6 Tips Memulai Usaha Vermak Levis yang Raih Keuntungan

Share this Post

vermak levis
Table of Contents

Vermak levis bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Tertarik untuk memulainya? Kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini!

Ada banyak sekali bisnis jasa yang bisa dijalankan. Ini karena bisnis tidak melulu membuat produk dan kemudian menjualnya. Salah satu yang menjanjikan dan mudah untuk dijalankan adalah usaha vermak levis.

Perlu kamu ketahui, usaha ini dibutuhkan oleh banyak orang dari setiap kalangan. Ini karena selalu ada pakaian (terutama urusan celana jeans) yang terlalu besar dan kurang pas.

Orang-orang tersebut tentu akan mencari para penjahit yang menawarkan jasa vermak. Dalan titik ini, dilihat dari kasus tersebut, usaha vermak levis sangat menjanjikan.

Dilansir dari Sew My Place, hanya bermodal kemampuan yang baik dalam menjahit, setiap orang bisa menghasilkan uang dengan memberikan jasa menjahit dan vermak.

Menarik bukan untuk menjalankan bisnis jasa satu ini? Jika tertarik, kamu bisa simak tips dan cara memulainya di bawah ini!

Baca Juga: Ingin Coba Bisnis Party Planner? Terapkan 9 Tips Berikut

Tips Memulai Usaha Vermak Levis

vermak levis
(Foto celana levis. Sumber: Pixabay.com)

Bagi yang baru akan mulai berbisnis, mencari tahu tentang tips dan memulai usaha merupakan suatu kewajiban. Hal ini bertujuan agar bisnis tidak dilakukan sembarangan dan memiliki permulaan yang baik.

Dalam kesempatan kali ini, ada beberapa pembahasan tips untuk memulai bisnis vermak levis. Berikut simak penjelasannya di bawah ini, yuk?!

1. Asah Terus Kemampuan Menjahit

Jika menjalankan bisnis ini sendiri, maka tentu kamu juga harus memiliki kemampuan menjahit yang baik. Jangan khawatir, kamu bisa belajar terlebih dahulu bila belum mahir melakukannya.

Pasalnya, banyak sekali kursus menjahit yang bisa kamu datangi untuk belajar. Modal utama dari menjalankan bisnis vermak levis adalah memahami segala hal tentang menjahit dan potongan pakaian itu sendiri.

Banyak keuntungan bila kamu menjalankan usaha ini dengan menjahit sendiri. Misalnya, kamu bisa menikmati setiap penghasilan tanpa harus dipotong untuk membayar penjahit.

Bila kamu merekrut penjahit, tentu penghasilan yang didapatkan harus dipotong untuk memberikan gaji kepada penjahit. Pada awal perjalanan, kamu bisa menjahit sendiri terlebih dahulu.

Baru ketika usaha semakin berkembang dan permintaan semakin banyak, kamu bisa secara perlahan merekrut penjahit sesuai dengan kebutuhan.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Tips kedua dalam menjalankan bisnis jasa vermak levis, yaitu dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan, seperti mesin jahit, benang, gunting, jarum, dan peralatan lainnya wajib kamu sediakan.

Peralatan-peralatan di atas merupakan perangkat kerja yang wajib bagi setiap orang yang menjalankan bisnis menjahit. Untuk mesin jahit, kamu bisa menggunakan mesin jahit listrik untuk memudahkan proses menjahit itu sendiri.

Selain itu, menggunakan mesin jahit juga akan membuat proses permak menjadi semakin cepat. Kamu juga bisa mendapatkan peralatan lain, seperti gunting, benang ,dan yang lainnya dengan membeli di toko penjahit.

Untuk rincian biaya modal yang dibutuhkan, akan dijelaskan lebih lanjut dalam pembahasan terkait modal di bagian selanjutnya.

Baca juga: 5 Tips Membangun Usaha Grosir Sembako, Omzetnya Jutaan!

3. Pilih Tempat yang Strategis

Ini sangat penting untuk usaha vermak levis, yaitu memilih tempat yang strategis. Hal tersebut karena tempat yang strategis bagi bisnis menjahit merupakan bagian dari strategi marketing.

Beberapa rekomendasi tempat strategis, seperti pasar, dekat toko pakaian, di persimpangan jalan, di dekat wilayah perkantoran atau wilayah pendidikan, atau bisa juga berada di tempat yang padat penduduk.

