3 Tips Menemukan Waktu Pas Untuk Posting Instagram Agar Makin Untung!

Share this Post

waktu pas untuk posting instagram
Table of Contents

Dalam menggunakan media sosial Instagram, tentu kamu perlu mengetahui waktu pas untuk posting Instagram.

Pemasaran digital kini sudah digunakan oleh hampir semua bidang usaha. Mulai dari usaha rumahan hingga bisnis besar. Bukan tanpa alasan, pemasaran dengan jaringan internet ini dinilai mampu menjangkau banyak audiens dengan biaya murah.

Pemasaran dengan media sosial hanya perlu mengandalkan keterampilan desain dan kreativitas konten. Meskipun terlihat mudah, nyatanya jika ditelusuri lebih jauh ada beberapa hal penting yang tak boleh dilewatkan.

Baca Juga: Simak Jam Posting Instagram yang Tepat untuk Akun Bisnis

Banyak orang membagikan konten secara acak, artinya tidak memiliki jadwal rutin unggahan. Alhasil kinerja kontennya pun kurang maksimal. Padahal, ada waktu pas untuk posting Instagram agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi bisnis.

Pada dasarnya, setiap bisnis dan setiap produk mungkin saja memiliki waktu posting yang berbeda. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh target pasar, perilaku pasar, dan karakteristik pasar.

Namun, secara umum ada waktu pas untuk posting Instagram yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasan berikut ya!

Waktu Pas Untuk Posting Instagram

waktu pas untuk posting instagram
Foto: SIRCLO Photo Stock

Menurut data yang dirilis oleh Sprout Social, ada beberapa waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram. Waktu pas untuk posting Instagram adalah hari Senin pukul 11 siang, hari Selasa dan Rabu pukul 10.00 – 13.00, serta hari Kamis dan Jumat pukul 10.00 – 11.-00.

Sementara itu, hari terbaik untuk posting Instagram adalah pada hari selasa dan rabu. Hari yang kurang tepat untuk posting Instagram adalah pada hari minggu.

Selain itu, secara lebih detil Hootsuite membagikan waktu pas untuk posting Instagram setiap harinya, yaitu:

  • Hari Senin pukul 12 siang, nampaknya sebagian besar orang ingin memulai hari pertamanya bekerja dengan penuh semangat dan mencari hiburan di waktu istirahat makan siang.
  • Hari Selasa jam 9 pagi.
  • Hari Rabu jam 11 pagi.
  • Hari Kamis jam 11.00 – 14.00 dengan waktu puncaknya jam 12 siang.
  • Hari Jumat mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang.
  • Hari Sabtu jam 9 pagi.
  • Hari Minggu pukul 12.00 – 20.00 dengan waktu puncak jam 7 malam.

Seperti dijelaskan di awal, bahwa pada dasarnya setiap produk mungkin saja memiliki waktu terbaik yang berbeda. Semuanya tergantung pada pola perilaku audiens di media sosial dan karakteristiknya.

Apabila akun Instagram kamu sudah memiliki cukup banyak pengikut dan memiliki banyak unggahan, kamu bisa menggunakan fitur Insight yang tersedia di Instagram.

Fitur tersebut dapat menampilan beberapa data, diantaranya waktu paling sering pengikutmu aktif, dari wilayah mana pengikutmu berasal, dan unggahan mana yang paling banyak disukai.

Namun, untuk menggunakan fitur tersebut pastikan akun Instagram kamu sudah menjadi akun bisnis atau akun profesional, ya!

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis yang Menarik, Yuk Simak!

Waktu Pas Untuk Posting Instagram Reels

cara melihat insight Instagram
Foto: SIRCLO Photo Stock

Selain membagikan postingan di feeds dan Instastory, kamu juga bisa membagikan konten melalui Instagram Reels. Pada dasarnya kamu tak perlu pusing dengan waktu terbaik membagikan Reels.

Sebab, kamu bisa memposting Reels kapan saja sepanjang hari. Data Hootsuite menunjukkan bahwa Reels dapat meningkatkan keterlibatan audiens hingga 300% lebih banyak dibandingkan video Instagram biasa.

