Mau Coba Bisnis Baby Spa? Intip Peluang dan Tips Memulainya

Share this Post

bisnis baby spa
Table of Contents

Seperti apa sih peluang bisnis baby spa? Kamu penasaran ?

Tahukah kamu kalau bisnis perlengkapan bayi menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diminati?

Kini, muncul peluang usaha yang masih berkutat dengan bayi yang berpotensi meraup banyak keuntungan, yaitu adalah baby massage.

Bisnis ini memerlukan perhatian dalam banyak hal. Pertama-tama, kamu harus tahu beberapa hal yang dilakukan saat baby spa. Simak penjelasannya!

Baca Juga: 7 Kiat Memulai Bisnis Laboratorium Klinik di Era Digital 

Apa itu Baby Spa?

bisnis baby spa
Foto pijat bayi. Sumber: Unsplash.com

Baby spa adalah spa untuk bayi yang prosesnya lebih sederhana dibandingkan dengan spa orang dewasa. Ini suatu bidang bisnis yang berkaitan dengan perawatan tubuh.

Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah baby spa sekarang ini menjadi tren di kalangan keluarga muda perkotaan. Tren ini bisa terjadi karena bisnis ini dipandang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi.

Dilansir dari Heathline, selain keuntungan bagi tubuh bayi itu sendiri, bisnis ini mendatangkan keuntungan untuk pelaku usahanya. Baby spa bisanya terdiri dari baby hydrotherapy dan baby massage.

Baby hydrotherapy adalah terapi air yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, tulang, jantung, paru-paru, sistem pernapasan, serta motorik pada bayi.

Sedangkan, baby massage adalah aktivitas memberi pijatan lembut pada bayi. Kegiatan ini dianggap dapat meningkatkan berat badan dan sistem imun, menstimulasi saluran pencernaan, serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Ini 5 Cara Memulai Bisnis Perlengkapan Bayi

Target Pasar Bisnis Spa Bayi

bisnis baby spa
Foto target pasar bisnis baby spa. Sumber: Unsplash.com

Di Indonesia, layanan spa bayi mulai berkembang sejak tahun 2006. Namun, baru beberapa tahun belakangan bisnis baby spa ini semakin marak dan berkembang.

Perkembangan ini terjadi seiring tumbuhnya kepedulian masyarakat terhadap manfaat spa bagi bayi mereka.

Sebagai suatu peluang bisnis, kamu harus mengetahui belum banyak kompetitor dalam bisnis ini. Itu sebabnya, tingkat persaingan masih dapat dikatakan rendah.

Apabila di sekitar tempat tinggal kamu belum ada bisnis ini, artinya baby spa menjadi peluang usaha yang berpotensi memberikan keuntungan tinggi.

Namun ingat, kamu harus bisa menentukan target pasar dan strategi yang tepat. Aktivitas spa sendiri bukan kebutuhan primer bagi sebagian kalangan masyarakat.

Itu sebabnya, bisnis spa bayi bisa kamu mulai dengan membidik kalangan menengah ke atas di kota-kota besar.

Untuk kamu yang ingin menyasar pasar menengah ke bawah bisa melakukannya dengan konsep rumahan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam bisnis ini adalah fasilitas yang mumpuni dan tenaga bersertifikat. Tentunya, ini menjadi pilihan yang menarik buat para orang tua.

Baca juga: 6 Tips Berjualan Barang Second yang Patut Kamu Coba

Peluang Bisnis Baby Spa

bisnis baby spa
Foto peluang bisnis baby spa. Sumber: Unsplash.com

Beberapa tahun terakhir ini bisnis baby spa kian banyak diminati oleh orang-orang. Untungnya, pesaing dari bisnis baby spa ini masih terbilang belum cukup banyak. Bisa dibilang prospek bisnis ini masih cukup luas untuk digarap.

Berdasarkan beberapa layanan baby spa yang sudah berjalan, estimasi keuntungan antara 60% hingga 80%. Angka yang sangat besar bukan?

Dengan perhitungan 20-an pengunjung tiap hari, kamu bisa mendapatkan puluhan juta dalam waktu sebulan.

Namun sayangnya, banyak yang mengurungkan niatnya untuk terjun ke bisnis baby spa karena modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis terbilang tinggi.

Hal tersebut diperparah dengan minimnya pengetahuan dan keterampilan untuk memulai bisnis baby spa. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan strategi yang tepat sebelum memulai bisnis ini.

Baca juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Sewa Mainan Anak, Coba, Yuk!

Cara Memulai dan Strategi Bisnis Baby Spa

bisnis baby spa
Foto strategi bisnis baby spa. Sumber: Unsplash.com

Pertama, tawarkan produk yang berkualitas dan perhatikan permintaan pasar. Sambil menjalankan bisnis, kamu bisa melakukan inovasi dalam penyediaan baby sapa.

