Ini 4 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite, Mana yang Lebih Kamu Suka?

Share this Post

perbedaan tiktok dan tiktok lite
Table of Contents

Media sosial yang sedang naik daun, TikTok, mengeluarkan aplikasi versi ringannya. Namun dengan hadirnya versi baru ini, pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaan TikTok dan TikTok Lite?

Seperti yang kita tahu, TikTok adalah platform media sosial dengan video sebagai medium utamanya. TikTok diluncurkan pada 2018 dan sejak itu digunakan meluas di lebih dari 150 negara.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat video pendek yang diputar berulang kali. Pengguna dapat menambahkan filter, efek, musik, dan teks untuk membumbui video.

Dalam TikTok, ada fitur challenge yang memungkinkan pengguna berpartisipasi dalam tema dan kontes yang sedang tren.

Saat kamu mengunggah video tanggapan terhadap tantangan tertentu, video itu akan ditampilkan kepada mereka yang mengikuti tantangan. Hal ini meningkatkan kemungkinan videomu menjadi viral.

Popularitas TikTok meningkat dari hari ke hari. Sebagian besar merek mempertimbangkan cara TikTok membentuk acara, budaya, dan percakapan yang relevan.

Akan sangat menguntungkan bagi bisnismu jika membuat akun di TikTok.

Baca Juga: Cara Menarik Uang di TikTok dan 5 Cara Menghasilkannya!

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

(Foto seseorang wanita sedang membuat konten TikTok. Sumber: Unsplash.com)

Kini kamu sudah tahu betapa terkenalnya TikTok saat ini di kalangan pengguna media sosial dan content creator. Bisnismu berpeluang mendapatkan eksposur dengan bergabung di platform media sosial ini.

Dengan munculnya TikTok Lite, maka menambah varian aplikasi platform ini. Sesuai namanya, TikTok Lite menawarkan akses aplikasi yang lebih ringan.

Namun sebenarnya apa saja perbedaan TikTok dan TikTok Lite? Berikut ini penjelasannya secara detail.

1. Penyimpanan dan Penggunaan Baterai

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang paling mencolok, yaitu dari segi ruang penyimpanan dan penggunaan baterai.

Biasanya, versi lite dari aplikasi apa pun akan lebih kecil dalam ukuran file dan ada beberapa fitur yang dikurangi.

Dikeluarkannya versi lite sebuah aplikasi, ditujukan untuk orang-orang yang masih menggunakan jaringan data 3G atau 2G yang lebih lambat.

TikTok membutuhkan ruang penyimpanan setidaknya 182 MB untuk penginstalan. Penggunaan kapasitasnya tentu akan membengkak dengan data aplikasi dan cache, tergantung dari penggunaanmu.

Adapun ukuran TikTok Lite lebih kecil, yakni 30 MB. Jika ditambah data aplikasi dan cache, kapasitas terpakai sekitar ratusan MB saja. Jumlahnya tidak akan sampai bergiga-giga, seperti aplikasi TikTok.

Jadi, versi lite sangat cocok jika kamu memiliki ponsel dengan penyimpanan internal terbatas.

Soal penggunaan baterai, karena kedua versi mendukung pemutaran video, konsumsi baterainya hampir serupa.

2. Antarmuka dan Waktu Loading

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite selanjutnya, yakni antarmuka dan waktu loading. Sepintas, antarmuka kedua aplikasi terlihat serupa.

Pada kedua versi platform, kamu dapat mengakses video melalui tombol beranda. Di sebelahnya, ada empat opsi lainnya, yaitu cari, unggah, notifikasi, dan profil.

Di TikTok Lite, kamu masih dapat menelusuri video dengan swipe ke atas dan mengunjungi produl pengunggah dengan swipe ke kiri. Saat menelusuri video, sayangnya membutuhkan waktu agak lama untuk memuat.

Perbedaan kecil lainnya, yaitu logo. Tiktok memiliki ikon lingkaran dengan latar belakang hitam, sedangkan versi lite memperlihatkan ikon persegi dengan latar belakang putih.

Baca Juga: 7 Tips Memaksimalkan TikTok Bisnis, Bisa Untung Besar!

3. Opsi Mengunggah

Aplikasi versi lite pada umumnya, biasanya membuat tampilan dan fungsi jadi lebih sederhana dengan hanya menyediakan fungsi inti. Di TikTok Lite pun ada fungsi yang hilang.

Ini menjadi perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang selanjutnya. Aplikasi TikTok menawarkan serangkaian suara, efek visual, dan transisi yang mengesankan.

