Selain Giveaway, Ini 5 Cara Memasarkan Produk yang Ampuh!

Share this Post

ide give away
Table of Contents

Ide giveaway bisa jadi cara yang menarik dalam memasarkan produk. Bagaimana cara melakukannya dan apa saja cara pemasaran lainnya?

Media sosial sudah seperti makanan bagi kehidupan masyarakat saat ini. Ketergantungannya tak lepas dari perubahan media sosial yang selalu menghadirkan pengembangan inovasi dan memberikan akses informasi yang luas.

Media sosial berisi banyak kabar terbaru yang tengah terjadi. Semua hal yang dibutuhkan masyarakat bahkan dimiliki oleh media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Buzzer Media Sosial? Ini Perannya untuk Bisnis Online!

Bahkan, media sosial saat ini bisa dipergunakan sebagai wadah bisnis. Banyak perusahaan mulai memainkan strategi berbisnis di media sosial. Media sosial disasar karena dicap praktis dan mudah disebarkan kepada banyak audiens.

Terlebih, muncul cara-cara kreatif yang bisa dilakukan untuk membantu pemasaran produk di media sosia seperti mengadakan giveaway. Seperti apa cara-caranya? Berikut penjelasannya.

Cara Kreatif Memasarkan Produk

giveaway
Foto giveaway produk. Sumber: Freepik.com

Dalam era digital ini, tentunya kamu memerlukan cara-cara yang lebih kreatif untuk memasarkan produk. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut, yuk!

1. Adakan Giveaway atau Kuis

Strategi ini banyak dilakukan oleh banyak brand dalam memasarkan produknya. Giveaway merupakan pemberian hadiah jika audiens mampu menjawab soal dengan benar atau mengikuti instruksi sesuai dengan arahan.

Giveaway dan kuis bisa efektif bila hadiah yang kamu layangkan menarik. Entah itu berupa produk kamu sendiri atau barang lain yang dapat memikat audiens.

Akan tetapi, cara ini kerap kali mengundang cemoohan dari netizen karena dianggap mencari perhatian, tetapi untuk beberapa kasus cara ini berhasil dilakukan.

Dampaknya, audiens akan melihat profil bisnis kamu. Misalnya, kamu mengadakan giveaway dan kuis di instagram, maka traffic profile instagram kamu akan melonjak.

Baca Juga: Memahami Pengertian Media Sosial WhatsApp, Sudah Tahu?

2. Membuat Challenge

Selain giveaway, kamu juga bisa mengadakan challenge. Challenge adalah suatu tantangan yang diberikan kepada audiens.

Nantinya, seluruh audiens yang mengikuti challenge akan diberikan penilaian. Biasanya, untuk beberapa orang yang terbaik akan diberikan hadiah. 

Challenge yang diberikan bisa kamu lakukan dengan beragam. Bisa dengan menyanyi, joget, mengunggah twibbon, atau cara kreatif lainnya sesuai intruksi yang diberikan. 

Saat keikutsertaan challenge merambah masyarakat luas, produk kamu akan ikut dikenal. Sehingga cara ini ampuh untuk mempromosikan produk kamu karena didalam challenge biasanya kamu bisa menyelipkan identitas produk.

Jika semakin banyak audiens membuat challenge, maka semakin populer pula produk bisnismu dikenal banyak orang.

3. Tips-Tips dan Video Tutorial

@sirclo

Follower stuck tapi udah tips-tips ini udah dilakuin?🤨 try coba semuanya & share ke yg butuh yaa 😉🤗 #TipsBisnis #PejuangBisnis #BisnisOnline

♬ Somebody That I Used to Know (Remix) – ♬

Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Seiring berjalannya waktu, kamu harus mengubah akun media sosialmu menjadi lebih informatif.

Audiens akan berkunjung ketika akunmu tidak hanya berjualan, tetapi terdapat pula informasi yang bermanfaat bagi audiens. Terutama mengenai kehidupan sehari-hari hajat orang banyak.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengemas konten-konten ringan seperti tips-tips yang masih berkaitan dengan jenis produkmu.

Konten yang dikemas bisa menggunakan artikel ringan atau berupa video tutorial yang kini diakomodir oleh media sosial.

Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini ialah TikTok dan Instagram. Dengan cara tersebut, kamu dapat menjaring promosi sekaligus membagi ilmu kepada

Baca Juga: Apa Itu Engagement? Ini 7 Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial

4. Iklan Kreatif

Jika kamu ingin memasarkan produk, cobalah untuk beriklan di media sosial dengan kreatif. Kamu bisa membuat iklan yang nyeleneh, kocak, atau yang membuat banyak orang merasa terwakili karena pernah merasakannya.

Sebuah pengemasan iklan yang baik bisa menghipnotis mata audiens. Minimal, dia akan lebih mengenal produk kamu setelah melihat iklan tersebut.

Buatlah audiens terasa terngiang-ngiang terhadap iklanmu. Jika iklanmu cocok di pasaran dan banyak dibicarakan orang maka dengan ramainya iklan tersebut, kamu akan segera mendapatkan dampak daya beli dari audiens.

Ditambah, sekarang ini hampir semua media sosial mengeluarkan fitur iklan berbayar yang bisa menyebarkan iklan kepada audiens sesuai dengan yang diinginkan.

5. Jangkau Komunitas

Komunitas sangat penting bagi kemajuan bisnis. Sehingga, coba dekati komunitas tertentu yang memiliki pengaruh untuk menjadi wadah dukungan sekaligus promosi dari produk kamu.

Tentunya komunitas yang disasar yakni komunitas yang masih memiliki kesinambungan dengan produk yang kamu jual agar targetnya sesuai. Contohnya, banyak minuman berenergi mendekati komunitas sepakbola.

Langkah produk minuman berenergi tersebut terbilang baik. Pasalnya, minuman berenergi sangat dekat dengan dunia olahraga karena mampu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Sehingga dengan menggaet komunitas, produk tersebut bisa semakin memperluas sirkulasi bisnisnya. Walaupun secara asupan, minuman berenergi tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Cara-cara tersebut tentunya akan semakin ampuh jika kamu lakukan di media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pasarmu.

Baca Juga: Mengenal Social Advertising, Periklanan yang Andalkan Media Sosial!

Mengapa Harus Menggunakan Media Sosial?

Selain Giveaway, Ini 5 Cara Memasarkan Produk yang Ampuh!
Foto pengguna media sosial. Sumber: Freepik.com

Menurut Investopedia, media sosial mengacu pada teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi kegiatan berbagi ide, pemikiran, dan informasi melalui jaringan virtual dan komunitas.

Media sosial memiliki beberapa manfaat dan fungsi bagi bisnis. Berikut manfaat dan fungsinya yang perlu kamu ketahui.

1. Mempercepat Komunikasi

Media sosial mampu menghubungkan banyak orang sekaligus. Fungsi inilah yang mendatangkan manfaat yang baik bagi bisnis. Melalui media sosial, bisnismu dapat menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Kamu bisa membuat broadcast message dan mengirimnya secara bersamaan ke semua pengikut. Kamu juga bisa menerima dan menanggapi pendapat atau keluhan pelanggan dengan mudah dan praktis.

2. Cocok untuk Konten

Media sosial bisa digunakan untuk memposting kelebihan dan fitur dari produk yang kamu jual. Kamu bisa menarik perhatian banyak pengguna dan membagikannya secara luas. Konten yang kamu buat juga bisa memancing impresi pelanggan.

3. Membangun Jaringan yang Luas

Media sosial bisa membantu bisnismu untuk membangun jaringan relasi dan kemitraan yang luas. Kami bisa menemukan banyak bisnis lain yang dapat mendukung bisnismu.

Misalnya, kamu bisa menemui berbagai vendor tertentu atau supplier dari bisnismu.

Baca Juga: 5 Manfaat Social Media Marketing Bagi UMKM, Begini Strateginya!

4. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Saat ini, beberapa media sosial telah dilengkapi fitur khusus bisnis dan iklan. Fitur tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Kamu bisa memasang tautan web atau e-commerce bisnismu.

5. Menganalisis Kompetitor

Ketika kamu mendaftarkan bisnismu ke media sosial, artinya hal serupa juga akan dilakukan oleh kompetitormu.

Melalui media sosial, kamu bisa menganalisis strategi dan kelemahan kompetitor. Kamu bisa menjadikannya sebagai taktik untuk menjadi lebih unggul dan mendapat banyak pelanggan.

Nah, itulah beberapa cara memasarkan produk dengan kreatif. Salah satunya, kamu bisa mengadakan giveaway untuk meningkatkan keterlibatan pengikutmu.