Lupa Kata Sandi Email? Tenang, Ini Cara Memulihkannya

Share this Post

lupa kata sandi email
Table of Contents

Salah satu hal paling menjengkelkan dan cukup membuat pusing adalah ketika kamu lupa kata sandi email. Tapi tenang, berikut cara memulihkan akunmu!

Lupa kata sandi email adalah hal yang kerap kali dialami oleh pengguna. Banyak orang yang abai dan tidak mencatat kata sandinya dengan baik. Sebab, sebagian orang merasa cukup dengan menyimpan informasi login email di satu perangkat.

Namun, ketika Ia harus login ke perangkat baru, seringkali sudah terlanjur lupa dengan kata sandi email dan hal ini seringkali membuat jengkel. J

ika berkali-kali salah memasukkan sandi, tak jarang hal ini juga bisa menyebabkan kamu merasa cukup stres.

Padahal, alamat email sangat krusial, terutama email bisnis. Email bisnis merupakan akun dasar yang digunakan untuk masuk ke berbagai situs web dan aplikasi lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Newsletter, Pemasaran Lewat Email yang Patut Dicoba

Alamat email seperti gmail juga bisa digunakan untuk menyimpan data kartu kredit dan pin. Bahkan, gmail juga bisa digunakan untuk melacak aktivitas perangkat dan menemukan lokasinya.

Hal ini membuat setiap penggunanya perlu mengingat kata sandi dengan baik. Kehilangan akses ke gmail dapat membuatmu kehilangan akses ke akun lain.

Terlanjur Lupa Kata Sandi Email, Apa yang Harus Dilakukan?

lupa kata sandi email
(Foto lupa kata sandi. Sumber: Freepik.com)

Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi lupa kata sandi email? Berikut beberapa tipsnya.

1. Hentikan Upaya Spekulatif untuk Login

Jika kamu lupa kata sandi email, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhenti melakukan upaya login dengan memasukkan spekulasi password.

Sebab, semakin sering kamu memasukkan sandi yang salah, maka ada kemungkinan alamat email-mu justru akan dibekukan atau diblokir oleh Google. Hal tersebut akan dideteksi sebagai ancaman terhadap privasi akun.

Kamu perlu tetap tenang sambil mengingat lagi kata sandi email-mu. Jika dirasa ragu, sebaiknya jangan terlalu sering memasukkan kata sandi yang salah. Gmail dirancang dengan sistem recovery yang canggih untuk memulihkan akunmu.

2. Klik Lupa Kata Sandi

Pada halaman awal login ke akun gmail, akan selalu ada pilihan “Lupa Kata Sandi” atau “Forgot Password”. Fitur ini memang dibuat untuk membantu para pengguna yang lupa kata sandi email mereka.

Dilansir dari laman Bantuan Akun Google, kamu dapat memulihkan akunmu dengan mengklik Lupa Kata Sandi. Selanjutnya, akan muncul beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut memang milikmu.

Hal-hal yang akan ditanyakan berkaitan dengan informasi akun dan pertanyaan keamanan yang kamu pilih saat pertama kali membuat akun, seperti nama hewan peliharaanmu.

Opsi lain yang ditawarkan Google adalah dengan mengirimkan kode verifikasi melalui nomor ponsel atau email yang dapat digunakan untuk mengubah kata sandi. Kali ini, pastikan kamu mencatat kata sandi baru dengan baik ya!

Baca Juga: 10 Fungsi Email Hosting untuk Perkembangan Bisnismu

3. Lupa Alamat Email atau Merasa Tidak Pernah Mengubah Sandi

Selain lupa kata sandi email, masalah lain yang sering muncul adalah ketika kamu lupa alamat email lama yang ingin kamu akses. Ketika hal ini terjadi, tentu kamu akan semakin kesulitan untuk mengubah kata sandi lama.

Jika kamu lupa alamat email, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menemukan alamat email yang kamu gunakan.

Ada dua cara yang bisa kamu coba, yaitu mencarinya dengan memasukkan nomor ponsel dan email pemulihan, atau memasukkan nama lengkap akunmu.

Kamu bisa menemukan alamat email dengan mengklik tautan ini. Namun, apa yang harus dilakukan jika kamu merasa tidak pernah mengubah sandi, namun sandi yang kamu masukkan salah?

Besar kemungkinan ada orang lain yang menggunakan akunmu dan mengubah sandinya. Kamu tetap dapat masuk ke akunmu dengan menggunakan pertanyaan keamanan atau kode verifikasi.

Mengamankan Akun Gmail

Lupa Kata Sandi Email? Tenang, Ini Cara Memulihkannya
(Foto pengguna email. Sumber: Freepik.com)

Sebagai upaya pencegahan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan akun gmail. Terutama menghindari kemungkinan lupa kata sandi email yang cukup merepotkan.

Cara pertama dapat kamu lakukan ketika pertama kali membuat email, yaitu dengan memilih pertanyaan keamanan yang mudah diingat, memasukkan nomor ponsel yang aktif, dan memasukkan alamat email pemulihan.

Ketiga hal di atas dapat digunakan untuk memulihkan akun gmail. Nomor ponsel dan email pemulihan dapat digunakan untuk menerima kode verifikasi reset password.

Selain itu, cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktfikan two step verification. Fitur ini dapat memberikan proteksi tambahan untuk akun gmail dengan menggunakan nomor ponsel atau perangkat mobile.

Nantinya, sebagai upaya perlindungan kamu akan diminta untuk mengklik “ok” pada notifikasi di ponsel, memasukkan kode keamanan Google yang dikirim ke ponsel, atau melakukan scan kode keamanan ketika login ke perangkat baru.

Hal tersebut dapat melindungimu dari peretas yang mencoba masuk ke perangkat lain dengan menggunakan kata sandimu. Kamu jadi bisa memantau aktivitas email dengan lebih ketat.

Selain itu, pada laman My Account kamu juga bisa melihat menu Security. Pada bagian ini, kamu dapat melihat daftar perangkat yang masuk ke akun gmail milikmu dan mengeluarkan perangkat yang tidak kamu kenali.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Jenis dan Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Online

Amankan Akun Gmail Untuk Bisnis

Lupa Kata Sandi Email? Tenang, Ini Cara Memulihkannya
(Foto notifikasi email. Sumber: Freepik.com)

Lupa kata sandi email menjadi masalah yang lebih krusial bagi para pelaku usaha. Khususnya jika kamu berjualan melalui e-commerce.

Sebab, untuk masuk ke e-commerce dan membuka toko online, dibutuhkan alamat email yang aktif. Begitupun ketika kamu ingin login ke akunmu. Sebagian besar pengguna akan menggunakan satu alamat email untuk banyak akun atau aplikasi.

Artinya, alamat email yang kini kamu gunakan untuk toko online mungkin sama dengan email yang digunakan untuk media sosial, akun e-wallet, mobile banking, dan email kerja sama bisnis.

Itulah sebabnya mengamankan akun gmail bisnis adalah langkah yang amat krusial. Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah memastikan bahwa kamu sudah mengeluarkan (log out) email dari perangkat umum.

Misalnya, komputer yang ada di warnet atau perangkat lain yang mungkin kamu pinjam.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat dan Cara Buat Email Blast untuk Bisnismu

Nah, itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan ketika kamu lupa kata sandi email. Yuk, amankan email-mu dengan menyimpan kata sandi di tempat yang mudah kamu ingat!