret? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Daftar Franchise Burger Bangor, Hasilnya Menggiurkan!

1. Syarat dan Tahapan Franchise Indomaret

Jika kamu tertarik mencoba bisnis franchise Indomaret, berikut syarat dan tahapan yang harus kamu penuhi:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2.
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket, mencakup: IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku.
  • Menyediakan dana investasi.
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret.

2. Tahapan Kerjasama Franchise Indomaret

Cara Daftar Franchise Indomaret, Ini Syarat dan Ketentuannya
(Foto alur pendaftaran waralaba Indomaret. Sumber: Indomaret.co.id)

Setelah memenuhi persyaratan sebelumnya, kemudian kamu dapat mengikuti tahapan berikut untuk memulai kerjasama waralaba:

  • Presentasi Pertama

Agar tahapan presentasi dapat berjalan lebih cepat dan lancar, sebaiknya pendaftar waralaba membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

  • Presentasi Kedua

Presentasi kedua akan memaparkan hasil survei kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

  • Pembukaan Toko

Setelah semua butir kesepakatan disepakati, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Baca Juga: 4 Tips Usaha Franchise untuk Kembangkan Bisnismu

Keuntungan Franchise Indomaret

Cara Daftar Franchise Indomaret, Ini Syarat dan Ketentuannya
(Foto gerai Indomaret. Sumber: Unsplash.com)

Dengan bekerja sama dalam bisnis waralaba Indomaret, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, yaitu:

  1. Transfer pengetahuan: Jika bergabung dengan Indomaret, kamu akan memperoleh banyak pengetahuan bisnis toko modern sekaligus menempatkanmu sebagai pelaku bisnis.
  2. Bergabung bersama brand yang dikenal masyarakat luas: Indomaret merupakan pionir ritel minimarket terbesar yang sudah memiliki jaringan distribusi terbesar di Indonesia.
  3. Potensi pasar: Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi.
  4. Tidak full time: Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
  5. Peluang untuk berkembang: Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
  6. Minim risiko: Dengan perencanaan yang matang, mulai survei lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi, dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

Nah, itulah penjelasan tentang cara bisnis franchise Indomaret yang cukup mudah. Tertarik mencobanya?