12 Software Stok Barang Digital Terbaik Anti Ribet

Share this Post

software stok barang
Table of Contents

Jika kamu mempunyai bisnis yang membutuhkan pencatatan barang, kamu bisa mengunduh software stok barang melalui Google Play Store maupun App Store.

Aplikasi tersebut akan membantu kamu memonitor barang dan mengetahui status barang beserta jumlahnya dengan cepat dan mudah di mana saja selama ada sambungan internet.

Selain itu, software stok barang terbaik ini mampu mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan produksi.

Baca juga: 7 Aplikasi Untuk Bisnis Online, Wajib Kamu Install!

Software Stok Barang Digital Terbaik

software stok barang
Source: Unsplash

Nah, jika kamu membutuhkan software pencatatan stok barang, kamu bisa melihat dan mengetahui fungsi dan fasilitas yang disediakan aplikasi.

Langsung saja, berikut rekomendasi software stok barang yang bisa kamu coba:

1. eStock

Rekomendasi software stok barang pertama adalah Estock yang rilis pada Mei 2019. Aplikasi yang sudah terunduh sebanyak 100 ribu lebih ini memiliki tampilan yang kekinian.

eStock memiliki fitur-fitur yang dapat membantu bisnis kamu, mulai dari mengatur stok barang, menambahkan detail barang, dan QR barcode untuk mengidentifikasi barang dengan lebih cepat.

Kamu bisa mengunduh software pencatatan barang ini melalui Google Play Store atau App Store. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah adanya update berkala dari developer.

2. Household Register

Software stok barang yang bisa kamu andalkan untuk usahamu selanjutnya adalah Household Register. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa kamu unduh melalui laptop atau PC saja dengan requirement tertentu.

Household Register dapat memberikan informasi detail pada barang usahamu serta bisa mengorganisir input inventaris berdasarkan lokasi, pemilik, dan kategori.

Tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur lain, seperti item track category, nomer serial, tanggal pemberian, informasi garansi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Memahami Katalog dan 4 Manfaatnya bagi Bisnis

3. Smart Inventory System

Untuk kamu yang ingin melakukan pencatatan barang secara digital, kamu bisa mencoba aplikasi Smart Inventory System yang telah memiliki fitur berbasis sistem barcode.

Fitur ini dapat mencetak tag harga barang-barang kamu dalam bentuk barcode.

Tidak hanya itu, Ada juga fitur untuk melakukan perubahan jumlah barang atau memeriksa stok barang dengan cepat serta efisien dan dapat membuat katalog yang berisikan informasi detail tentang suatu barang.

4. Inventory Keeper

Inventory Keeper bisa kamu manfaatkan untuk membuat tabel data atau spreadsheets dengan sangat mudah dan cepat.

Selain itu, software stok barang ini juga bisa digunakan untuk menjaga persediaan stok barang, menambahkan, mengurangi, hingga mencari stok barang. 

Untuk kamu yang suka mengorganisir atau menyukai sesuatu yang terorganisir, Inventory Keeper adalah aplikasi yang tepat agar persediaan stok barang tertata secara lebih terorganisir.

Inventory Keeper juga bisa menambahkan foto dari produk jualanmu.

Untuk kamu yang suka bertransaksi dengan target pasar internasional, aplikasi pencatatan barang online ini juga mampu mencatat mata uang asing.

Baca juga: 5 Aplikasi Dropship Terpercaya, Bisa Raup Keuntungan Besar!

5. Stock Inventory

Software stok barang yang dapat membantu usahamu selanjutnya adalah Stock Inventory. Aplikasi pencatatan barang online satu ini kamu bisa mencatat barang-barang lengkap dengan informasi detail, seperti tanggal masuk, nama barang, spesifikasi barang, dan lain-lain.

Stock Inventory merupakan aplikasi yang efisien dan efektif karena bisa meng-input data barang ke excel. Selain itu, bisa juga memasukkan gambar dan deskripsi dari barang yang kamu input.

Setelah kamu menginput barang-barang beserta foto dan deskripsinya, jangan lupa untuk membuat folder agar kamu dengan mudah menemukannya dan data kamu menjadi lebih terorganisir.

