Promo Weekend Itu Penting! Ini 6 Tips Membuatnya

Share this Post

Tips-membuat-promo-weekend
Table of Contents

Kamu tentu menemukan promo weekend beberapa bran ketika mencarinya di internet. Tentunya, cara ini menarik banyak pelanggan. Haruskah kamu mencobanya?

Bentuk promosinya bisa flash sale di e-commerce atau potongan harga di restoran dan tempat wisata tertentu.

Pertanyaannya, mengapa harus akhir pekan? Hak ini karena waktu tersebut biasanya identik dengan waktu istirahat dan kegiatan leisure bagi banyak orang.

Pada akhir pekan inilah, orang-orang cenderung lebih konsumtif demi memanjakan diri. Situasi ini harus dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan akhir pekan.

Agar tidak kalah dengan bisnis lain, promo weekend pun perlu dilakukan untuk bersaing dengan kompetitor lain.

Baca Juga: Ungkap 5 Fakta Promosi Door to Door, Apakah Masih Efektif?

Pentingnya Promo Weekend

promo weekend
(Foto potret orang usai berbelanja. Sumber: Pexels.com)

Promo weekend sangat penting untuk dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena banyak orang yang melakukan kegiatan leisure selama akhir pekan.

Pada waktu istirahat akhir pekan, orang-orang mungkin tidak banyak yang membuka komputer atau laptop mereka untuk bekerja.

Namun cukup banyak yang membuka ponsel pintar mereka untuk mencari info atau sekadar hiburan. Menurut Apptamin, weekend merupakan waktu orang-orang paling aktif menggunakan ponsel.

Penggunaan ponsel lebih aktif pada akhir pekan, dengan hari Sabtu menjadi hari yang paling tinggi penggunaannya. Ada pun titik terendah penggunaannya adalah hari Senin, hari pertama berkegiatan dalam satu minggu.

Oleh karena itu, promo weekend terutama melalui mobile marketing, sangat penting untuk dilakukan untuk memancing pelanggan berbelanja.

Waktu istirahat pada akhir pekan bisa digunakan pelanggan untuk berbelanja barang-barang yang diperlukannya. Kamu bisa membuat promo weekend, seperti potongan harga atau flash sale di e-commerce untuk menarik minat pembelian.

Namun seringnya juga, orang-orang melakukan kegiatan leisure pada akhir pekan. Misalnya jalan-jalan ke mal, tamasya, makan di restoran, dan sebagainya.

Kamu tetap bisa menawarkan promo weekend bila memiliki toko atau usaha fisik, seperti kafe, restoran, atau toko retail. Jadi, pelanggan berpotensi akan pergi ke tempatmu ketimbang ke tempat lain.

Untuk iklan promo weekend itu sendiri, sebaiknya tidak dilakukan pada akhir pekan. Akan tetapi, penawaran itu sudah ada beberapa hari sebelumnya.

Menurut Small Biz Trends, hari Senin dan Selasa merupakan waktu tepat untuk mendapatkan respons tinggi ketika melakukan penawaran.

Tingkat respons turun sedikit setiap hari setelah melewati kedua hari itu. Biasnya, respons akan mencapai titik terendah pada hari Sabtu dan Minggu. Perlu diketahui, sebagian besar perusahaan melakukan penawaran promosi pada Jumat dan Sabtu.

Sebenarnya, penawaran promo yang dilakukan lebih lama bisa meresap ke benak pelanggan. Tentunya, ini dapat memengaruhi keputusaan membelinya.

Pada akhir pekan,, bisnismu hanya tinggal meraup hasil dari penawaran yang sudah kamu lakukan dari hari-hari sebelumnya.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Contoh Kata-Kata Promosi Jual HP di Online Shop!

Tips Membuat Promo Weekend

promo weekend
(Foto pelanggan di toko fisik. Sumber: Freepik.com)

Kini, kamu sudah tahu betapa pentingnya promo weekend untuk meningkatkan penjualan akhir pekan.

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah bagaimana membuat promo weekend yang menarik bagi pelanggan. Berikut ini ada sejumlah tips membuatnya.

1. Lakukan Flash Sale

Salah satu promo weekend paling efektif yang bisa kamu lakukan, yaitu flash sale. Kamu bahkan bisa memulainya sejak Jumat malam.

Kamu bisa memberi diskon pada produk atau layanan tertentu, atau bahkan semuanya, tergantung dari keputusanmu.