Kedua, berikan harga yang kompetitif supaya banyak orang tertarik kepada bisnis kamu. Kamu tidak harus selalu memberi harga murah asalkan kualitas dan fasilitas yang diberikan kepada pelanggan sesuai.

Ketiga, perhatikan pemilihan lokasi. Kamu dapat mencari tempat yang strategis dan mudah diakses oleh banyak orang.

Terakhir, lakukanlah promosi. Promosi bisa membuat orang-orang mengenal baby spa. Terlebih bila promosi yang dilakukan konsisten dan dikeemas dengan cara unik atau menarik.

Kamu harus juga bisa berstrategi supaya bisnis yang dijalankan dapat bertahan lama. Selain itu, strategi penting supaya pelanggan kamu merasa puas dan dapat datang lagi di kesempatan selanjutnya.

Beberapa pertimbangan lain yang perlu kamu siapkan bagi yang tertarik menjalankan bisnis ini adalah sebagai berikut:

1. Modal Bisnis yang Dibutuhkan

Tiap bisnis pasti memerlukan modal untuk memulainya. Usaha baby spa relatif memerlukan modal yang cukup besar.

Modal yang diperlukan berkisar dari 100 juta sampa 800 juta Rupiah. Angka tersebut sebagian besar dianggarkan untuk tempat dan perawatannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis baby spa memerlukan tempat yang luas dan nyaman disertai dengan berbagai fasilitas untuk bisa menunjang kebutuhan pengunjung.

Namun,i kamu tidak perlu khawatir. Jika bisnis ini berjalan lancar, kamu bisa balik modal dalam rentang waktu setengah sampai satu tahun.

2. Bisnis Berbeda dengan yang Lainnya

Kamu haru bisa menampilkan sesuatu yang berbeda agar dapat menarik calon pelanggan. Dalam bisnis baby spa, kamu dapat berinobvasi untuk menghadirkan desain ruangan unik, atau souvenir lucu yang diberikan kepada pelanggan setelah selesai treatment.

Hal ini akan membuat pelangganmu merasa senang dan diperhatikan. Selain itu, membuat pelanggan kembali datang ke tempat spa bayi yang kamu jalankan,

3. Buat Tempat Senyaman Mungkin

Sebisa mungkin atur tempat bisnis kamu agar dapat menghindari antrian panjang. Pun bila harus menunggu pastikan tempat yang disediakan telah dibuat senyaman mungkin.

Kenyamanan juga harus muncul dalam ruang bayi akan diberi perawatan. Misalnya, pastikan ruangan cukup luas untuk meletakkan ranjang bayi.

Kamu juga bisa membuat interior bertema anak-anak, seperti wallpaper kartun dan mainan anak. Ini akan memberi kesan tempat ramah pada anak.

4. Gunakan Bahan Berkualitas

Kamu harus paham bahwa kulit bayi cenderung lebih sensitif daripada orang dewasa. Oleh sebab itu, cari minyak atau lotion dari bahan yang aman atau alami. Hal ini bisa menurunkan risiko alergi pada kulit bayi.

Ingat, planggan utama dalam bisnis ini adalah bayi. Usia bayi tersebut biasanya lebih sensitif kulitnya. Itu sebabnya, menggunakan bahan yang berkualitas merupakan hukum yang wajib untuk kamu penuhi.

5. Rekrut Terapis Berkualitas

Terapis adalah bagian penting dalam bisnis ini. Para orang tua tentunya ingin anak berada di tangan yang tepat dan profesional. Kamu harus memilih terapis yang berpengalaman.

Bekali terapis kamu dengan pelatihan yang mumpuni sebelum terjun langsung menangani pelanggan.

6. Berikan Paket Lengkap

Bila bisnis sudah berkembang, kamu bisa menawarkan beragam pilihan treatment yang lengkap. Hal ini akan membuat pelanggan memilih tempat kamu untuk treatment selain baby spa.

Treatment yang bisa kamu hadirkan, seperti, aqua swim, baby gym, dan perawatan lain untuk bayi. Kamu juga bisa mngembangkan bisnis dengan membuka layanan home care.

Layanan ini akan menjadi pilihan bagi orang tua yang kurang nyaman membawa bayi keluar rumah agar tidak perlu repot-repot ke luar rumah.

Baca Juga: 5 Prinsip Wealth Management yang Penting Bagi Pebisnis Muda

Demikian, informasi mengenai bisnis baby spa yang perlu kamu ketahui untuk memulainya. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut lagi dengan diskusi dengan orang-orang yang telah lama bergelut dengan bisnis tersebut.

Hal ini perlu sebagai referensi supaya kamu dapat sukses menjalankan bisnis dan meraup keuntungan darinya.