Apa Itu FAQ? Ketahui 7 Manfaatnya Berikut Ini

Share this Post

apa itu faq
Table of Contents

Apa itu FAQ pada situs web? Berikut penjelasannya.

Dalam website toko online, penting bagi kamu untuk mencantumkan halaman FAQ.

FAQ merupakan singkatan dari frequently asked questions atau pertanyaan yang sering diajukan. Nah, agar pelanggan segera mendapatkan jawabannya, dibuatlah halaman FAQ pada website.

Perlu kamu ketahui bahwa FAQ didasarkan pada umpan balik pengguna sehingga biasanya akan berkembang seiring waktu.

Misalnya, ketika toko online kamu menerima banyak email mengenai cara penggunaan suatu produk.

Kamu dapat menuliskan langkah-langkah pemakaian di FAQ sehingga pengguna dapat menemukan jawabannya tanpa perlu mengirim email lagi.

Tentu saja, hal ini sangat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan berulang dengan lebih efisien. Selain itu, FAQ juga dapat meyakinkan pelanggan baru dan menutup penjualan lebih cepat.

Dikutip dari Search Engine Journal, FAQ yang efektif dapat mendidik, menginformasikan, dan membimbing pengguna secara alami melalui konten situs web bisnis kamu.

Dengan begitu, mereka bisa mencapai tujuan akhir yang kamu inginkan.

Mari ketahui lebih lanjut mengenai apa itu FAQ dan cara pembuatannya yang tepat.

Baca Juga: Perbedaan Landing Page dan Website yang Perlu Diketahui

Apa Itu FAQ?

apa itu faq dan manfaatnya
(Foto frequently asked questions. Sumber: Pexels.com)

Lalu, apa itu FAQ? Melansir laman TechTerms, FAQ adalah daftar jawaban atas pertanyaan umum tentang produk atau layanan tertentu.

FAQ dibuat untuk program perangkat lunak, perangkat keras komputer, situs web, dan layanan online yang berfungsi sebagai referensi utama bagi pelanggan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan umum.

Jadi, bagi kamu yang berbisnis online, perlu menyediakan halaman FAQ untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Halaman FAQ biasanya diletakkan pada bagian “Support” pada website.

Biasanya, FAQ berisi daftar pertanyaan dan jawaban terkait informasi produk atau layanan, pengiriman, pengembalian, penukaran, penggunaan voucher, dan hal lain mengenai transaksi jual beli online.

Selain itu, FAQ juga bisa berisi informasi kontak toko online.

Informasi kontak dapat memudahkan pelanggan untuk menghubungi toko online kamu saat mereka tidak dapat menjawab pertanyaan sendiri.

Baca Juga: Bingung Promosi Toko Online? Manfaatkan Media Promosi Ini!

Kegunaan FAQ pada Website Toko Online

Apa Itu FAQ? Ketahui 7 Manfaatnya Berikut Ini
(Foto pembayaran online. Sumber: Freepik.com)

Setelah memahami apa itu FAQ, kamu juga perlu mengetahui fungsi halaman FAQ pada website toko online.

Ternyata, FAQ ini tidak hanya berguna untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan, lho.

Lantas, apa saja kegunaan FAQ pada website toko online kamu? Ini dia yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Halaman FAQ yang tersedia pada website toko online kamu bisa meningkatkan pelayanan pelanggan. Hal ini karena FAQ bisa membantu pelanggan baru dalam menjawab pertanyaan mereka dengan cepat.

Dengan meletakkan halaman FAQ pada bagian yang mudah untuk dicari dan ditemukan, pelanggan akan merasa mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Mayoritas pelanggan menginginkan informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan yang ditawarkan.

Mereka bisa mengetahui jawabannya sendiri melalui FAQ, tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk menanyakannya langsung kepada penjual.

Baca Juga: Ini 5 Cara Memberikan Pelayanan Prima untuk Tingkatkan Penjualan

2. Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan terhadap toko online juga bisa meningkat berkat halaman FAQ ini, lho.

Pasalnya, FAQ yang berisi daftar pertanyaan dan jawaban ini menunjukkan bahwa toko online kamu mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Pelanggan pun akan merasa sangat terbantu karena kamu memahami kebutuhan mereka. Pada akhirnya, kepercayaan pelanggan terhadap brand akan tumbuh.

Kepercayaan ini juga akan membantu pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian. Ketika mereka mempercayai brand, pelanggan bisa membeli produk atau layanan dengan lebih percaya diri.

