Prediksi Tren Bisnis 2023 yang Bakal Diminati Konsumen

Share this Post

proyeksi tren bisnis 2023
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Memasuki tahun baru, ada beberapa prediksi tren bisnis 2023 yang bakal booming dan diminati banyak konsumen. Berikut proyeksinya!

Menutup tahun 2022, ada banyak bisnis viral yang diminati oleh banyak orang. Mulai dari bisnis affiliasi, menjadi konten kreator, jual makanan korea, minuman kekinian, thrifting, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sepanjang tahun 2022 juga ada banyak hal viral dan trending lainnya yang diprediksi akan menjadi model bisnis baru pada tahun 2023.

Salah satunya adalah meningkatnya peminat mobil listrik pada tahun 2022 yang membuka peluang bisnis baru di tahun-tahun yang akan datang. Misalnya, bisnis bengkel mobil listrik, asuransi mobil listrik, dan sebagainya.

Selain prediksi bisnis mobil listrik, ada beberapa tren bisnis lain yang diprediksi akan meramaikan persaingan pasar di tahun 2023.

Ingin tahu apa saja prediksi tren bisnis 2023? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Hotel Kapsul, Cukup 5 Langkah!

Prediksi Tren Bisnis 2023 yang Bakal Booming

tren bisnis 2023
(Foto pegawai gudang. Sumber: Freepik.com)

Mulai dari bengkel mobil listrik sampai bisnis berkelanjutan, berikut prediksi tren bisnis 2023 yang bakal diminati konsumen!

1. Bengkel Mobil Listrik

Perkembangan mobil listrik di Indonesia kini semakin pesat. Dilansir dari United States Environmental Protection Agency, kendaraan listrik memiliki baterai sebagai pengganti tangki bensin, dan menggunakan motor listrik untuk menggantikan mesin pembakaran BBM.

Semakin meningkatkan peminat mobil listrik tentu membuka peluang bisnis baru yang sangat potensial, yakni bengkel mobil listrik.

Terlebih lagi, pemerintah juga sudah melegalkan konversi mobil konvensional menjadi mobil listrik. Artinya, keberadaan bengkel khusus mobil listrik akan semakin dibutuhkan.

Bahkan, pemerintah juga membuka peluang bagi bengkel umum untuk menyediakan sarana konversi mobil listrik.

Bengkel umum yang berminat bisa mendaftar dengan menyesuaikan syarat yang tertuang dalam Permenhub. Apakah kamu tertarik mencobanya?

2. Asuransi Mobil Listrik

Prediksi Tren Bisnis 2023 yang Bakal Diminati Konsumen
(Foto mobil listrik. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Menurut data Vehicle Type Approval, Saat ini, sudah ada 21.987 unit kendaraan listrik yang lalu lalang di tanah air dan akan terus bertambah.

Semakin bertambahnya pengguna mobil listrik, maka kebutuhan akan produk asuransi kendaraan listrik diprediksi juga akan ikut meningkat.

Menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), premi asuransi kendaraan bermotor mencapai Rp 13,04 triliun pada kuartal III 2022. 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 19,4% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Diperkirakan, peminat asuransi kendaraan listrik juga akan ikut meningkat seiring bertambahnya pengguna mobil listrik di Indonesia. Peluang ini menjadi tren bisnis 2023 yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: 10 Cara Daftar Airbnb, Buka Usaha Sewa Properti Dari Rumah!

3. Konsultan Keuangan dan Investasi

Sepanjang tahun 2022, dunia bisnis dan perekonomian terguncang hebat akibat inflasi dan resesi. Tak hanya itu, biaya suku bunga yang meningkat juga cukup menyulitkan masyarakat dan pelaku usaha.

Guna mengatasi hal tersebut, banyak orang yang mendorong perilaku hidup sederhana dan efisien untuk menggunakan dana yang ada dengan sehemat mungkin.

Namun, tak mudah membuat perencanaan keuangan yang akurat. Oleh karenanya, kehadiran konsultan keuangan dan investasi tampaknya akan semakin dibutuhkan.

Terlebih lagi, tak sedikit pula masyarakat yang ragu membeli properti seperti rumah KPR karena adanya kabar bahwa biaya cicilan akan meningkat.

Jika kamu memiliki latar belakang yang kuat dalam bidang keuangan dan investasi, melalui prosedur tertentu, kamu bisa menawarkan jasa sebagai konsultan. Peluang tren bisnis 2023 ini layak kamu coba.

4. Transformasi Digital

Prediksi Tren Bisnis 2023 yang Bakal Diminati Konsumen
(Foto media sosial. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Pasca pandemi, kebutuhan akan digitalisasi semakin dirasakan oleh banyak orang. Bagi bisnis dan UMKM, transformasi digital sangat penting untuk mengembangkan bisnis.

Perlu diketahui, transformasi digital mencakup banyak bidang. Termasuk pemanfaatan media sosial, pembuatan website, penggunaan e-commerce, dan penerapan teknologi dan internet lainnya dalam kegiatan bisnis.

Artinya, kebutuhan akan jasa pihak ketiga yang dapat membantu menangani transformasi digital juga akan semakin tinggi.

Sebagai contoh, jasa social media management, digital agency, web developer, data center, dan sebagainya.

Keterampilan dalam dunia digital akan menjadi keuntungan bagi kamu yang ingin menjajal bisnis ini.

Baca Juga: Kamu Freelancer Online? Ini 12 Website untuk Kelola Bisnis

5. Bisnis Berkelanjutan

Prediksi tren bisnis 2023 yang terakhir datang dari bisnis berkelanjutan. Kini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya melestarikan lingkungan dan alam.

Hal tersebut terlihat dari berkurangnya penggunaan sedotan plastik dan semakin banyak masyarakat yang membiasakan diri untuk membawa alat makan sendiri.

Melihat kondisi tersebut, peluang bisnis berkelanjutan tampaknya semakin menjanjikan.

Ada banyak contoh bisnis berkelanjutan yang bisa kamu coba, mulai dari bisnis sayuran organik, bisnis ekowisata, menjual tas belanja, kerajinan tangan daur ulang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, konsep bisnis berkelanjutan juga bisa kamu terapkan dalam usaha yang sudah ada. Misalnya, mengurangi penggunaan kemasan plastik dan menerapkan prinsip zero waste.

Itulah beberapa prediksi tren bisnis 2023 yang bakal booming dan diminati oleh konsumen. Tertarik mencobanya?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X