Ikuti 6 Tips Menjalankan Usaha Zuppa Soup Ini agar Sukses!

Share this Post

usaha zuppa soup
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Dengan sup creamy yang gurih dan puff pastry yang unik sebagai “topi” di atasnya, zuppa soup merupakan hidangan appetizer yang menarik. Namun, mengapa kamu tak mencoba usaha zuppa soup saja?

Siapa tak kenal zuppa soup? Hidangan khas Italia ini sudah sejak lama jadi favorit orang Indonesia.

Sup ini biasa dikenal juga dengan nama zuppa toscana, karena resepnya berasal dari daerah Toscana, Italia.

Resep dasar sup tradisional Italia Italia ini dibuat dengan sosis, kaldu ayam, krim, dan sayuran seperti bawang, kangkung, dan kentang. Karena rasanya yang berani dan nilai gizinya, sup ini sangat populer selama bulan-bulan musim dingin di Italia.

Mengutip dari Spoon Fork Bacon, versi klasik sup ini diisi dengan kacang cannellini, kale, zucchini, bubuk cabai, bacon Italia (disebut rigatino), tomat atau bubur tomat, dan roti Tuscan.

Namun seiring perkembangan, sup tradisional ini mengalami perubahan resep, apalagi setelah cita rasanya dibawa keluar dari Italia.

Di Amerika Serikat, zuppa toscana dipopulerkan oleh jaringan restoran besar, Olive Garden. Zuppa toscana versi Olive Garden tidak menggunakan roti yang dimasukkan ke dalam sup.

Namun, ada pula yang berkreasi menambah puff pastry di atas mangkuk sebagai penutup. Ketika dihidangkan, puff pastry ini bisa diketuk dan dipecahkan, kemudian dimakan bersama sup di dalamnya.

Puff pastry ini menjaga sup krim di dalamnya agar tetap hangat untuk beberapa saat. Di Indonesia, resep zuppa soup dengan puff pastry di atasnya lebih dikenal ketimbang zuppa toscana.

Sup krim di dalamnya pun dimodifikasi dengan isian jagung, sosis, atau irisan ayam ketimbang memasukkan daging bacon.

Bentuknya yang unik dan rasa puff pastry bercampur sup krim sangat gurih serta menggugah selera. Jika kamu ingin memulai usaha kuliner yang berbeda dari lainnya, usaha zuppa soup bisa jadi pilihan.

Baca juga: Cara Hitung Cost Makanan dan Manfaatnya bagi Bisnis Kuliner

Peluang Usaha Zuppa Soup

usaha zuppa soup
(Foto koki membuat adonan pastry. Sumber: Freepik.com)

Ada banyak pilihan ketika kamu mau memulai usaha zuppa soup. Kamu bisa mengandalkan satu menu itu saja dengan berbagai variasi isian sup, atau menjualnya dengan jenis kuliner lain.

Apa pun pilihanmu, usaha zuppa soup tetap memiliki peluang yang baik. Berikut ini sejumlah peluang usaha zuppa soup yang bisa kamu garap.

1. Mulai dari Usaha Rumahan

Usaha zuppa soup bisa dimulai sebagai usaha rumahan. Meski puff pastry di atasnya membuat zuppa soup tampak sulit dibuat, sebenarnya cara pembuatannya mudah dan murah.

Peralatan tambahan yang kamu perlukan hanyalah oven untuk memanggang zuppa soup hingga puff pastry mengembang.

Ada pun hal lain yang perlu kamu siapkan adalah wadah aluminium foil dan sendok plastik. 

Sebagai usaha rumahan, kamu tentu akan mengandalkan jasa delivery order, sehingga harus pintar memilih wadah yang menjaga zuppa soup tetap hangat.

2. Ikut Franchise

Saking terkenalnya resep zuppa soup di Indonesia, ternyata sudah ada pula yang membuat franchise atau waralabanya.

Jika kamu punya modal cukup, tetapi tidak tahu harus mulai usaha zuppa soup dari mana, kamu bisa coba bekerja sama dengan franchise.

Biasanya pihak pemilik franchise akan memberikan pelatihan terkait pembuatan zuppa soup dan bisnis. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menemukan lokasi tepat.

3. Buat Franchise

Kamu sudah punya resep andalan sendiri dan ternyata usaha zuppa soup kamu laku? Mengapa tidak kamu yang membuat franchise sendiri?

Namun untuk membuat franchise, tentu ada banyak yang harus diperhatikan, terutama soal manajemen franchisee. Aspek legalitas juga perlu kamu perhatikan untuk membuat franchise.

Perjuangannya tidak mudah, tetapi kamu bisa melakukan ekspansi bisnis dan memperbesar aliran pemasukan.

Baca juga: 9 Aplikasi Pesan Makanan Online, Praktis!

4. Buat Kedai Khusus

usaha zuppa soup
(Foto adonan pastry. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Usaha zuppa soup yang paling sederhana, yaitu dengan membuat kedai khusus. Ini bisa kamu lakukan jika ingin selangkah lebih maju dari usaha rumahan.

Kamu bisa melayani langsung pelanggan yang datang, sekaligus melayani pemesanan melalui jasa delivery online.

Buat kedai semenarik mungkin agar menggaet pelanggan untuk datang dan menongkrong sambil menikmati zuppa soup-mu.

Jika perlu, tambahkan menu lain, seperti macaroni schotel, lasagna, sandwich, dan sebagainya sebagai variasi menu.

5. Jual Minuman Pendamping

Selain menambahkan menu lain pada kedai, kamu juga bisa menjual variasi minuman segar yang cocok diseruput sambil menikmati zuppa soup.