Reels memiliki beberapa kelebihan, diantaranya memiliki visibilitas konten yang lebih baik. Reels memiliki kemampuan berbagi yang lebih maksimal, tidak seperti Story yang hilang setelah 24 jam.

Selain itu, Reels juga dapat muncul di menu “Explore” dan memungkinkannya dilihat oleh lebih banyak pengguna Instagram.

Baca Juga: 6 Cara Buat Akun Instagram Bisnis, Bikin Usaha Untung!

Tips Menemukan Waktu Pas Untuk Posting Instagram

3 Tips Menemukan Waktu Pas Untuk Posting Instagram Agar Makin Untung!
Foto: SIRCLO Photo Stock

Untuk menemukan waktu terbaik posting Instagram, ada baiknya kamu melakukan riset mandiri berdasarkan produk dan bisnismu.

Ada beberaa tips yang bisa kamu coba dalam menemukan waktu terbaik unggahan. Simak penjelasan berikut, ya!

1. Jadikan Akun Bisnis atau Akun Profesional

Tips pertama sebelum membagikan postingan pertama adalah dengan menjadikan akunmu sebagai akun bisnis atau akun profesional. Sebab, fitur Insight hanya tersedia pada akun profesional.

Apabila kamu baru mengubah status akunmu menjadi akun profesional, maka konten yang kamu bagikan ketika status akunmu masih akun pribadi tidak dapat dianalisis dengan fitur Insight.

Hal tersebut sangat disayangkan, terlebih jika kamu sudah terlanjur membagikan banyak konten. Jadi sangat penting memastikan akunmu sebagai akun profesional sebelum membagikan postingan pertama.

2. Cek Waktu Audiens Paling Sering Online

Setelah menjadikan akunmu sebagai akun profesional, selanjutnya kamu bisa menggunakan fitur Insight. Kamu bisa melihat kapan waktu audiensmu paling sering online.

Kamu dapat melihat statistiknya dalam satuan hari dan satuan jam. Mengetahui waktu paling sering online dapat menjadi pertimbangan dalam membuat jadwal unggahan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mungkin saja kamu perlu memeriksa waktu tersebut secara berkala. Sebab seiring dengan bertambahnya pengikut, maka data tersebut sangat mungkin mengalami perubahan.

3. Ketahui Konten yang Paling Disukai

Selain mengetahui waktu paling sering audiensmu aktif, fitur Insight juga bisa menganalisis konten mana yang paling disukai.

Fitur ini dapat menyajikan data yang terdiri atas ringkasan jumlah suka, komentar, dan bagikan. Kamu juga bisa mengetahui berapa audiens yang menyimpan kontenmu.

Data tersebut bisa membantumu mengetahui jenis konten apa yang paling disukai. Selanjutnya kamu bisa menjadikannya ide untuk konsep konten selanjutnya. Memadukan jenis konten paling disukai dan waktu terbaik postingan akan memberikan dampak besar bagi bisnismu.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Instagram Ads Manager untuk Iklan Bisnis Kamu

Mengapa Perlu Mengetahui Waktu Terbaik Membagikan Konten?

waktu pas untuk posting instagram
Foto: Freepik.com

Ketika memulai bisnis, tentunya kamu akan menentukan siapa target pasarmu. Target pasar ini yang akan kamu kunci dalam setiap pemasaran yang kamu lakukan. Strategi pemasaranmu harus sesuai dengan karakteristik pasar.

Sebagai contoh, jika target pasarmu anak-anak maka lakukanlah teknik pemasaran yang sesuai dengan usianya. Termasuk juga dalam menentukan materi dan desain media pemasaran.

Lebih dari itu, kamu juga perlu mengetahui waktu pas untuk posting Instagram. Sebab, setiap target pasar tentu bisa jadi memiliki pola perilaku yang berbeda di media sosial.

Anak-anak, remaja, hingga dewasa memiliki rutinitas berbeda. Belum lagi dipengaruhi status pekerjaan dan faktor lainnya.

Bahkan, jika bisnismu menjual beberapa produk bisa jadi setiap produk memiliki waktu unggahan yang berbeda. Tak jarang mungkin kamu perlu membuat akun Instagram yang berbeda untuk setiap produk.

Nah, itulah penjelasan tentang waktu pas untuk posting Instagram. Selamat mencoba, ya!