10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!

Share this Post

bisnis saat piala dunia
Table of Contents

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung dari tanggal 20 November – 18 Desember 2022. Memulai bisnis saat piala dunia rupanya sangat menjanjikan, lho!

Tidak ada satu pun kompetisi sepak bola di dunia yang dapat dibandingkan dengan piala dunia. Kompetisi sepak bola terbesar sejagat ini selalu memiliki daya tarik yang luar biasa.

Sekilas tentang sejarah piala dunia, ajang kompetisi sepak bola ini pertama kali dimainkan pada tahun 1930 di Uruguay. Sejak itu, piala dunia rutin diadakan setiap 4 tahun sekali meskipun sempat tertunda akibat perang.

Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Tak hanya dari sisi olahraga dan hiburan, namun juga dari segi bisnis. Banyak perusahaan yang memasang iklan dan kampanye bertemakan piala dunia untuk mendongkrak penjualannya.

Tak hanya itu, untuk meramaikan pesta sepak bola terbesar sejagat ini, kamu juga bisa menajajal beberapa ide bisnis saat piala dunia yang sangat menjanjikan.

Ingin tahu apa saja ide bisnis bertema piala dunia yang bisa dicoba? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 4 Stasiun TV Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2022 Qatar

Ide Bisnis Saat Piala Dunia Paling Menjanjikan

bisnis saat piala dunia
(Foto nobar piala dunia. Sumber: Freepik.com)

Momentum piala dunia sayang untuk dilewatkan. Euforia pesta sepak bola ini bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk dan layanan bertemakan piala dunia. Berikut ide bisnis yang bisa kamu coba!

1. Menggelar Acara Nobar

Ide bisnis saat piala dunia yang pertama adalah menggelar acara nobal alias nonton bareng pertandingan piala dunia.

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap perhelatan sepak bola bergengsi selalu diwarnai dengan kegiatan nobar, baik bersama tetangga sekitar, teman kantor, hingga masyarakat umum.

Menariknya, kamu bisa memperoleh cuan dari acara nobar ini. Kebanyakan orang rela membayar lebih agar bisa mengikuti acara nobar. Pasalnya, nobar piala dunia memiliki sensasi yang lebih seru dan menyenangkan.

Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati. Sebab, acara nobar ini termasuk dalam pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual dan terancam denda maksimal Rp 1 miliar jika tidak memiliki izin.

Oleh karenanya, kamu perlu memiliki izin dari pemegang hak siar yang dalam hal ini diteruskan kepada PT Indonesia Entertainment Grup sebagai mitra resmi kegiatan nonton bareng piala dunia.

2. Jual Jersey Piala Dunia

10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!
(Foto jersey bola. Sumber: Freepik.com)

Ide bisnis saat piala dunia yang bisa kamu coba selanjutnya adalah menjual jersey. Menonton bola tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan atribut tim jagoan kamu.

Oleh karenanya, jersey tim piala dunia selalu laris manis selama gelaran tersebut berlangsung. Terlebih lagi, jersey tim yang tampil di piala dunia merupakan yang teranyar keluaran apparel ternama.

Kamu bisa menjual jersey dalam bentuk polosan, custom, hingga menjadi reseller dari supplier resminya.

Baca Juga: 7 Sponsor Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Produsen Mobil Listrik

3. Jual Merchandise

Menjual aneka merchandise merupakan ide bisnis saat piala dunia yang sangat menjanjikan. Pasalnya, banyak penggemar sepak bola yang gemar mengoleksi merchandise piala dunia yang hanya berlangsung 4 tahun sekali ini.

Beberapa produk yang bisa kamu jual seperti gantungan kunci, pin, note book, pulpen, tote bag, botol minum custom, dan lain-lain. Kamu bisa memproduksi sendiri dengan cara mencetak aneka produk tersebut di konveksi atau bertindak sebagai reseller.

4. Sewa Lapangan Bola

10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!
(Foto lapangan bola. Sumber: Freepik.com)

Jika kamu memiliki lahan yang luas, datar, dan lokasi yang strategis, kamu bisa memanfaatkannya untuk memulai usaha sewa lapangan. Bisnis saat piala dunia ini tentu tak hanya ramai selama gelaran sepak bola sedunia saja.

Namun, selama gelaran piala dunia, biasanya ada banyak orang yang mengadakan turnamen kecil-kecilan, laga persahabatan, atau sekedar fun match untuk merayakan euforia piala dunia.

Harga sewa lapangan per jam biasanya mulai dari Rp50 ribu sampai Rp 00 ribuan. Dalam sehari, kamu bisa memperoleh omzet yang cukup menggiurkan.