Ada banyak variasi minuman yang segar dan menggugah selera, seperti lemon tea, aneka kopi, milkshake, hingga jus.

6. Jadikan Appetizer

Jika kamu memiliki kedai atau restoran yang memiliki menu lain sebagai menu utama, mengapa tidak menambahkan zuppa soup sebagai appetizer?

Menu zuppa soup cocok untuk ditambahkan ke restoran yang menjual pizza dan pasta. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menjualnya di restoran dengan menu utama lain.

Baca juga: Gurihnya Cuan Usaha Nasi Kuning, Ini Dia 5 Tips Bisnisnya!

Tips Sukses Menjalankan Usaha Zuppa Soup

usaha zuppa soup
(Foto tips menjalankan bisnis zuppa soup. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Kini, kamu sudah tahu apa saja peluang usaha zuppa soup. Jika sudah menetapkan hati untuk memulai usaha ini, tentu kamu harus menjalankannya dengan baik.

Memasarkan usaha zuppa soup atau usaha sup secara keseluruhan, harus memperhatikan sejumlah hal.

Berikut ini adal sejumlah tips sukses menjalankan usaha zuppa soup yang bisa kamu terapkan pada bisnismu.

1. Buatlah Variasi

Ketika kamu hanya menjual zuppa soup di kedaimu, jangan berharap untuk membuat pelanggan kagum dengan sup yang sama selama bertahun-tahun. 

Usaha zuppa soup perlu meniru usaha pizza. Meski hanya menjual pizza, tetapi banyak variasi topping yang bisa dipilih.

Kamu bisa menerapkan hal yang sama pada zuppa soup. Cobalah untuk membuat variasi pada rasa atau isian sup krim di dalamnya.

Kamu bisa berkreasi dan bereksperimen dengan sup krim di dalamnya. Namun jika kamu punya ide lain mengenai puff pastry-nya juga, mengapa tidak dicoba?

2. Lakukan Langkah Berani

Pikirkan sup sebagai kesempatan lain untuk berkreasi di dapur dan memperkenalkan rasa berani yang mungkin tidak dapat kamu sertakan pada menu tradisional Italia.

Meski zuppa soup berasal dari Italia, bukan berarti kamu tidak bisa menjual sup khas dari negara lain.

Kamu bisa membuat menu baru, semisal sup lentil ala lebanon, gazphaco asal Spanyol, harira dari Maroko, hingga tom yum khas Thailand.

Jika resepnya masih sesuai, kamu bisa mencoba memadupadankan berbagai sup khas berbagai negara dengan puff pastry.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Jarang Pesaing dengan Modal Kecil

3. Ingat Intinya

usaha zuppa soup
(Foto gambar hidangan sup. Sumber: Pexels.com)
shopee pilih lokal

Meskipun ada ribuan kemungkinan, sup tertentu akan selalu tetap menjadi favorit penggemar. Tentu zuppa soup akan jadi yang terfavorit, tetapi variasi isi sup tentu ada yang paling disukai pelanggan.

Lakukan jajak pendapat terhadap staf kedai kamu untuk melihat jenis sup yang mereka sukai atau menyelenggarakan kontes dan biarkan pelanggan yang memutuskan. 

Namun, selalu berpikir dalam hal profitabilitas. Saat kamu menyiapkan resep, pertimbangkan waktu dalam setahun, ketersediaan bahan, dan biaya makanan keseluruhan sup. 

Pastikan harganya terjangkau, terutama saat kamu pertama kali memperkenalkannya kepada pelanggan. Inilah salah satu tips sukses usaha zuppa soup.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Korea yang Sedang Hits

4. Tawarkan Kombo

Jika kedai atau restoran yang kamu jalankan tidak hanya mengandalkan usaha zuppa soup, kamu bisa menawarkan kombo pesanan.

Misalnya membeli satu loyang pizza, calzone, atau salad, bisa dibuat paket kombo dengan zuppa soup.

Jika menawarkan kombo, tentu kamu mesti menetapkan harga yang membuat pelanggan merasa bisa hemat dengan membeli paket kombo yang kamu tawarkan.

5. Gunakan Zuppa Soup sebagai Hidangan Tempat Nongkrong

Kamu tidak hanya harus bereksperimen terhadap rasa dan resep saja, tetapi terhadap kedaimu sendiri.

Aturlah kedaimu agar nyaman sebagai tempat nongkrong anak muda. Sediakan variasi minuman sebagai pendamping zuppa soup.

Makin lama pelangganmu nongkrong, terkadang mereka akan melakukan pesanan kedua, entah itu makanan atau minuman.

Dekorasi kedai juga harus semenarik mungkin, sehingga mendorong pelanggan untuk berfoto dan mengunggahnya ke media sosial. Ini bisa jadi sarana promosi gratis juga bagi kedaimu.

6. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Entah kamu memiliki kedai atau hanya menjualnya melalui jasa delivery online saja, kamu tetap harus melakukan pemasaran yang efektif untuk usaha zuppa soup milikmu.

Gunakan semua hal yang kira-kira bisa menunjang usahamu. Semisal menggunakan media sosial, menyebarkan pamflet dan brosur, hingga membuat situs web resmi kedaimu.

Jika membuat situs web, pertimbangkan untuk membuat konten secara berkala. Kamu bisa khusus membahas zuppa soup atau tentang sup secara keseluruhan.

Buat konten-konten yang membuat orang tergiur dan ingin memesan zuppa soup yang kamu jual.

Baca juga: Bisnis Kue Tradisional, Ini Peluang dan Tips Menjalankannya

Itulah penjelasan mengenai peluang dan tips usaha zuppa soup. Semoga bermanfaat dan bisnis sup kamu sukses!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X