6. Inventory Keeper

Salah satu aplikasi untuk membuat tabel data atau spereadsheets dengan mudah adalah Inventory Keeper.

Tidak hanya itu, Kelebihan software stok barang terbaik ini ialah mampu mencari semua produk di dalam satu tempat saja, menyortir barang, serta dapat menambahkan foto dari sebuah produk.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Inventory Keeper di Google play Store maupun App Store secara langsung dan gratis. Selain itu, aplikasi ini masih tetap diupdate oleh developer.

7. Inventory Management

Kalau kamu adalah seorang pebisnis pemula, aplikasi Inventory Management adalah aplikasi yang wajib kamu unduh.

Fitur-fitur yang disediakan oleh software ini mampu mengelola lebih dari satu gudang, melacak invoice yang telah kamu kirim, serta melakukan transaksi dengan mata uang asing.

8. Moodah

Sesuai namanya, aplikasi Moodah akan mempermudah urusan pencatatan barang usaha kamu, sehingga bisnis yang sedang dijalani tidak mengalami hambatan dalam urusan pencatatan.

Moodah mampu melihat dan mengawasi perjalanan produk mu dari awal sampai laporan akhir tercatat.

Tidak hanya itu, kamu juga mencatat utang piutang, kirim dan membuat invoice, dan mengelola stok barang.

Moodah sudah terunduh sebanyak 40 ribu lebih unduhan, sehingga kamu bisa mempercayai urusan pencatatan barang usahamu di aplikasi ini secara gratis, cepat dan aman.

9. Easy Catalog

Easy Catalog merupakan aplikasi yang cocok jika kamu suka bepergian tanpa adanya koneksi internet. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan secara offline, tapi tetap bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia.

Aplikasi stok barang satu ini bisa mencatat katalog kamu sendiri tanpa ada batasan jumlah katalog dan produk. Kamu juga bisa menambahkan detail dari setiap barang yang sudah terinput.

Baca juga: Ini 8 Aplikasi Reseller Tanpa Modal Yang Bikin Jualan Anti-ribet

10. Inflow Inventory

Jika kamu membutuhkan aplikasi yang lengkap untuk mencatat barang, melihat stok dan produk secara aktual, memantau penjualan dalam satu aplikasi, Inflow Inventory adalah jawabannya.

Dengan kelengkapan fitur yang tersedia, kamu bisa melakukan hal-hal di atas melalui smartphone-mu dengan koneksi internet.

Inflow Inventory bisa kamu nikmati dengan biaya bulanan tertentu atau kamu bisa mencoba terlebih dahulu selama 14 hari.

11. Ginee

Untuk kamu yang memiliki usaha retail tapi masih melakukan pencatatan barang secara manual, kamu wajib mencoba aplikasi pencatatan digital dengan aplikasi Ginee yang memiliki fitur lengkap.

Fitur-fitur yang tersedia di Genee, seperti manajemen gudang dan produk, membuat barcode, mengelola tugas inbound dan outbound, manajemen pesanan, dan masih banyak lagi.

Cara kerja aplikasi ini akan memudahkan langkah awal dari produksimu yakni inbound atau memasukkan barang ke dalam gudang, lalu mengelola stok, melakukan pengemasan, setelah itu outbound atau mengeluarkan barang, dan terakhir adalah proses pengiriman.

12. Fakturama

Rekomendasi software stok barang digital terakhir adalah Fakturama. Aplikasi ini memiliki fitur seperti catatan pengiriman, pesanan, konfirmasi pesanan, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dapat membuat faktur dan kwitansi online yang tentu saja akan membantu usaha kamu untuk memberikan bukti pembelian.

Baca juga: 4 Jenis Aplikasi Jualan Online yang Cocok untuk UMKM

Demikian rekomendasi software atau aplikasi pencatatan stok barang digital terbaik agar kamu tidak perlu repot-repot melakukan pencatatan secara manual lagi.

Pilihlah salah satu aplikasi yang menurut kamu cocok agar kamu bisa melakukan pembukuan dan mengelola stok barang dengan lebih efisien dan efektif!