5 Ide Desain Menu Makanan yang Dapat Meningkatkan Profit Bisnis

Share this Post

desain menu makanan
Table of Contents

Kamu butuh rekomendasi desain menu makanan? Kamu bisa simak rekomendasinya di bawah ini!

Jika kamu mengunjungi sebuah restoran atau kafe, hal pertama yang akan kamu cari adalah daftar menu makanan yang disajikan tempat tersebut.

Selanjutnya kamu akan disibukkan dengan memilih daftar makanan atau minuman. Tanpa kamu sadari, desain menu makanan yang kamu pegang sangat memengaruhi kamu untuk memilih menu makan dan minum itu sendiri.

Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Jual Makanan Gluten Free untuk Gaya Hidup Sehat

Peran Warna Terhadap Selera Makan

desain menu makanan
Foto: Unsplash.com

Visual sangat erat kaitannya dengan psikologis seseorang, terutama yang berkaitan dengan warna. Ini karena warna tujuannya untuk mengidentifikasi makanan itu sendiri.

Dari sejak dilahirkan, manusia akan mengasosiasikan warna-warna tertentu dengan makanan. Misalnya, saat melihat warna orange, kamu akan terasosiasi terhadap wortel atau pepaya.

Contoh lain, ketika melihat warna merah, pasti kamu akan teringat langsung kepada strawberry atau makanan-makanan pedas.

Warna yang paling umum digunakan dalam bisnis makanan adalah warna hijau. Hal ini dikarenakan warna tersebubtberkaitan dengan kesegaran dan mewakili makanan-makanan sehat yang penuh serat.

Hal tersebut disebabkan karena otak akan merespon warna dan memunculkan hasrat makanan. Ini yang menyebabkan ketika makanan yang dipesan tiba dan rasanya tidak sesuai harapan, banyak dari kita yang kecewa.

Kekecewaan tersebut muncul akibat ekspektasi yang berbenturan dengan realita. Namun dalam konteks bisnis, pelanggan yang tergerak membeli merupakan tujuan utama. Ini karena soal rasa dalam makanan sangat kompleks disebabkan hal ini berkaitan dengan selera.

Desain Menu Makan Meningkatkan Profit Bisnis

desain menu makanan
Foto: Unsplash.com

Dilansir dari Graphicmama, visual memainkan peran penting dalam bisnis, terutama dalam urusan branding untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait brand dari sebuah bisnis itu sendiri.

Dalam konteks bisnis makanan, visual bisa dimainkan dalam beberapa desain, yang paling penting diimplementasikan dalam desain menu makanan.

Karena pengaruh visual sangat besar dalam menggerakkan hati dan pikiran manusia, menerapkan visual dan desain yang baik pada menu makan dapat membuat pembeli tertarik untuk membeli.

Ini menjadi penyebab bagaimana desain menu makan memegang peran penting. Bahkan, banyak pebisnis yang rela melakukan riset dengan mengunjungi berbagai kafe dan tempat makan untuk mendapatkan rekomendasi desain yang baik.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Online Untuk Berbisnis, Menarik!

Rekomendasi Ide Desain Menu Makanan

desain menu makanan
Foto: Freepik.com

Setelah kamu mengetahui peran penting sebuah desain dan visual dalam sebuah bisnis, tentu kamu yang menjalankan bisnis makanan tertarik untuk mengimplementasikannya. Nah, berikut ini akan dibahas beberapa inspirasi desain menu yang bisa kamu gunakan.

Lantas apa saja sih ide desain menu makanan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan profit bisnis?

1. Desain Menu Fast Food

Makanan cepat saji atau fast food merupakan salah satu pilihan banyak banyak pebisnis untuk menjalankan usaha, pasalnya banyak masyarakat yang menyukai jenis makanan tersebut.

Selain mengenyangkan, fast food juga praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memakannya. Terutama para kelas pekerja, sangat menyukai makanan ini.

Dalam menjalankan usaha makanan, kamu bisa memanfaatkan ide desain menu makanan ala fast food untuk bisnismu. Menu makanan fast food biasanya dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda.

Misalkan menu pizza, burger dan sandwich. Ketiga makanan di atas merupakan primadona dalam makanan capat saji atau fast food. Kamu bisa membagi desain menu makanan dengan kategori setiap jenis makanan.

