Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal yang Perlu Kamu Ketahui

Share this Post

Table of Contents

Melirik bisnis lapangan futsal sebagai ladang cuan baru?

Futsal merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati oleh para pemuda. Itu sebabnya, kondisi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Bisnis lapangan futsal memang relatif memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, dengan animo masyarakat yang tinggi terhadap olahraga yang satu ini, kemungkinan besar kamu bisa balik modal.

Sekarang ini, bisnis lapangan futsal makin banyak digeluti karena menjanjikan keuntungan yang besar. Kamu bisa menargetkan para karyawan yang sibuk bekerja atau pemuda yang rutin melakukan olahraga tersebut.

Dilansir dari Sport Business, olahraga merupakan salah satu bisnis global yang tepercaya dan terbukti dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Oleh karena itu, meskipun biaya modal di awal cukup mahal, bisnis ini berpotensi mendatangkan keuntungan karena relatif mudah diurus.

Jadi, sampai sejauh ini dapat dikatakan bisnis lapangan futsal mudah diurus dan sangat mungkin memberi keuntungan yang besar.

Baca Juga: Peluang Bisnis Jersey Olahraga dan 3 Jenisnya yang Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Lapangan Futsal

bisnis lapangan futsal
Foto: Sekelompok Orang Bermain Futsal (pixabay.com)

Dalam menjalankan bisnis lapangan futsal kamu membutuhkan beragam persiapan yang matang dan strategi supaya tidak menemukan kendala.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam memulai bisnis lapangan futsal, yaitu:

1. Survei Lokasi yang Strategis

Tempat lapangan futsal akan dibangun menjadi faktor yang sangat menentukan kesuksesan usaha ini. Apabila lapangan futsal jauh dari keramaian dan sulit dijangkau, bisnis ini bisa rawan sepi. Nantinya bisnis futsal kamu akan lesu dan memiliki sedikit penyewa.

Sebaliknya, lapangan futsal yang berada di daerah strategis, biasanya lebih ramai penyewa. Misalnya, berada di daerah dekat jalan raya, sekitar kampus, dekat permukiman padat penduduk, dan sekitar pusat perkantoran.

Penyewaan lapangan futsal di desa bisa dibilang menjanjikan juga. Terlebih lebih sedikit pesaingnya. Sedangkan di kawasan perkotaan bisnis ini sudah banyak. Posisi bisnis di pedesaan bisa dibilang lebih menjanjikan karena jumlah penduduk desa pun sudah sangat besar.

2. Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan Lokasi

Selain strategis, kamu harus memerhatikan kenyamanan lokasi. Buatlah lapangan futsal di lahan yang cukup luas. Kamu bisa membangun beberapa lapangan futsal dan menyediakan lahan parkir serta kantin.

Selain itu, pastikan lapangan futsal yang kamu bangun sesuai dengan standar. Ukuran lapangan futsal idealnya memiliki panjang 25 meter sampai 45 meter. Sedangkan untuk lebar 15 meter sampai 25 meter.

Kamu bisa menjalankan bisnis lapangan futsal di kota ataupun di desa karena keduanya berpotensi untung besar.

Di pedesaan, dapat dikatakan berpotensi besar karena sekarang lapangan gratis untuk bermain sepak bola sudah mulai mengikis.

Selain itu, kamu harus memastikan bahwa lokasi usaha tersebut mempunyai tingkat keamanan yang baik. Keamanan adalah bagian dari pelayanan terbaik dan prima yang harus diberikan oleh bisnis penyewaan lapangan futsal terkini.

3 Sirkulasi Udara Lapangan Futsal yang Baik

Apabila kamu ingin memulai bisnis lapangan futsal secara outdoor, pastikan sistem sirkulasi udara sudah berjalan baik.

Jika yang dipilih adalah lapangan futsal indoor, maka kamu harus bisa memastikan sirkulasi udara yang baik dalam gedung olahraga.

Hal ini membuat para konsumen nyaman dan tidak terlalu sesak dalam futsal di gedung tersebut. Untuk bisa mensiasati kenyamanan tersebut kamu bisa menyediakan ventilasi udara yang memadai dalam gedung olahraga.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis Kesehatan yang Bisa Dilakukan secara Online

4. Sediakan Fasilitas Pelengkap

Untuk menunjang kebutuhan para pelanggan atau penyewa, kamu bisa menyediakan semacam ruang tunggu.

