8 Rekomendasi Bisnis Olahan Tahu yang Menarik Dijalankan

Share this Post

bisnis olahan tahu
Table of Contents

Bisnis olahan tahu menjadi bisnis kuliner yang menarik untuk dijalankan!

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan, selain karena kebutuhan manusia untuk makan, sebab lain adalah karena banyak jenis kuliner yang bisa dijadikan bisnis.

Salah satu contohnya adalah bisnis olahan tahu. Tahu merupakan makanan yang berasal dari kedelai, setelah melalui serangkaian proses yang panjang.

Di Indonesia sendiri, tahu bersama dengan tempe, menjadi salah satu makanan pokok dan disukai masyarakat Indonesia. Tidak heran jika bisnis olahan tahu, menjadi salah satu alternatif bisnis yang menarik untuk dicoba.

Dilansir dari Pinoy Bisnes Idea, tahu merupakan makanan yang telah dikenal sejak dari 2000 tahun yang lalu di wilayah Asia, terutama Asia Timur, Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Bahan utama pembuatan dari tahu adalah kedelai, yang dilakukan melalui serangkaian proses sehingga bisa menjadi tahu pada akhirnya.

Sebagai masyarakat Indonesia saja, kita bisa menyebutkan banyak olahan makanan yang berasal dari tahu itu sendiri.

Apalagi jika tahu dikreasikan dengan berbagai bahan olahan lainnya sehingga menjadi sebuah ide untuk menjalankan bisnis.

Baca Juga: 10 Ide Jualan di Rumah yang Laku Setiap Hari, Bikin Tetangga Iri!

Daftar Ide Bisnis Olahan Tahu

bisnis olahan tahu
Foto: Unsplash.com

Ada beberapa ide bisnis olahan tahu yang bisa kamu coba jalankan agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa kuliner dari olahan tahu ini mungkin telah kamu ketahui, atau mungkin juga ada yang asing dan belum kamu ketahui.

1. Tahu Gejrot

Rekomendasi pertama bisnis olahan tahu yang bisa kamu coba adalah dengan menjual tahu gejrot. Tahu gejrot merupakan camilan khas Cirebon. Jika kamu berkunjung ke Cirebon, tahu gejrot merupakan salah satu jajan yang wajib dicoba.

Banyak yang menyukai camilan satu ini, rasa gurih dari tahu yang disiram dengan bumbu kuah khas membuat pas dan nikmat di lidah masyarakat Indonesia.

Tahu yang digoreng kering, lalu dipotong dan disiram dengan bumbu yang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan air gula merah. Dilengkapi dengan garam, membuat kuliner ini sangat nikmat.

Saat ini, kamu bisa menikmati tahu gejrot tanpa harus berkunjung ke Cirebon. Di setiap kota dan daerah, ada penjual tahu gejrot yang menjajakan makanan secara kaki lima.

Namun persoalannya, tidak semua camilan tahu gejrot memiliki rasa yang otentik dan original khas di Cirebon. Ini yang menjadikan kuliner satu ini bisa menjadi peluang yang menarik untuk dicoba.

Namun, tentu saja kamu harus melakukan riset rasa terlebih dahulu, seperti apa rasa tahu gejrot yang original dan racik dengan resep khas. Hal ini yang akan menjadi nilai jual di hati para pelanggan.

2. Tahu Crispy

Jangan ditanya lagi popularitas tahu crispy di Indonesia. Sebagai sebuah jajanan, tahu crispy sangat viral dan terutama disukai oleh anak-anak sekolah.

Jika kamu perhatikan, para pelaku usaha dan bisnis olahan tahu satu ini, akan terlihat bertebaran di sekitar sekolah atau perkantoran.

Tahu yang dipotong dadu dan ditaburi tepung lalu digoreng kering, menciptakan rasa gurih dan sensai renyah di mulut. Kenapa tahu crispy menjadi salah satu bisnis dari tahu yang menjanjikan?

Jawabannya sederhana, karena banyak orang yang membeli tahu crispy sebagai camilan yang mengenyangkan. Bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis satu ini, tentu potensial.

Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, cara membuatnya juga mudah. Kamu bisa pelajari dengan cepat, namun tetap perlu diperhatikan rasa yang pas dan nikmat.

Usahakan kualitas rasa kamu pertahankan. Terlebih lagi, kualitas kerenyahan tepung, agar selalu sama ketika membuatnya dan bisa memuaskan lidah para pembeli.

3. Tahu Bakso

Rekomendasi bisnis olahan tahu selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjual tahu bakso. Makanan ini merupakan khas dari Kota Ungaran di Kabupaten Semarang. Perpaduan dari tahu dengan isi bakso.