3. Menjawab Pertanyaan dengan Efektif

Apa Itu FAQ? Ketahui 7 Manfaatnya Berikut Ini
(Foto customer service. Sumber: Freepik.com)

Tidak semua calon pelanggan kamu langsung mengetahui seluk-beluk toko online, informasi produk atau layanan secara detail.

Oleh sebab itu, mereka sering kali memiliki berbagai pertanyaan. Dengan FAQ, pelanggan pun akan lebih mudah untuk mengetahui jawaban yang selama ini muncul dalam benak mereka.

Tehtu saja, hal ini bisa membantu kamu untuk menjawab banyak pertanyaan sekaligus dengan lebih efisien.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Performa Bisnis Agar Makin Untung

4. Meningkatkan Visibilitas Online

Halaman FAQ yang ada pada website toko online kamu juga bisa meningkatkan visibilitas atau kehadiran online.

Ketika dioptimalkan dengan baik, halaman FAQ dapat muncul di hasil pencarian saat pengguna melakukan pencarian jawaban atas pertanyaan mereka di internet.

Saat pertanyaan yang dicari pelanggan cocok dengan pertanyaan di halaman FAQ website kamu, maka halaman FAQ tersebut bisa memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Memberikan jawaban atas pertanyaan terkait atau yang serupa juga dapat mendatangkan orang-orang yang bahkan mungkin tidak tahu tentang bisnis kamu.

Namun, ketika mereka menemukan jawaban atas penelusuran mereka di website, mereka pun akan terdorong untuk mengeklik dan mempelajari lebih lanjut.

5. Meminimalisir Panggilan Pelanggan

Ketika pelanggan telah menemukan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri melalui FAQ, hal ini bisa meminimalisir panggilan pelanggan.

Jadi, selain menenangkan dan menegaskan pelanggan melalui jawaban yang diberikan, kamu juga mengurangi panggilan telepon dan email yang menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali.

Hanya dengan melihat halaman FAQ, mereka mendapat informasi yang sesuai kebutuhan dan lebih siap untuk melakukan pembelian.

Hal ini juga membuat tim layanan pelanggan (customer support) toko online kamu memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada masalah dan pertanyaan pelanggan nyata yang tidak dapat ditangani dengan layanan mandiri.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM Serta Kegunaannya dalam Bisnis

6. Menginspirasi Pembuatan Konten

Apa Itu FAQ? Ketahui 7 Manfaatnya Berikut Ini
(Foto pembuatan konten. Sumber: Freepik.com)

Berbagai pertanyaan yang masuk dari pelanggan ini juga bisa membantu kamu untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Misalnya, ketika pelanggan mencari tahu kegunaan suatu produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Kamu pun bisa membuat artikel atau video demonstrasi penggunaan produk atau layanan tersebut dan mengunggahnya di website.

Konten tersebut bisa kamu tautkan pada halaman FAQ sehingga pelanggan yang memiliki pertanyaan serupa bisa langsung diarahkan pada jawaban yang lebih rinci.

7. Mendorong Konversi yang Lebih Tinggi

Halaman FAQ yang menyediakan jawaban atas pertanyaan pelanggan dengan cepat ini pun bisa mendorong tingkat konversi toko online kamu.

Pasalnya, FAQ bisa menciptakan kepercayaan pelanggan yang pada akhirnya membantu mereka untuk lebih yakin dalam membuat keputusan pembelian.

Seperti yang dilansir PixelFish, menyediakan akses ke jawaban yang cepat dan bermanfaat dapat meningkatkan jumlah prospek yang memilih untuk membeli dengan lebih percaya diri secara signifikan.

Sebaliknya, tanpa FAQ yang membantu pelanggan, mereka lebih mungkin untuk tidak melakukan pembelian.

Calon pelanggan potensial sering kali memiliki berbagai pertanyaan untuk membantu mereka memastikan bahwa toko online adalah pilihan yang tepat, dan di sinilah FAQ dapat membantu.

Kamu bisa memberikan informasi terkait cara pemesanan, pembayaran, pengiriman dan pengembalian, pelacakan paket, dan hal-hal terkait lainnya melalui halaman FAQ.

Baca Juga: User Friendly Adalah Perangkat yang Mudah Dipakai, Ini 6 Kriterianya!

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu FAQ dan fungsinya. Sudahkah kamu menambahkan fitur FAQ pada website toko online?