Namun, berkaitan tempat juga bisa kamu tentukan dengan mempertimbangkan modal yang dibutuhkan untuk sewa tempat. Lebih baik lagi, jika kamu tinggal di rumah yang ada di lokasi strategis. Kamu hanya tinggal menjalankan bisnis saja.

4. Lakukan Pemasaran

Setiap bisnis tentu saja harus dipasarkan, termasuk bisnis jasa seperti vermak levis. Beruntungnya, dalam menjalankan bisnis ini kamu tidak memerlukan strategi khusus untuk pemasaran.

Dengan membuka tempat usaha di tempat yang strategis, sudah cukup sebagai upaya pemasaran yang ampuh. Ini karena pelanggan akan datang dengan sendirinya jika membuka di tempat ramai.

Jika ingin lebih optimal dalam menjaring pelanggan, maka melakukan pemasaran tambahan bukan sebuah hal yang salah. Terutama pesatnya perkembangan internet dan media sosial, sangat dapat dijadikan sebagai media pemasaran.

Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai senjata ampuh untuk melakukan pemasaran. Kamu bisa meminta bantuan kepada saudara, kerabat, atau teman-teman untuk ikut menyebarkan media sosial bisnis jahit permak yang kamu jalankan ini.

Sisanya, kamu tinggal menunggu hasil. Secara perlahan pelanggan akan datang ke tempatmu dan meminta jasa vermak.

5. Siapkan Modal

Hal yang penting dalam memulai bisnis adalah menyiapkan modal. Meskipun banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal, usaha vermak jeans membutuhkannya untuk pembelian peralatan menjahit.

Tentu modal bisnis sangat beragam dan dipengaruhi banyak pertimbangan. Mulai dari ketersediaan modal hingga kemampuan pebisnis menyiapkan modal itu sendiri.

Untuk menjalankan usaha permak pakaian, dalam hal ini permak jeans, setidaknya terdapat beberapa peralatan yang harus dibeli.

Mulai dari mesin jahit, gunting, benang meteran, hingga peralatan lainnya. Jangan lupakan juga kebutuhan sewa tempat dan biaya listrik serta operasional bulanan lainnya.

Secara umum, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis jasa permak jeans yaitu sebagai berikut:

  • Membeli mesin jahit: Rp1.000.000,-.
  • Gunting, benang dan peralatan lain: Rp500.000,-.
  • Biaya sewa tempat: Rp500.000,- – Rp1.000.000,- per bulan.
  • Biaya tagihan listrik dan operasional: Rp300.000,- – Rp500.000,- per bulan.

Dari daftar perkiraan modal di atas, kurang lebih dibutuhkan modal sekitar Rp2.500.000,- hingga Rp3.000.000,- untuk memulainya. Namun, perhitungan tersebut tidak kaku. Masih dapat diubah disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Membangun Usaha Konveksi, Apa yang Harus Disiapkan?

6. Perkiraan Penghasilan

Lantas, dari modal yang harus disiapkan untuk memulai usaha vermak pakaian di atas, berapa kira-kira perkiraan penghasilan yang akan didapatkan setiap bulannya?

Jika kamu mematok untuk setiap pesanan vermak levis seharga Rp20.000,- dan estimasi pesanan setiap harinya mencapai 10 pesanan. Maka, penghasilan setiap harinya, yaitu Rp200.000,- setiap harinya.

Pendapatan bersih yang didapatkan setiap harinya adalah sekitar Rp160.000,- dipotong Rp40.000,- Jika kamu mengambil libur satu hari dalam setiap minggu, maka selama sebulan kamu bekerja selama 26 hari.

Jika ditotalkan, 26 x Rp160.000,- = Rp4.160.000.- Kurang lebih, pendapatan bersih yang akan didapatkan adalah sejumlah perhitungan tersebut. Lalu, dikurangi dengan biaya operasional setiap bulannya.

Maka kurang lebih mendapatkan pemasukan sekitar Rp3.000.000,- untuk menjalankan usaha vermak pakaian ini.

Baca Juga: Bisnis Food Truck, Inovasi Usaha Kuliner Unik yang Bisa Kamu Coba

Nah, itu tadi tips dan cara memulai usaha vermak levis. Dari penjelasan di atas, kamu bisa terapkan untuk mulai menjalankan usaha vermak levis.

Semoga penjelasan kali ini bisa menjadi motivasi bagi kamu untuk segera memulai bisnis, ya!