5. Jual Tote Bag Custom

Menjual tote bag bisa sangat menjanjikan selama gelaran piala dunia. Tote bag atau tas jinjing berbahan kanvas ini bukanlah barang yang sulit didapat. Kamu bisa membeli tote bag polosan dan menyablonnya sendiri di percetakan atau konveksi.

Menariknya, bisnis saat piala dunia ini bisa kamu jalankan dengan sistem pre-order. Artinya, kamu baru menyablon dan mengeluarkan biaya produksi ketika ada pesanan masuk saja.

Dengan begitu, bisnis ini tentu bisa mengefisiensi biaya produksi untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga: 20 Klub Bola Terkaya di Dunia, Ada Dari Indonesia?

6. Hampers Piala Dunia

10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!
(Foto hampers piala dunia. Sumber: Freepik.com)

Momentum piala dunia tahun ini berbarengan dengan momentum akhir tahun, Natal dan Tahun Baru, serta momen wisuda. Tak sedikit juga teman-temanmu yang berulang tahun dan menikah pada akhir tahun ini.

Gelaran piala dunia bisa jadi peluang yang menarik untuk memulai bisnis hampers edisi khusus piala dunia.

Ada berbagai barang yang bisa kamu masukan dalam satu paket hadiah atau hampers piala dunia, mulai dari botol minum, topi, kaos kaki, masker, hand sanitizer, hingga kartu ucapan kustom.

Kamu juga bisa mengemas paket hampers dengan desain atau bungkusan bertemakan sepak bola atau negara tertentu peserta piala dunia. Menarik bukan?

7. Jual Patch

Momentum piala dunia bisa dimanfaatkan untuk menjual produk receh, namun keuntungannya tak recehan. Patch merupakan produk sederhana yang dibordir mengikuti karakter tententu.

Pada bagian belakang patch, dilapisi sejenis lem khusus yang akan langsung melekat pada kain ketika disetrika. Selain itu, ada juga patch yang harus dijahit secara manual di atas kain untuk pemasangannya.

Jika kamu mempunyai mesin jahit di rumah, kamu bisa mencoba bisnis saat piala dunia yang satu ini. Kamu bisa mendesain dan membuat patch edisi khusus piala dunia yang unik dan menarik.

Baca Juga: Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?

8. Menjual Masker Kain

10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!
(Foto masker kain. Sumber: Freepik.com)

Ide bisnis saat piala dunia yang masih terus dibutuhkan adalah masker. Kamu bisa membuat masker kain sendiri menggunakan mesin jahit rumahan maupun menitipkannya di konveksi.

Masker kain juga bisa dibentuk dengan empat lapisan sehingga memenuhi protokol kesehatan. Menariknya, masker kain yang bisa dicuci berkali-kali ini sangat cocok untuk dijadikan produk kustom.

Kamu bisa menggunakan kain sablonan piala dunia di lapisan terluarnya maupun memberikan sedikit bordiran khusus edisi piala dunia.

9. Bisnis Digital

Bisnis digital artinya kamu menjual produk non fisik yang hanya bisa dinikmati secara visal atau audio saja. Beberapa produk digital yang banyak dibeli adalah desain poster, desain feeds Instagram, desain logo, dan bentuk grafis lain.

Kamu bisa membuat poster ada karya grafis bertemakan piala dunia, misalnya menciptakan karakter kartun atau animasi sendiri.

Biasanya, karakter-karakter khusus tersebut seringkali dibeli oleh brand untuk kepentingan media promosi mereka. Harga lisensi produk digital juga sangat menjanjikan.

Baca Juga: Raffi Ahmad Juara di Tiba-Tiba Tenis, Ini Deretan Bisnisnya!

10. Manfaatkan Kampanye Piala Dunia

Jika saat ini kamu sedang memiliki bisnis saat piala dunia, kamu bisa memanfaatkan momentumnya tanpa perlu memaksakan bisnismu menjual produk lain.

Kebanyakan brand akan memanfaatkan euforia piala dunia untuk membuat materi promosi hingga strategi diskon. Biasanya, ada diskon khusus yang diberikan menyambut piala dunia.

Selain memberikan diskon, membuat desain materi promosi bertemakan piala dunia juga mampu menarik perhatian. Terlebih lagi jika kamu membagikan fakta-fakta menarik yang masih berkaitan dengan produkmu.

Itulah deretan bisnis saat piala dunia yang menjanjikan. Apakah kamu tertarik mencobanya?