Ingin Dapat Centang Hijau WhatsApp? Ikuti 4 Cara Berikut Ini

Share this Post

cara-jualan-online-laris-di-whatsApp
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Punya WhatsApp Business sangat baik untuk bisnismu. Namun lebih bagus lagi jika kamu punya centang hijau WhatsApp.

Yang jadi pertanyaan, apa itu centang hijau WhatsApp? Ini merupakan lencana verifikasi berupa ikon centang berwarna hijau di samping nama WhatsApp Business milikmu.

Dengan adanya centang hijau ini, menunjukkan bahwa WhatsApp kamu merupakan “akun bisnis resmi”.

Ketika membuat akun WhatsApp Business, hal pertama yang mutlak kamu perlu selesaikan, yaitu proses verifikasi di Facebook Business Manager.

Hal ini diperlukan untuk menyiapkan akun API WhatsApp Business kamu.

Namun, hanya dengan memverifikasi bisnis, bukan berarti bisnismu otomatis mendapat tanda centang hijau WhatsApp di sebelah nama bisnismu. 

WhatsApp selalu mencari cara untuk meningkatkan rasa keandalan atau rasa percaya bagi pelanggan yang berkomunikasi dengan bisnis di WhatsApp.

Lencana terverifikasi ini memungkinkan pelanggan mengetahui bahwa mereka berkomunikasi dengan akun resmi bisnis yang terverifikasi.

WhatsApp bersifat sangat eksklusif tentang bisnis mana yang bisa mendapat tanda centang hijau WhatsApp ini.

Biasanya, tanda centang ini diberikan kepada merek yang sangat bereputasi.

Baca Juga: 4 Aplikasi Chat untuk Jualan, User WhatsApp Capai 2 Miliar!

Dua Tipe WhatsApp Business

centang hijau whatsapp
Aplikasi WhatsApp (Unsplash.com)

Agar mendapat kepercayaan dari pelanggan, kamu perlu memiliki centang hijau WhatsApp. 

Namun sebelum beranjak pada bagaimana caranya, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai tipe-tipe WhatsApp Business.

Setidaknya ada dua tipe akun WhatsApp Business. Perbedaan dua tipe akun ini yang menentukan apakah kamu bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp atau tidak.

1. Official Business Account

Menurut Business Chat, jenis akun ini mendapat verifikasi dari WhatsApp. Jadi, WhatsApp memverifikasi bahwa merek yang memiliki akun itu asli dan terkenal. 

Akun bisnis resmi dapat memiliki lencana centang hijau WhatsApp di profilnya. Tanda Hijau juga muncul di header sebuah thread pula. 

Namun bisnis tidak perlu membayar untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp ini.

Bisnis-bisnis yang mendapatkan centang hijau ini hanya harus mengikuti proses WhatsApp untuk mendapatkannya. 

Oleh karena itu, sangat sedikit merek yang memiliki akun WhatsApp resmi yang memiliki centang hijau di sebelah namanya.

2. Business Account

Bisnis apa pun yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business atau platform WhatsApp for Business, akan memiliki akun bisnis ini secara default

Perusahaan dapat mengajukan centang hijau WhatsApp dengan menggunakan akun bisnisnya. Namun perlu menyelesaikan proses verifikasi Facebook Business terlebih dahulu. 

Kemudian, WhatsApp memvalidasi keunikan merek tersebut. Namun, WhatsApp pada dasarnya selalu memverifikasi keaslian merek untuk setiap akun di platform WhatsApp Business. 

Akun bisnis resmi menunjukkan nama bisnis di semua tampilan. Adapun, akun bisnis biasa menunjukkan nomor telepon di semua tampilan.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Chatbot WhatsApp, Mudah Kok!

Manfaat Centang Hijau WhatsApp

centang hijau whatsapp
Ilustrasi Centang Hijau (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Ikon centang hijau WhatsApp tentu saja dapat membawa banyak manfaat bagi bisnismu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan akun terverifikasi, kamu bisa menunjukkan nama bisnis pada akun, ketimbang nomor telepon.

WhatsApp selalu mencari cara untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan yang penting bagi mereka. Salah satunya adalah centang hijau WhatsApp. 

Jadi, berikut adalah beberapa manfaat dari tanda centang hijau WhatsApp yang bisa kamu dapat jika kamu berhasil memperolehnya.

  • Nama merek terlihat oleh pengguna meskipun mereka belum menyimpan nomor telepon di phonebook mereka.
  • Akun bisnis resmi membantu merekmu membangun dan mengembangkan basis pengguna secara global.
  • Centang hijau WhatsApp merupakan sebuah konfirmasi kredibilitas suatu merek.

Itulah sejumlah manfaat menggunakan centang hijau WhatsApp. Namun pertanyaannya kemudian, bagaimana kita bisa tahu bisnis kita bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan lencana tersebut? 

Jika kamu memiliki akun WhatsApp Business yang disetujui, kamu dapat mengajukan permohonan untuk akun bisnis resmi. 

