Mengenal Brand Menantea dan Strategi Bisnisnya, Inspiratif!

Share this Post

Table of Contents

Menantea merupakan salah satu brand minuman teh terpopuler di Indonesia. Bagaimana perjalanan bisnisnya?

Sebagai pelopor minuman teh rasa buah di Indonesia, bisnis ini sudah sangat dikenal dan disukai oleh konsumen.

Pasalnya, minuman teh merupakan salah satu minuman penyegar favorit orang Indonesia.

Teh kerap kali menjadi alternatif pengganti kopi bagi orang-orang yang sedang diet kafein.

Menariknya lagi, kamu juga bisa merasakan segarnya buah dari segelas teh ini. Inovasi minuman ini tentu semakin disukai masyarakat.

Hal ini terlihat dari maraknya usaha franchise Menantea yang semakin dilirik oleh masyarakat.

Lantas, bagaimana perjalanan bisnis Menantea dan strateginya menggandeng konsumen Indonesia?

Baca Juga: Sejarah Netflix, Pendiri, dan Perjalanan Bisnisnya

Mengenal Brand Menantea

Mengenal Brand Menantea dan Strategi Bisnisnya, Inspiratif!
Foto: Brand Menantea (instagram.com/menantea.toko)

Menantea merupakan sebuah brand teh asal Indonesia yang diproduksi oleh PT. Herlina Indah. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1977 dan memulai produksi teh pada tahun 1981.

PT. Herlina Indah memulai produksi teh dengan merek Herlina, dan kemudian pada tahun 2006, merek tersebut diluncurkan untuk memasarkan teh yang dihasilkan oleh perusahaan ini.

Bisnis teh ini telah dikenal sebagai salah satu merek teh yang berkualitas di Indonesia dan sudah dipasarkan secara luas baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Nama Menantea sendiri berasal dari kata “menanti” dan “tea” yang melambangkan arti “menunggu teh”. Konsep yang diusung Menantea adalah “menunggu teh bersama-sama”, yaitu konsep kebersamaan dalam menikmati secangkir teh.

Brand teh ini memproduksi berbagai jenis teh dengan kualitas yang baik, termasuk teh hitam, teh hijau, teh oolong, dan teh herbal.

Selain itu, merek ini juga melakukan inovasi produk dengan mengeluarkan varian rasa teh yang berbeda, seperti teh jahe, teh lemon, dan teh mint.

Brand ini juga bekerja sama dengan para petani teh lokal untuk memproduksi teh berkualitas yang berasal dari kebun teh di Indonesia.

Tak hanya itu, toko minuman ini juga menyediakan informasi seputar teh dan budaya minum teh di Indonesia.

Brand ini berhasil memasarkan produknya di pasar lokal maupun internasional, dengan penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini dikarenakan strategi pemasaran yang efektif seperti penetrasi pasar melalui media sosial, kerjasama dengan influencer dan komunitas teh, serta promosi melalui event-event khusus.

Secara keseluruhan, Menantea telah menjadi merek teh yang terkenal dan dipercaya di Indonesia.

Konsep kebersamaan dan kualitas teh yang baik menjadi faktor utama keberhasilan bisnis ini.

Baca Juga: Sejarah Indofood: Profil, Produk, dan Perjalanan Bisnisnya

Pendiri Brand Menantea

menantea
Foto: Jerome Polin dan Menantea (instagram.com/menantea.toko)

Menantea merupakan brand minuman kekinian hasil kolaborasi beberapa pebisnis muda, seperti Hendi Setiono (Founder BabaRafi Enterprise), Sylvia (Founder Kopi Soe), Bisma Adi (Founder & CEO of Masakin Group), Jehian Panangian Sijabat (Dirut Mantappu Corp), dan Jerome Polin (Founder Mantappu Corp).

Jerome Polin juga berperan dalam mempromosikan brand Mantappu di media sosialnya.

Sejak masih berstatus sebagai mahasiswa, Jerome telah sukses menjadi pendiri beberapa perusahaan. Termasuk bisnis teh ini yang sudah memiliki 68 cabang di 16 Provinsi di Indonesia.