Kemudian, terakhir kamu bisa menyisipkan gambar menarik untuk bonus seperti free drink di bagian pojok menu makanan. Hal ini bertujuan agar pembeli sadar terkait bonus yang ditawarkan.

2. Desain Menu Restoran

Untuk mendapatkan referensi desain menu makanan, kamu bisa mengunjungi beberapa restoran yang ingin kamu ketahui desain menu makanannya.

Kamu bisa mencoba beberapa menu andalannya dan melakukan riset. Kamu bisa melakukan dua kali riset sekaligus. Pertama, tentu saja riset terkait desain menu makanan. Kedua, riset terkait kualitas menu makan.

Untuk terus mendapatkan pembaharuan bagi bisnis makananmu, riset-riset seperti ini penting untuk dilakukan. Tentunya, ini sangat efektif dalam memberikan ide-ide segar untuk diterapkan pada bisnismu.

Biasanya, desain menu makanan di resetoran di bagi ke dalam beberapa kategori dan jenis-jenis makanannya. Misalnya, kategori camilan, makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup.

Selain itu juga, restoran memiliki desain menu makanan yang khusus untuk minuman. Mereka akan menggunakan desain menu makanan yang efisien.

Dalam satu lembar menu makan, bagian depan akan berisi daftar makanan sementara bagian belakang berisi menu minuman

3. Desain Menu Coffee Shop

desain menu makanan
Foto: Unsplash.com

Ide desain menu makanan selanjutnya yang bisa jadi inspirasi kamu yaitu menu makan coffee shop. Berbeda dengan desain restoran, menu makan di coffe shop lebih sederhana.

Hal ini dikarenakan menu makan yang tawarkan di coffee shop tidak begitu banyak, dan fokus utamanya terletak di menu minuman, terutama kopi.

Biasanya kategori menu di coffee shop dibagi menjadi tiga jenis, pertama daftar minuman yang berkaitan dengan kopi, daftar minuman non-kopi dan daftar camilan untuk menemani minuman.

Kamu yang menjalankan coffe shop atau menjalankan cafe, bisa mengikuti desain menu ini. Kamu bisa berkreasi dengan eksperimen bentuk huruf dan warna dan gambar-gambar yang dimasukkan. Paling penting adalah kategorisasi menu itu sendiri.

4. Desain Menu Toko Kue

Toko kue memang tidak seramai restoran atau coffee shop, karena menu yang ditawarkan hanya kue saja. Namun, bukan berarti tidak ada kategorisasi.

Kamu bisa membagi kategori menu kue menjadi dua, pertama kue basah dikukus dan kedua adalah menu kue kering yang dibakar atau dioven.

Ditambah lagi, kamu bisa membedakan kategori khusus untuk menu kue yang menjadi andalan. Selanjutnya, kamu bisa menghiasi menu dengan aneka ragam ilustrasi kue.

Mulai dari gambar bahan-bahan, hingga peralatan membuat kue. Jangan lupa komposisi desain itu sendiri. Agar lebih baik, kamu bisa membuatnya dengan konsultasi dengan ahli desain agar lebih pas komposisinya.

5. Desain Menu Makanan Sehat

Ide desain menu makanan terakhir adalah untuk menu makanan sehat. Dewasa ini, banyak masyarakat yang telah sadar akan kesehatan dan mulai memilih-milih makanan.

Hal tersebut memicu munculnya banyak rumah makan yang menawarkan menu makan sehat. Ditambah lagi, trend diet di kalangan masyarakat kelas menengah ke atas sangat tinggi, hingga restoran yang menawarkan menu makan sehat semakin banyak.

Desain di atas merupakan rekomendasi desain menu makanan sehat yang bisa jadi inspirasimu. Kamu bisa menggunakan warna-warna menarik, terutama warna yang berkaitan dengan makanan-makanan sehat. Misalnya, warna wortel, tomat dan sayuran atau buah-buahan lainnya.

Baca Juga: Food and Beverages Adalah Industri Penyajian Makanan dan Minuman kepada Pelanggan

Nah, itulah daftar ide desain menu makanan yang bisa jadi referensi bagi kamu yang tengah mencari ide desain untuk menu makanan bisnismu.

Semoga desain di atas bisa jadi pemantik untuk memunculkan ide-ide brilan bagi desain bisnis yang kamu jalankan.