Namun untuk mendapatkannya, kamu harus menghormati panduan kelayakan yang dicantumkan oleh WhatsApp.

Baca Juga: Ini 4 Langkah Membuat Chatbot Telegram untuk Bisnismu

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

centang hijau whatsapp
Aplikasi WhatsApp (Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Kini kamu sudah tahu apa saja manfaat dan jenis akun WhatsApp Business yang tersedia. Selanjutnya, kamu perlu tahu cara mendapatkan centang hijau WhatsApp.

Bagaimana caranya? berikut ini langkah-langkah sederhananya.

1. Dapatkan Akses API WhatsApp

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendapat centang hijau WhatsApp, yaitu mendaftarkan akun API dengan business solution provider (BSP). 

Setelah itu, kamu akan siap menggunakan WhatsApp. Sayangnya, kamu tidak bisa mendapatkan lencana centang hijau di aplikasi BSP gratis.

2. Mulai Mengirim Kampanye WhatsApp

Langkah selanjutnya, yaitu mengirimkan pesan WhatsApp kepada pelanggan. Kirimlah pesan kepada lebih dari 1.000 orang setiap hari.

Hal ini dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapat centang hijau WhatsApp. WhatsApp Business kamu tampak aktif dan menunjukkan kamu serius dengan upaya bisnismu.

Baca Juga: 6 Manfaat Telegram untuk Bisnis, Bisa Gunakan Chatbot!

3. Terapkan Centang Hijau WhatsApp Melalui BSP

Jika kamu menggunakan BSP, seharusnya penyedia API dapat dengan mudah mengirimkan aplikasi centang hijau ke Meta atas namamu.

Hal ini karena hampir semua penyedia BSP sudah terhubung ke akun Facebook Business Manager milikmu.

4. Tunggu Persetujuan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan WhatsApp untuk membuat keputusan tentang aplikasi centang hijau WhatsApp kamu? Beberapa hari. 

Jadi, kamu harus sabar menunggu. Kamu akan tahu pendaftaran centang hijau berhasil jika ikon tersebut muncul secara otomatis di akunmu.

Baca Juga: 5 Kelebihan WhatsApp Business API Sebagai Chat Commerce

Syarat dan Proses Verifikasi Centang Hijau WhatsApp

centang hijau whatsapp
Penggunaan Aplikasi WhatsApp (Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Cara mendapatkan centang hijau WhatsApp di atas mungkin terdengar mudah. Namun yang kamu perlu perhatikan adalah syarat dan proses verifikasinya.

Terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk layak mendapatkan centang hijau WhatsApp. Apa saja itu?

1. Bisnismu harus terintegrasi dengan API WhatsApp Business. Untuk melakukannya kamu dapat menggunakan BSP yang kamu percaya. Hubungi penyedia BSP lebih lanjut terkait integrasi API.

2. Verifikasi Facebook Business harus diselesaikan di akun Facebook Business Manager milikmu. Sebelum WhatsApp dapat melakukan proses verifikasi pada bisnismu, langkah awal yang perlu diambil adalah memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager.

Untuk melakukan hal ini, kamu dapat masuk ke Facebook Business Manager menggunakan akun Facebook pribadimu, menghilangkan kebutuhan untuk membuat akun baru.

Setelah berhasil masuk, langkah berikutnya adalah mengisi informasi yang diminta, memastikan bahwa data yang diberikan sesuai dengan kebutuhan verifikasi yang akan dilakukan oleh WhatsApp.

Dengan menghubungkan akun bisnis kamu dengan Facebook Business Manager, kamu membuka pintu untuk proses verifikasi yang lancar, memungkinkan WhatsApp untuk mengonfirmasi dan memberikan status terverifikasi pada bisnis kamu.

3. Sangat disarankan agar bisnismu berada pada Tier 2 atau lebih tinggi pada tingkat perpesanan.

4. WhatsApp biasanya mengizinkan merek yang sudah memiliki reputasi dan terkenal untuk mendapatkan centang hijau.

WhatsApp memiliki kebijakan yang sangat selektif, di mana hanya bisnis yang dapat membuktikan legalitas dan terdaftar sebagai entitas hukum resmi yang berhak mendapatkan status verifikasi tersebut.

Oleh karena itu, memiliki bentuk hukum seperti CV, PT, atau yayasan menjadi prasyarat penting untuk memperoleh centang hijau WA, menandakan bahwa bisnismu diakui secara legal dan sah oleh pihak WhatsApp.

5. Memiliki website resmi untuk bisnis / Perusahaan. Syarat selanjutnya untuk memperoleh centang hijau (verified business) di WhatsApp adalah memiliki website resmi perusahaan.

Adanya website resmi menjadi bukti bahwa bisnis kamu memiliki tingkat profesionalisme yang cukup, menunjukkan kredibilitas dan eksistensi perusahaan secara online.

Dengan adanya situs web, perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pelanggan dan pemangku kepentingan, serta memudahkan interaksi dengan calon konsumen.

Oleh karena itu, memiliki website resmi perusahaan menjadi syarat tambahan yang diperlukan untuk memenuhi standar verifikasi WhatsApp dan mendapatkan centang hijau sebagai tanda pengakuan keberadaan bisnis yang sah.

