10 Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru, Bisa Raup Cuan!

Share this Post

ide bisnis natal dan tahun baru
Table of Contents

Beberapa ide bisnis natal dan tahun baru ini bisa membuatmu panen cuan di akhir tahun. Penasaran? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Menjelang natal dan tahun baru, ada banyak orang yang menantikan momentum ini sejak lama. Sebagian diantaranya bahkan ada yang sudah menabung cuti dan uang sejak awal tahun.

Pasalnya, momen akhir tahun ini memang seringkali diisi dengan liburan atau berkumpul bersama orang-orang terkasih.

Menariknya, momentum tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis musiman. Sebab, acara natal dan tahun baru kerap kali diisi dengan kegiatan tukar kado, makan-makan, hingga berlibur bersama keluarga.

Artinya, ada banyak ide bisnis yang bisa kamu coba dengan memanfaatkan kegiatan natal dan tahun baru.

Meskipun bersifat musiman, ide bisnis ini bisa meraup banyak cuan jika dilakukan dengan tepat. Berikut ini ide bisnis natal dan tahun baru yang patut kamu coba!

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Trending Tahun 2022 yang Bisa Hasilkan Cuan!

Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru

ide bisnis natal dan tahun baru
(Foto ide bisnis natal dan tahun baru. Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa ide bisnis natal dan tahun baru yang patut untuk dicoba!

1. Menjual Aksesoris Natal dan Tahun Baru

Ide bisnis pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menjual aksesoris natal dan tahun baru. Ada berbagai pernak-pernik yang bisa kamu jual, seperti terompet, lampu hias, dekorasi natal, topi natal, hingga pohon natal.

Selain itu, kamu juga bisa menjual perlengkapan DIY untuk membuat kado seperti kertas kado, bunga imitasi, pita natal, dan sebagainya. Aksesoris ini akan banyak dicari sebagai pelengkap keceriaan natal.

2. Hampers Natal dan Tahun Baru

Banyak orang yang ingin memberikan hadiah untuk orang-orang terkasih. Namun, tak sedikit orang yang tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan hadiah tersebut.

Alih-alih membeli dan membungkus kado, sebagian lebih memilih membeli hampers yang sudah jadi dan siap diberikan untuk orang tersayang. Melihat peluang ini, kamu bisa membuka usaha hampers natal dan tahun baru.

Cobalah hadirkan beberapa paket hampers yang berisi berbagai hadiah, mulai dari hampers pria, wanita, hingga anak-anak. Kamu juga bisa memberikan pilihan kustom kartu ucapan agar lebih menarik.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Bisnis Chicken Katsu Untuk Pemula

3. Jual Kembang Api

10 Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru, Bisa Raup Cuan!
(Foto kembang api. Sumber: Freepik.com)

Termasuk bisnis musiman, namun ide bisnis natal dan tahun baru ini sangat menarik untuk dicoba. Permintaan kembang api semakin tinggi pada perayaan natal dan tahun baru.

Namun, bisnis kembang api perlu mengantongi izin dari aparat kepolisian. Biar bagaimana pun, kembang api terbuat dari bahan kimia yang mudah terbakar dan memiliki potensi mencelakai orang lain.

Ada banyak kasus kecelakaan kembang api akibat prosedur dan izin yang tidak lengkap.

Demi keamanan, ada persyaratan yang harus dipenuhi penjual kembang api. Salah satunya adalah panjang kembang api tak boleh lebih dari 2 inci.

4. Alat Pemanggang dan BBQ

Malam natal dan tahun baru kerap kali diisi dengan acara makan-makan. Mulai dari acara BBQ, bakar jagung, hingga grill. Nah, untuk mempersiapkannya, banyak orang yang membutuhkan alat pemanggang, arang, dan peralatan makan lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual aneka peralatan masak, panggangan, arang, hingga aksesoris makan lainnya. Biasanya, peralatan tersebut banyak dicari oleh keluarga atau rombongan besar.

Baca Juga: Menjanjikan! Ini Peluang dan Tips Bisnis Kartu Ucapan

5. Jajanan Khas Tahun Baru

Selain menjual alat masak dan alat makan, kamu juga bisa menjual jajanan khas tahun baru. Misalnya, jagung manis untuk dibakar, sosis bakar, donat, bola kentang, pizza, popcorn, dan sebagainya.

Aneka jajanan ini seringkali menjadi buruan saat malam natal dan tahun baru. Pasalnya, momentum bersama orang terdekat memang kurang lengkap tanpa adanya jajanan yang nikmat.

6. Usaha Catering

10 Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru, Bisa Raup Cuan!
(Foto catering makanan. Sumber: Freepik.com)

Tidak semua orang mempunyai cukup waktu untuk menyiapkan makanan dalam acara natal dan tahun baru. Sebagian diantaranya lebih memilih memesan makanan ketimbang memasaknya sendiri.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha catering makanan spesial natal dan tahun baru. Menu makanan juga dapat kamu sesuaikan dengan kudapan khas nataru atau berdasarkan permintaan pelanggan.

7. Rental Kendaraan

Banyak orang yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama teman atau keluarga. Namun, keberadaan sarana transportasi sering menjadi kendala.

Oleh karenanya, membuka bisnis rental kendaraan bisa sangat menjanjikan. Jika kamu memiliki mobil atau minibus yang “nganggur” saat tahun baru nanti, mengapa tidak mencoba menyewakannya?

8. Penyewaan Homestay atau Villa

Daerah Puncak, Bogor, selalu menjadi tujuan utama bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya saat tahun baru tiba. Ada banyak villa dan akomodasi yang disewakan disana.

Jika kamu memiliki properti di kawasan wisata seperti daerah Puncak, mengapa tidak menyewakannya saat nataru nanti?

Permintaan sewa villa saat libur nataru selalu meningkat. Biasanya, penyewa villa ini datang dari rombongan keluarga besar atau acara kantor.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Ayam Bakar, Bisa Langsung Cuan!

9. Sewa Kamera

10 Ide Bisnis Natal dan Tahun Baru, Bisa Raup Cuan!
(Foto sewa kamera. Sumber: Freepik.com)

Banyak orang ingin mengabadikan momen spesial natal dan tahun baru. Namun, tidak semua memiliki kamera yang mumpuni. Peluang ini bisa jadi ide bisnis natal dan tahun baru yang menjanjikan.

Kamu bisa menyewakan kamera milikmu saat liburan nataru nanti. Dengan berbagai kesepakatan dan sistem sewa, kamu bisa memetik hasil maksimal.

10. Open Trip

Jika kamu tinggal di kawasan wisata atau memiliki wawasan yang luas terhadap suatu destinasi, mengapa tidak menawarkan jasa open trip wisata?

Sebagai contoh, kamu bisa membuka open trip di Bandung, Bogor, atau kota lain yang terkenal sebagai daerah tujuan wisata saat nataru. Dengan membuka open trip, kamu akan berperan sebagai tour leader yang mempersiapkan semua kebutuhan peserta.

Itulah deretan ide bisnis natal dan tahun baru yang menarik untuk dicoba. Yuk, raup cuan di akhir tahun!