Selain itu, sediakan pula kantin yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman untuk Pelepas dahaga. Hal ini bisa memuaskan para penyewa serta memberi penghasil tambahan buat kamu.

5. Modal Bisnis Lapangan Futsal

Biaya pembuatan lapangan futsal bisa saja beragam tergantung skema bisnis dan fasilitas yang disediakan. Ada beberapa tipe lapangan futsal yang bisa kamu pilih, seperti lapangan futsal semi indoor, outdoor dengan plesteran, dan matras atau lain sebagainya.

Berikut adalaha contoh rincian biaya modal usaha bisnis lapangan futsal yang bisa digunakan oleh kamu untuk mengira-ngira modal yang diperlukan:

  • Biaya konstruksi tiang baja Rp150-200 juta.
  • Biaya rumput futsal sintetis  Rp50-55 juta.
  • Biaya pembangunan pondasi dan lantai Rp100-110 juta.
  • Biaya jaring, lampu dan bola Rp10-15 juta.

Dari perhitungan kasar tersebut kamu bisa lihat bahwa modal awal yang diperlukan kurang lebih berada di angka 300 juta.

Perhitungan ini pun masih didasarkan pada asumsi bahwa kamu mendirikan usaha di lahan milik kam sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Pop Up Store

Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

bisnis lapangan futsal
Foto: Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal (pixabay.com)

Peluang bisnis lapangan futsal berpotensi memberi keuntungan dalam jumlah besar secara cepat untuk sekarang ini. Hal ini tak terlepas taget pasar yang benar-benar luas mulai dari mahasiswa, pelajar, dan karyawan.

Untuk para pekerja kantoran, mereka sengaja menyempatkan diri berolahraga dengan rekan kerja seperti dengan bermain futsal.

Sedangkan, para pelajar dan mahasiswa yang sibuk belajar di sekolah atau kampus selalu menyempatkan diri untuk bermain futsal.

Selain itu, futsal dapat dikatakan merupakan olahraga tren sehingga membuat peluang bisnis lapangan futsal sangat menjanjikan. Kamu tidak bisa melewatkan begitu saja peluang bisnis ini.

Walaupun memang modal awal untuk bisnis lapangan futsal butuh biaya yang tidak sedikit, bisnis lapangan futsal tetap worth it dijalankan.

Berikut beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dalam menjlankan bisnis lapangan futsal.

1. Pengelolaan yang Mudah

Bisnis lapangan futsal memang membutuhkan biaya yang relatif besar. Namun pada saat usaha lapangan futsal sudah berdiri, kamu akan mudah mengelolanya karena jarang sekali ada perawatan khusus yang diperlukan.

Kemudahan tersebut bertambah apabila kamu bisa pempekerjakan tenaga karyawan bagian pencatatan dan kebersihan di gedung lapangan futsal.

Semakin mudah pengelolaannya semakin menguntungkan bisnis lapangan futsal yang kamu jalankan.

2. Pasar yang Sangat Besar

Futsal telah menjadi salah satu jenis olahraga yang disukai oleh banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak sampai kepada orang dewasa.

Sekarang ini, futsal telah menjadi olahraga yang diminati untuk membuat banyak orang sehat dan tampil bugar sekaligus sebagai wadah bersosialisasi seseorang dengan rekan-rekannya.

3. Keuntungan Finansial yang Besar

Bisnis lapangan futsal menjanjikan keuntungan yang tinggi. Hal ini karena lapangan futsal dapat membuat bisnis turunan lainnya.

Di samping membuka usaha sewa lapangan futsal, kamu bisa mendirikan jenis usaha lain yang masih berhubungan di dalamnya yang juga menguntungkan seperti kantin atau bahkan kafe.

Kamu juga dapat mendirikan usaha peralatan futsal dan sepak bola, atau berjualan jersey dan kaos sepak bola. Hal yang sangat menjanjikan bukan?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Ayam Petelur, Banyak Untungnya!

Demikian beberapa informasi mengenai bisnis lapangan futsal. Terdapat banyak keuntungan dan cara untuk menjalankan bisnis lapangan futsal supaya bisa berjalan baik.

Semoga artikel ini bisa memberi kamu gambaran besar dan memotivasi bagi kamu yang benar-benar berkeinginan untuk membuka bisnis lapangan futsal.

Kamu harus bisa cermat memerhatikan soal-soal yang penting diperhatikan dan mengatur strategi bisnis dengan sebaik mungkin.