Dihidangkan dengan sambal kecap yang dilengkapi dengan irisan cabe rawit dan bumbu kacang sebagai variasi. Kamu yang pernah berkunjung ke Semarang, pasti akan mudah menemui kuliner ini.

Tentu saja untuk mencoba makanan ini, kita harus berkunjung ke Semarang. Karena, belum banyak daerah yang menjual tahu bakso. Ini yang menjadikan kuliner satu ini sangat khas Semarang.

Ini bisa menjadi peluang bagi kamu, terutama jika di daerah kamu belum ada yang menjual tahu bakso. Tahu bakso bisa dimasak dengan dua cara, pertama direbus dan disajikan dengan kuah, kedua digoreng yang disajikan dengan sambal kecap dan sambal kacang.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Korea yang Sedang Hits

4. Abura-age

bisnis olahan tahu
Foto: Pexels.com

Abura-age merupakan makanan dari Jepang yang terbuat dari olahan tahu. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai salah satu ide bisnis olahan tahu.

Tahu pong atau tahu cokelat dengan bagian dalam yang kopong, potong dua tahu pong dan rebus hingga matang.

Kemudian bagian dalam tahu yang kopong, diisi dengan nasi yang telah dikepal, lalu beri sedikit cuka, gula dan garam. Lengkapi dengan daun bawang lalu santap abura-age dalam sekali suap. Rasanya dijamin super nikmat!

Belum banyak yang menjual makanan satu ini, oleh karena itu abura-age bisa jadi salah satu inspirasi bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis dari bahan dasar tahu.

5. Hiyayakko

Hiyayakko mungkin merupakan nama makanan yang masih asing di telingamu. Masih berasal dari Jepang, hiyayakko merupakan makanan dengan bahan dasar tahu yang disajikan dalam keadaan dingin.

Cara membuat makanan satu ini sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan tahu sutera yang dingin, lalu daun bawang, dan kecap asin. Potong tahu sesuai selera, lalu taburi dengan daun bawang dan kecap asin. Makanan pun siap disantap.

Kuliner satu ini merupakan rekomendasi bisnis olahan tahu lainnya yang bisa kamu coba.

6. Tahu Katsu

Kamu tentu pernah mencicipi chicken katsu? Kuliner khas Jepang yang terbuat dari daging ayam fillet dengan dilapisi tepung roti. Nah, selain menggunakan daging ayam, kamu juga bisa menggunakan tahu.

Tahu katsu bisa jadi salah satu rekomendasi bisnis olahan tahu yang kamu coba. Bagian luar tentu akan renyah seperti chicken katsu, dan bagian dalam sangat lembut yang berasal dari tahu.

7. Stik Tahu

Jika saat ini kita mengenal stik kentang sebagai camilan yang nikmat, bagaimana dengan stik tahu? Stik tahu merupakan salah satu rekomendasi bisnis olahan tahu yang menarik untuk dijalankan.

Selain masih jarang yang menjualnya, stik tahu juga memiliki tekstur yang renyah di bagian luar sementara bagian dalamnya memiliki tekstur yang lembut.

Olahan tahu ini bisa dibuat dengan memadukan tahu bersama bahan lainnya, seperti tepung maizena, dan bumbu rempah. Selebihnya, kamu tinggal mencetak tahu dan membentuknya menjadi stik lalu goreng hingga benar-benar kering.

Selain disajikan dengan sambal, stik tahu juga bisa menjadi pelangkap lauk makan. Menjual kuliner yang bisa dinikmati dengan banyak cara merupakan sebuah kelebihan.

8. Pancake Tahu

bisnis olahan tahu
Foto: Pexels.com

Rekomendasi bisnis olahan tahu terakhir adalah pancake tahu. Terdengar aneh, kan? Pancake yang notabene merupakan makanan manis, dipadukan dengan tahu yang identik dengan makanan asin.

Namun, menu olahan tahu ini sempat menjadi tren beberapa waktu yang lalu. Selain karena perpaduan unik, juga karena rasanya yang nikmat.

Tahu yang kamu goreng dengan tepung, lalu dijadikan sebagai pengganti pancake, kemudian disiram dengan topping seperti ice cream, cokelat, kacang dan lain sebagainya. Ide satu ini bisa jadi sangat potensial untuk viral kembali.

Baca Juga: Berani Coba? Ini 10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku!

Nah, itulah tadi daftar rekomendasi bisnis olahan tahu yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga daftar di atas bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang tertarik menjadikan tahu sebagai bisnis utama.