Jika kamu menyukai video tertentu, kamu dapat membuat versimu sendiri dengan mengetuk “Album Art” kemudian “Record”.

TikTok Lite memungkinkanmu melihat orang-orang yang sudah membuat ulang lagu atau video tertentu. Namun ketika mau merekamnya, opsi tersebut tidak ada.

4. Profil dan Pengaturan

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite selanjutnya terdapat dalam profil dan pengaturan. Dengan TikTok, kamu dapat mengatur TikCode sendiri. TikCode fungsinya mirip nametag di platform Instagram.

TikCode menghapus proses manual mengetik dan mencari pengguna. Sebagai gantinya, kamu cukup memindai kode dan mengikutinya.

Selain TikCode, ada beberapa opsi privasi untuk memilih siapa yang dapat mengunduh dan melihat videomu.

Hal ini untuk mencegah orang lain mengambil keuntungan yang tidak semestinya dari video publikmu.

Di TikTok, kamu dapat mengatur pengaturan lainnya, seperti Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, Wallet, dan beberapa lainya. Sayangnya, sebagian besar pengaturan tersebut dihapus dalam TikTok Lite.

Baca Juga: Bukan Hanya Entertainment, Ini 7 Manfaat TikTok untuk Bisnis

Keuntungan Menggunakan TikTok

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

(Foto keuntungan menggunakan TikTok: Unsplash.com)

Setelah mengetahui perbedaan TikTok dan TikTok Lite, mari mendalami keuntungan masing-masing versi. Berikut ini keuntungan menggunakan TikTok.

1. Mengikuti Tren Terkini

TikTok banyak digunakan oleh Generasi Z yang ahli dalam menggunakan tagar, challenge, dan membuat tren.

Jika kamu bisa mengikuti pergerakan tren, kamu sudah selangkah lebih maju dalam menentukan strategi pemasaranmu.

2. Meningkatkan Engagement dengan Audiens

Aplikasi ini menyediakan cara sederhana untuk berinteraksi dengan pengikut. Interaksi bisa dilakukan dengan membuat challenge baru, fitur duet, atau balasan komentar dengan respons video.

3. Menumbuhkan Brand Awareness

TikTok merupakan platform hebat untuk memamerkan brand personality bisnismu. Kamu dapat memamerkan merekmu dengan cara yang kreatif sambil menjelajahi aplikasi.

Bekerja sama dengan influencer juga dapat membantu posisis pasarmu dengan audiens yang lebih muda.

4. Mengiklankan Produk atau Layanan

Platform ini menawarkan TikTok for Business yang membantu membawa ketertarikan terhadap merekmu ke tingkat selanjutnya. Pertimbangkan untuk membuat Brand Takeover melalui fitur Business.

5. Mendapat Insight Mengenai Pengikut dan Performa Konten

Jika kamu memiliki akun pro, kamu dapat menggunakan fitur analitik di TikTok. Ini dapat membantumu menjangkau lebih banyak orang dan mengembangkan akunmu secara eksponensial.

Baca Juga: Kapan Jadwal FYP TikTok 2022? Ini Tips Agar Kontenmu Viral!

Keuntungan Menggunakan TikTok Lite

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

(Foto keuntungan menggunakan TikTok Lite. Sumber: Unsplash.com)

Setelah mengetahui perbedaan TikTok dan TikTok Lite, kemudian mengetahui keuntungan menggunakan TikTok, kini kita beralih ke TikTok Lite. Berikut ini sejumlah keuntungan menggunakan TikTok Lite.

1. Lebih Ringan

Ini merupakan keuntungan utama menggunakan TikTok Lite. TikTok Lite lebih ringan untuk digunakan, karena ponsel pintarmu tidak perlu bekerja keras ketika mengakses aplikasi ini.

2. Ukuran Lebih Kecil

Keuntungan lain TikTok Lite, yaitu ukurannya yang lebih kecil, sehingga kamu bisa hemat ruang penyimpanan di ponsel pintar atau gawaimu.

Dengan spesifikasi gawai yang rendah sekalipun, aplikasi TikTok Lite bisa berjalan dengan lancar.

3. Hemat Kuota

Dengan ukuran lebih kecil dan kinerja lebih ringan, otomatis kamu dapat menghemat kuota internet pula. Pembuat TikTok merancang agar aplikasi ini bisa menampilkan resolusi lebih rendah, tetapi kualitas tetap terjaga.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna yang tidak memiliki banyak kuota untuk mengakses TikTok.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan TikTok dan TikTok Lite.

Perlu diingat, ketika memilih hendak menggunakan versi yang mana, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhanmu dan spesifikasi gawai yang kamu punya.