Namun, konsep dari flash sale adalah memberi pelanggan banyak keuntungan dalam waktu terbatas. Jadi batasi promo tersebut pada hari tertentu. Misalnya, Jumat malam, Sabtu, atau Minggu.

Selain menetapkan hari, tetapkan juga waktunya. Misalnya, kamu hendak membuat flash sale yang sangat terbatas waktunya. Tetapkan jam mulainya dan berakhirnya.

2. Event Perburuan Berhadiah

Jika memiliki toko retail, kamu bisa melakukan event perburuan hadiah sebagai promo weekend. Ini merupakan bentuk gamification yang cocok dilakukan pada akhir pekan.

Buatlah event bertemakan petualangan mencari harta. Beri iming-iming hadiah jika pelangganmu berhasil melakukannya.

Berkoordinasilah dengan karyawan di tokomu untuk meyakinkan pelanggan mengikuti event ini.

Tujuan dari event ini, yaitu membuat pelanggan menelusuri setiap sudut toko retailmu. Sambil melakukan “misi” yang kamu berikan, mereka bisa berkeliling dan melihat-lihat produk yang kamu pajang.

Kamu juga bisa menggunakan teknologi semacam Actionbound untuk membuat permainan petualangan secara mobile lalu menerapkan augmented reality untuk dipakai bermain di tokomu.

Baca Juga: Tips dan 5 Contoh Kata-kata Promosi Skincare yang Menarik

3. Fokus pada Mobile Marketing

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, kebanyakan orang lebih menggunakan ponselnya ketimbang komputer pada weekend. Promosi akhir pekan pun bisa kamu lakukan melalui mobile marketing.

Selain melakukan mobile marketing, perhatikan juga tampilan e-commerce. Pastikan desain website responsif dan sangat mobile friendly.

Jadi, pengunjung dapat dengan mudah menavigasinya di setiap tablet atau ponsel. Buat pula landing page yang menarik yang dapat menunjukkan promosi weekend, seperti flash sale.

4. Berikan Support 24 Jam

Layanan pelanggan selama 24 jam setiap hari juga bisa meningkatkan penjualan dan promo weekend.

Tidak semua orang dapat mengerti dengan aturan main sebuat promo yang dilakukan e-commerce. Pertanyaan pasti akan muncul dan kamu perlu menjawabnya dengan cepat dan tepat.

Asumsinya, pelanggan yang tertarik dengan promo weekend tidak punya waktu pada hari lain untuk berbelanja.

Apalagi jika kamu memberikan batas waktu pada promo yang kamu lakukan. Jadi, respons yang cepat dari layanan pelanggan sangat penting agar pelanggan bisa secepatnya membuat keputusan pembelian.

Baca Juga: Bingung Promosi Toko Online? Manfaatkan Media Promosi Ini!

5. Buat Program Ongkir Gratis

Kamu bisa juga membuat program gratis ongkir sebagai promo weekend. Tak sedikit orang yang ragu-ragu membuat pesanan pada akhir pekan.

Pasalnya, banyak yang mengira ekspedisi pengiriman barang yang tidak beroperasi pada akhir pekan. Selain itu, tidak sedikit pula e-commerce yang menerapkan aturan Sabtu dan Minggu pengiriman diliburkan.

Namun, tak sedikit jasa ekspedisi yang menerima pengiriman paket pada weekend. Promosi weekend berupa ongkir gratis pun dapat meningkatkan penjualan akhir pekan.

Dengan mengadakan promo gratis ongkir, pelanggan akan lebih yakin untuk melakukan checkout selama weekend.

Promosi gratis ongkir ini juga bisa membuat pelanggan berbelanja lebih banyak dibanding biasanya karena mereka hanya perlu membayar harga barang saja.

6. Beriklan di Situs Web Populer

Agar promosi weekend kamu berhasil dan e-commerce mendapat traffic pada akhir pekan, cobalah untuk beriklan di situs web populer. Terutama yang pengunjungnya tetap tinggi saat akhir pekan.

Jika anggaran pemasaranmu tidak cukup, kamu bisa beriklan di media sosial dan melakukan social media marketing. Hal ini karena banyak pula orang yang membuka media sosial pada akhir pekan.

Tentunya kamu juga harus mempertimbangkan relevansi iklan. Jangan sampai kamu beriklan di situs web atau media sosial yang tema dan audiensnya tidak sesuai dengan produkmu.

Baca Juga: 8 Contoh Promosi Produk untuk Memikat Calon Pembeli

Itulah sejumlah tips dalam membuat promo weekend. Semoga penjualan akhir pekan-mu meningkat!