5 Ide Bisnis Kerajinan dari Botol Bekas, Tertarik Mencoba?

Share this Post

kerajinan dari botol bekas
Table of Contents

Kerajinan tangan bisa disulap menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, salah satunya kerajinan dari botol bekas. Bisa dibuat apa saja ya?

Sampah botol bekas, baik yang terbuat dari kaca maupun plastik merupakan ancaman utama kerusakan lingkungan.

Pasalnya, kedua jenis limbah tersebut sangat sulit terurai dan berpotensi mencemari lingkungan dan makhluk hidup di dalamnya.

Botol plastik menjadi jenis limbah yang paling berbahaya dibandingkan botol kaca. Sebab, pada dasarnya limbah kaca dapat didaur ulang menjadi botol baru dengan cara dilelehkan dengan tanpa mengurangi kualitasnya.

Bahkan, daur ulang kaca membutuhkan energi yang lebih sedikit daripada membuat kaca baru. Menariknya, kaca termasuk bahan yang dapat didaur ulang berkali-kali.

Berbeda dengan botol platik yang sangat sulit terurai dan lebih sukar untuk didaur ulang. Apalagi jumlah sampah plastik yang terus bertambah semakin memperburuk kondisi lingkungan.

Baca Juga: 10 Ide Kerajinan Sabun yang Mudah untuk dibuat

Sayangnya, penggunaan botol plastik saat ini memang sulit untuk dihindari. Sebab, banyak produk rumah tangga yang masih menggunakan material plastik untuk kemasannya.

Meski begitu, ternyata kerajinan dari botol bekas dapat dijual dan mendatangkan keuntungan. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Kerajinan dari Botol Bekas Sebagai Upaya Mencintai Lingkungan

kerajinan dari botol bekas
(Foto sampah plastik. Sumber: Freepik.com)

Membuat kerajinan dari botol bekas terutama botol plastik merupakan solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Solusi pencegahan yang pertama kali perlu dilakukan tentu dengan tidak menggunakan botol plastik.

Jika sudah terlanjur digunakan atau menemukan banyak sampah botol bekas, kamu dapat mendaur ulangnya menjadi produk lain yang lebih bernilai. Sebab, sampah plastik itu sendiri memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Dilansir dari Go Green, produksi botol air plastik membutuhkan hingga 17 juta barel minyak setiap tahun. Jumlah minyak ini bahkan bisa dipakai untuk menjalankan satu juta mobil selama setahun penuh. 

Proses produksi botol air memanfaatkan produk minyak bumi polyethylene terephthalate (PET), produk ini membutuhkan bahan bakar fosil dalam jumlah yang sangat besar untuk membuat dan mengangkutnya. 

Selanjutnya, pembuatan botol air membutuhkan tiga kali jumlah air yang dibutuhkan untuk mengisinya. Sejumlah besar air itu menjadi tidak dapat digunakan dan terbuang karena terpapar bahan kimia selama proses produksi. 

Selain itu, ketika membandingkan energi yang dibutuhkan untuk memproduksi sebotol air dengan energi yang dibutuhkan untuk air keran, botol membutuhkan energi hingga 2000 kali lebih banyak. 

Ketika kamu melihat berapa banyak botol yang diproduksi, energi sebanyak itu mungkin dapat memberi daya hingga 190.000 rumah. 

Untuk memberikan gambaran yang jelas dan sederhana tentang berapa banyak sumber daya yang terbuang untuk membuat botol plastik, bayangkan seperempat volume botol plastik diisi dengan minyak. Itulah berapa banyak bahan bakar fosil yang dibutuhkan untuk memproduksinya.

Ironisnya, banyak botol plastik mengambang di lautan, sungai dan di trotoar. Diperkirakan 46.000 keping sampah plastik mengambang di lautan per mil persegi. 

Plastik ini membunuh hewan, menyebarkan bahan kimia, dan mengganggu ekosistem. Setiap botol dapat memakan waktu hingga seribu tahun untuk terurai, menyebarjan bahan kimia berbahaya selama proses tersebut. 

Beberapa bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kanker dan kecacatan reproduksi. Sayangnya, hanya 12% dari 35 miliar botol yang digunakan dalam satu tahun yang dapat didaur ulang.

