9 Prediksi Tren Marketing 2023, Bisnis Dijamin Laris!

Share this Post

lead marketing
Table of Contents

Tren marketing 2023 kemungkinan akan mengalami pergeseran, namun masih berkaitan dengan tahun sebelumnya.

Memasuki tahun 2023, menjadi langkah baru bagi bisnis untuk menyusun ulang resolusinya. Pasalnya, tahun 2022 lalu merupakan tahun yang berat.

Ada berbagai tantangan bisnis yang mewarnai dunia bisnis tahun lalu. Berbagai pihak juga menyebut bahwa tahun 2023 akan jadi lebih berat, di bawah tekanan resesi.

Meski begitu, setiap tantangan tentu bisa diatasi. Bagi bisnis, menghasilkan penjualan sebanyak-banyaknya merupakan target utama. Apalagi jika penjualan tersebut dapat lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Namun, memiliki produk berkualitas saja tidak cukup bila tidak diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Nah, guna meningkatkan penjualan bisnismu, berikut ini prediksi tren marketing 2023 yang bisa kamu persiapkan dari sekarang!

Baca Juga: Word of Mouth Marketing Mengandalkan Pengalaman Pelanggan

Tren Marketing 2023, Dijamin Cuan!

tren marketing 2023
(Foto digital marketing. Sumber: Freepik.com)

Tren marketing 2023 mengacu pada tahun sebelumnya. Pola-pola marketing yang naik daun dan evergreen diprediksi akan semakin disukai pada tahun ini. Berikut prediksi tren marketing 2023 yang bisa kamu persiapkan!

1. Berkolaborasi Dengan Influencer

Menurut Asana, Secara historis, salah satu strategi pemasaran terbaik adalah iklan dari mulut ke mulut. Orang-orang lebih cenderung mencoba produk atau layanan jika seseorang yang mereka kenal dan percayai merekomendasikannya.

Marketing influencer melibatkan kerjasama antara merek dengan individu yang dianggap memiliki basis pengikut yang besar, dan relevan dengan pangsa pasar perusahaan.

Strategi pemasaran dengan berkolaborasi bersama influencer dilakukan dengan tujuan meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan.

2. Live Streaming dan Video Singkat

Tren marketing 2023 diprediksi banyak menggunakan konten berbasis video sebagai fokus utama dalam pemasaran media sosial. Sebab, konten video dapat menarik perhatian audiens untuk waktu yang lebih lama.

Video berdurasi pendek bahkan sudah menggemparkan dunia pemasaran sejak tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Hubspot,  sebanyak 90% bisnis yang menggunakan video berdurasi pendek dapat meningkatkan atau mempertahankan investasi pada tahun depan.

Kemudian, 1 dari 5 pebisnis berencana untuk memanfaatkan video berdurasi pendek untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

Live streaming juga terbukti menjadi tren pemasaran yang efektif. Menurut Data.ai, konsumen menghabiskan sekitar 548 miliar jam streaming melalui perangkat seluler pada tahun 2021.

3. Konten Buatan Pengguna

9 Prediksi Tren Marketing 2023, Bisnis Dijamin Laris!
(Foto media sosial. Sumber: Freepik.com)

Tren marketing 2023 diprediksi akan diramaikan dengan banyak konten buatan pengguna. Konten ini dibuat oleh pengguna suatu produk yang biasanya berisi ulasan dan pengalamannya dalam menggunakan produk tersebut.

Bisa dibilang, konten ini pada akhirnya mengarah pada affiliate marketing. Setiap orang dapat membuat konten tentang sebuah produk dan membagikan tautan afiliasi untuk menghasilkan komisi.

 Konten jenis ini semakin marak pada tahun lalu karena banyak orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Di satu sisi, cara ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis yang mendapat promosi secara gratis.

Baca Juga: Mengenal Marketing Funnel, Pemasaran Menarik untuk Bisnismu

4. Media Sosial Sebagai Marketplace Baru

Seperti yang kamu ketahui, beberapa media sosial seperti TikTok dan Instagram kini telah memiliki fitur marketplace. Setiap pengguna dapat menggunakan media sosial sebagai hiburan dan untuk berbelanja.

Tren ini diprediksi akan semakin ramai pada tahun ini. Sebagai pebisnis, ada baiknya kamu mulai mengembangkan strategi pemasaran untuk memanfaatkan fitur baru dari media sosial tersebut.

5. Banyak Bisnis Akan Memanfaatkan SEO

Pergeseran tren belanja offline ke online beberapa tahun ke belakang menyadarkan bisnis akan pentingnya melakukan digitalisasi. Salah satu bentuknya adalah dengan membangun situs web yang dapat diakses oleh pelanggan.

Meskipun SEO bukanlah hal baru, strategi pemasaran ini tampaknya akan semakin banyak digunakan. Pasalnya, strategi SEO yang berbasis pada algoritma Google juga dibutuhkan dalam content marketing yang lagi-lagi berkaitan dengan influencer.

6. Pemasaran Berbasis Pengalaman Pelanggan

9 Prediksi Tren Marketing 2023, Bisnis Dijamin Laris!
(Foto pengguna media sosial. Sumber: Freepik.com)

Terjadi pergeseran tren marketing 2023 yang terlihat dari sudut pandang pemasaran. Jika sebelumnya pemasaran berfokus pada keunggulan produk, kini kunci utama pemasaran adalah pengalaman pelanggan.

Pemasaran produk harus dapat menjawab kegelisahan dan kebutuhan pelanggan tentang suatu produk. Selain itu, membangun interaksi yang baik dengan pelanggan juga bisa membangun kesan yang positif.

7. Meningkatkan Pengalaman Pengguna Berbasis Internet

Pengalaman pengguna atau UX lebih dari sekedar desain. Strategi ini mengacu pada perasaan seseorang ketika berinteraksi di dalam aplikasi atau situs web.

Seperti disebutkan sebelumnya, tren belanja online mendorong bisnis untuk memiliki situs web sendiri. Sayangnya, tidak semua situs web memiliki tampilan yang ideal bagi pelanggan.

Sebagian di antaranya bahkan memakan waktu yang lama untuk dimuat. Oleh karenanya, meningkatkan performa web sangat penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing? Cek Teknik Pemasaran Online Ini

8. Kegiatan CSR Semakin Disukai

Kegiatan CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan diprediksi akan meningkat. Pasalnya, dengan melakukan kegiatan sosial, perusahaan dapat menarik simpati pelanggan.

Beberapa kegiatan CSR yang bisa dilakukan seperti penanaman pohon, pemberian bantuan, program pendidikan, pemberdayaan komunitas, dan masyarakat.

Semakin dekat hubungan antara perusahaan dengan masyarakat, maka citranya juga akan semakin baik.

9. Konten Interaktif

9 Prediksi Tren Marketing 2023, Bisnis Dijamin Laris!
(Foto konten interaktif. Sumber: Freepik.com)

Pemanfaatan media sosial sebagai saluran pemasaran harus lebih kreatif. Sebab, pelanggan kini menginginkan adanya sesuatu yang menghibur dan melibatkan partisipasi mereka.

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten yang interaktif. Misalnya, mengadakan kuis, giveaway, undian berhadiah, challenge, dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu bisa mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dalam pemasaran bisnismu.

Itulah pembahasan tentang prediksi tren marketing 2023 yang bisa kamu persiapkan sejak dini. Semoga bisnismu semakin bertumbuh, ya!