Sayangnya, tidak semua jenis bisnis memenuhi syarat untuk mengintegrasikan diri dengan API WhatsApp Business.

Mengutip dari Interakt, berikut ini adalah daftar produk atau layanan yang tidak memungkinkanmu untuk integrasi API. 

Dengan demikian, kamu juga tidak akan diizinkan untuk mengajukan centang hijau WhatsApp. Ini daftarnya:

  • Obat-obatan
  • Produk tembakau
  • Perjudian
  • Minuman keras
  • Bisnis senjata dan amunisi
  • Hewan hidup
  • Produk atau layanan dewasa
  • Produk medis dan perawatan kesehatan
  • Layanan Kencan
  • Cryptocurrency

Terkait proses verifikasi, sebelumnya sudah diungkapkan bahwa kamu perlu melakukan verifikasi melalui akun Facebook Business Manager.

Namun, bagaimana cara melakukannya? Berikut ini panduan langkah-langkah melakukan verifikasi di Facebook Business Manager.

  • Masuk ke akun Facebook Business Manager milikmu dan klik “Business Settings”.
  • Di bawah akun, pilih “WhatsApp Accounts”. Jika kamu memiliki beberapa akun yang terdaftar, pilih salah satu yang ingin kamu minta verifikasinya.
  • Pilih “Settings” dan klik “Contact Support”.
  • Klik “Ask a question” di kanan atas dan pilih “WABiz: Request official business account status”.
  • Isi informasi yang diperlukan. Pastikan kamu sudah menyiapkan two factor authentication sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya untuk verifikasi.
  • Status permintaan akan tersedia di bawah opsi “Direct support” di akun Facebook Business Manager.
  • Jika permintaanmu disetujui, akun WhatsApp Business kamu akan otomatis di-upgrade ke akun WhatsApp Official Business dan menunjukkan tanda centang hijau terverifikasi tepat di samping gambar profilmu.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu.

Namun berapa lama kamu harus menunggu keputusan penambahan centang hijau WhatsApp?

Biasanya, jika suatu merek akan diverifikasi, WhatsApp akan kembali dalam 2-4 hari kerja.

Jika merek kamu tidak diverifikasi dan permohonan ditolak, kamu masih dapat mengajukan permohonan lagi untuk verifikasi centang biru. 

Namun kamu harus menunggu selama 30 hari sebelum dapat mengajukan permohonan kembali.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Komplain Pelanggan Melalui Chat Commerce

Harga Di Masing-masing Kategori Pesan WhatsApp

Ingin Dapat Centang Hijau WhatsApp? Ikuti 4 Cara Berikut Ini
shopee pilih lokal

Foto Sedang Bermain Hp (Pexels.com)

1. Kirim Pesan ke Customer

Dalam proses pengiriman pesan kepada pelanggan, terdapat tiga kategori yang dapat diidentifikasi, yakni Utility Conversation, Authentication Conversation, dan Marketing Conversation. Setiap kategori memiliki tarif yang berbeda untuk layanan tersebut dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

  • Utility Conversation: Biaya: Rp300.00 per satu nomor.
  • Authentication Conversation: Biaya: Rp440.00 per satu nomor.
  • Marketing Conversation: Biaya: Rp600.00 per satu nomor.

Adanya tarif yang berbeda untuk setiap kategori mencerminkan kebijakan biaya yang diterapkan oleh WhatsApp dalam menyediakan layanan pesan kepada pelanggan.

Hal ini memberikan variasi dalam pemilihan jenis pesan yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi perusahaan dan memungkinkan perusahaan untuk mengelola biaya berdasarkan kategori layanan yang dipilih.

2. Menerima dan Balas Pesan dari Customer

Dalam menerima pesan dari pelanggan, terdapat satu kategori khusus yang dikenal sebagai Service Conversation. Berikut adalah detail terkait tarif dan fitur terkait:

  • Service Conversation:
    • Biaya: Rp275.00 per satu nomor.
    • Kamu hanya dikenakan biaya saat agen membalas pesan pelanggan.
    • Tarif biaya pesan ini dapat bervariasi tergantung pada negara dan jumlah penggunaan pesan perusahaan.

Selain itu, terdapat fitur Blacklist Number yang memungkinkan kamu untuk memblokir nomor yang dianggap spam, membantu mengoptimalkan pengelolaan pesan dan menghindari biaya yang tidak perlu.

Sebagai tambahan, setiap bulan kamu berhak mendapatkan 1000 percakapan GRATIS untuk kategori Service Conversation.

Keberadaan batas percakapan gratis ini memberikan keuntungan tambahan untuk mengelola biaya dan mendorong interaksi yang efisien dengan pelanggan melalui layanan pesan WhatsApp.

Baca Juga: Cara Melakukan WhatsApp Cloning Langsung di HP dan Aplikasi

Itulah penjelasan mengenai apa itu centang hijau WhatsApp dan cara mendapatkannya. Selamat mencoba!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X