Baca Juga: Jenis Kerajinan yang Bisa Dijadikan Sebagai Ide Bisnis

Peluang Kerajinan dari Botol Bekas

5 Ide Bisnis Kerajinan dari Botol Bekas, Tertarik Mencoba?
(Foto sampah botol. Sumber: Freepik.com)

Disebutkan dalam Healthy Human Life, daur ulang merupakan upaya nyata yang dapat dilakukan untuk mengurasi sampah botol bekas. Membuat kerajinan dari botol bekas merupakan upaya daur ulang yang bisa menjadi peluang bisnis.

Berikut aneka kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu buat, persiapkan bahan-bahannya, yuk!

1. Aquarium Ikan

Kerajinan tangan dari botol bekas yang pertama adalah aquarium ikan. Sebenarnya, menjadikan botol bekas sebagai aquarium merupakan kegunaan paling dasar, sebab botol itu sendiri memang merupakan wadah air.

Kamu cukup memotong ½ atau ¼ bagian atas botol plastik, menambahkan beberapa hiasan, dan memasukkan beberapa ikan kecil di dalamnya.

Jika ingin memiliki nilai jual lebih, kamu bisa menggabungkan beberapa botol agar menjadi aquarium yang lebih besar.

2. Vas Bunga

Sama halnya seperi aquarium yang dibuat dari kerajinan dari botol bekas, untuk membuat vas bunga sebenarnya sudah cukup dengan membagi botol menjadi dua bagian.

Untuk membuatnya nampak lebih menarik, kamu bisa melukis bagian luar botol dengan aneka warna menarik, atau melapisinya dengan kertas koran yang sudah dibulatkan.

3. Tempat Pensil

Sama seperti proses membuat vas bunga, kerajinan dari botol bekas menjadi tempat pensil juga dapat dilakukan dengan membelah bagian atas botol. Bedanya, kamu bisa lebih leluasa dalam menghiasnya.

Mislanya, kamu bisa melapisi bagian luar botol dengan kain flanel dan menempelkan hiasan lain. Misalnya, menempelkan aksesoris stiker glitter atau bordiran lainnya.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan, Berani Coba Buat?

4. Celengan

Kerajinan dari botol bekas yang juga bisa dijual adalah membuat celengan. Prosesnya sangat mudah, kamu bisa memelah botol plastik hingga menyisakan bagian tubuh botol.

Selanjutnya, kamu bisa menutup bagian atas botol dengan dus tebal dan membuat lubang untuk memasukan uang. Agar lebih menarik, jangan lupa menghias bagian luarnya ya!

5. Tirai dari Tutup Botol

Tak hanya bagian botolnya saja, tutup botol plastik pun dapat kamu manfaatkan untuk kerjaninan tangan.

Caranya mudah, kamu hanya perlu melubangi sisi samping tutup botol sebagai jalur masuk tali atau benang. Selanjutnya, satukan semua tutup botol menjadi satu bagian yang panjang.

Buatlah beberapa bagian dan satukan hingga membentuk tirai warna warni dari tutup botol plastik.

Keuntungan Bisnis Kerajinan dari Botol Bekas

5 Ide Bisnis Kerajinan dari Botol Bekas, Tertarik Mencoba?
Foto botol plastik. Sumber: Freepik.com

Sebelum membahah keuntungan, tentu sangat menarik untuk mengupas modal awal untuk membuat kerajinan tangan ini.

Sesuai dengan judulnya, kerajinan dari botol bekas menggunakan botol yang sudah tak terpakai. Artinya, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan botol bekas ini.

Namun, kamu mungkin membutuhkan uang untuk membeli hiasan dan perlengkapan lain. Seperti gunting, lem, cat, kuas, kain flanel, stiker, dan sebagainya.

Modal yang kamu keluarkan juga dapat kamu atur sendiri sesuai kebutuhan. Soal keuntungan, tentu kamu sendiri yang dapat menentukannya. Ada baiknya, jual kerajinan dari botol bekas dengan harga terjangkau.

Sebab, hal terpenting dalam bisnis ini adalah menarik simpati pelanggan atas upaya dan ide kreatifmu memanfaatkan barang yang tak terpakai.

Baca Juga: Mau Coba Bisnis Boneka? Cek Dulu 7 Cara Memulainya!

Nah, itulah beberapa ide kerajinan dari botol bekas yang berpotensi menjadi peluang bisnis. Apakah kamu tertarik mencobanya?