Selain itu, ada juga Mantappu Corp yang berdiri pada akhir tahun 2017 oleh Jerome dan Kevin Sendou. Channel Nihongo Mantappu kini memiliki lebih dari 5 juta subscriber di seluruh dunia.

Anak muda lulusan Waseda University, Tokyo, itu juga pernah masuk daftar Forbes 30 Under 30 Asia.

Baca Juga: 10 Daerah Penghasil Kopi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua!

Strategi Bisnis Menantea

Mengenal Brand Menantea dan Strategi Bisnisnya, Inspiratif!
Foto: Strategi Bisnis Menantea (instagram.com/menantea.toko)

Berikut adalah beberapa strategi bisnis Menantea yang bisa diadaptasi untuk brand kamu.

  1. Fokus pada kualitas produk. Brand ini memproduksi teh berkualitas dengan menggunakan teknologi modern dan bahan baku yang berkualitas. Hal ini menjadi fokus utama perusahaan untuk mempertahankan kredibilitas merek dan mendapatkan kepercayaan konsumen.
  2. Inovasi produk. Merek teh ini mengembangkan inovasi produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Brand ini selalu mengikuti tren terbaru dan menggabungkan rasa tradisional dengan rasa modern untuk menghasilkan produk teh yang unik dan menarik.
  3. Strategi pemasaran yang efektif. Produk minuman ini menggunakan strategi pemasaran yang efektif dengan menggabungkan pemasaran tradisional dan digital. Brand ini mengadakan acara promosi dan event, beriklan di media elektronik, serta menggunakan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran.
  4. Ekspansi pasar. Bisnis minuman ini memperluas pasar dengan menghadirkan produknya di toko-toko modern, toko online, dan ekspansi ke pasar internasional. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk.
  5. Pemenuhan standar kualitas dan keamanan. Brand ini memperhatikan standar kualitas dan keamanan produk dengan memperoleh sertifikasi ISO 22000:2005 untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan Sistem Manajemen Mutu Teh. Brand ini juga memproduksi teh yang ramah lingkungan dan memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar.

Baca Juga: 8 Strategi Pemasaran Kopi Janji Jiwa, Penasaran?

Peran Menantea Terhadap Industri Teh Indonesia

Mengenal Brand Menantea dan Strategi Bisnisnya, Inspiratif!
Foto: Kebun Teh Puncak (unsplash.com)

Selain berorientasi pada bisnisnya, Menantea juga ikut mengambil peran dalam pengembangan industri teh Indonesia.

  1. Mendukung petani teh lokal. Bisnis minuman ini bekerja sama dengan petani teh lokal di Indonesia untuk memproduksi teh berkualitas tinggi. Dalam kerja sama ini, brand tersebut memberikan dukungan teknis untuk membantu petani meningkatkan kualitas teh yang dihasilkan. Hal ini berdampak positif pada petani teh lokal yang meningkatkan produksi teh mereka.
  2. Menjadi pelopor penggunaan teknologi canggih dalam produksi teh. Merek ini menggunakan teknologi modern untuk memproduksi teh berkualitas tinggi. Misalnya, Menantea menggunakan mesin pengering yang modern dan proses fermentasi yang terkontrol untuk menghasilkan teh berkualitas tinggi. Dengan menggunakan teknologi canggih, brand ini dapat menghasilkan teh dengan kualitas yang lebih baik.
  3. Menjadi penggerak budaya minum teh di Indonesia. Menantea aktif mempromosikan budaya minum teh di Indonesia. Merek ini mengadakan kegiatan promosi dan acara yang bertujuan untuk memperkenalkan teh Indonesia kepada masyarakat. Misalnya, mengadakan acara temu teh yang dihadiri oleh para pecinta teh di Indonesia.
  4. Menjadi eksportir teh Indonesia ke berbagai negara. Bisnis teh ini telah sukses memasarkan produknya di pasar lokal maupun internasional. Menantea telah mengekspor produk tehnya ke berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat. Hal ini membuka peluang baru bagi industri teh Indonesia untuk memasuki pasar internasional.

Demikian penjelasan tentang perjalanan bisnis dan strategi brand Menantea yang menarik untuk diketahui.