Software Engineering Adalah: Pengertian, Tugas Dan Fungsi

Share this Post

softaware engineering adalah
Table of Contents

Software engineering adalah pekerjaan penting di era digital saat ini. Yuk, pahami lebih lengkap dalam artikel di bawah ini!

Pemanfaatan teknologi di kehidupan sehari-hari sudah tidak terelakan lagi, terutama dalam urusan bisnis.

Tingkat adaptasi perusahaan misalnya dalam menciptakan versi digital dari produk mereka dalam bentuk aplikasi, website, dan software harus ditingkatkan. 

Salah satu tahapan terpenting dalam proses digitalisasi adalah software engineering. Lalu, apa itu sebenarnya software engineering? Dan, bagaimana software engineering berfungsi dalam bisnis?

Yuk, simak penjelasan di bawah ini supaya kamu dapat mengerti lebih jauh mengenai software engineering.

Baca Juga: 7 Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis, Praktis!

Pengertian Software Engineering

software engineering adalah
(Foto coding. Sumber: Pixabay.com)

Software engineering adalah suatu pendekatan teknologi yang dilakukan secara sistematis, terstruktur dan disiplin.

Pada dasarnya software engineering merupakan satu cabang ilmu komputer untuk mengetahui sesuatu yang salah dalam perangkat lunak. Namun, kini fungsinya melebar menjadi jauh lebih luas lagi.

Hal ini salah satunya karena rupanya rekayasa perangkat lunak diperlukan bukan hanya pada saat menemukan kesalahan pengoperasian semata.

Lebih jauh dari itu, software engineering adalah aspek penting untuk sebuah perangkat lunak dapat bekerja sesuai dengan end-user atau penggunanya.

Software adalah bagian yang berbeda dengan hardware. Hardware adalah perangkat yang dapat dibuat di pabrik, sedangkan software merupakan perangkat logis.

Jadi software tidak dapat aus seperti hardware. Namun demikian, bukan berarti software tidak dapat rusak. Oleh karena itu, software memerlukan pada rekayasa dan pengembangan.

Hal Penting dan Tugas dalam Software Engineering

Software Engineering Adalah: Pengertian, Tugas Dan Fungsi
(Foto sedang coding. Sumber: Pixabay.com)

Dengan software engineering nantinya bisnis kamu mampu memperlihatkan bagaimana suatu aplikasi produk atau jasa dapat mempermudah penggunaan oleh end-user dan fitur-fitur yang ditawarkan kepada penggunanya.

Di bawah ini adalah contoh hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam software engineering: 

1. Pengoperasian

Contoh hal yang harus diperhatikan dalam software engineering adalah pengoperasian. Setelah melakukan proses analisis, kamu harus dapat memastikan apakah aplikasi telah bekerja dengan sebagaimana mestinya atau tidak. Perhatian ini bisa kamu mulai dari aspek budget, efisiensi, ketepatan, fungsi, ketergantungan serta keamanan.

2. Transisi

Dalam software engineering adalah penting buat kamu memperhatikan transisi pada saat suatu aplikasi digeser dari satu platform ke platform lainnya. Perhatian ini untuk memastikan portabilitas, kegunaan dan adaptabilitas dalam transisi.

3. Pemeliharaan

Software engineering merupakan pekerjaan yang salah satunya untuk memastikan software bekerja optimal.

Melalui pemeliharaan yang baik dapat diketahui apakah aplikasi bekerja optimal setelah adanya pemutakhiran atau pembaruan (update).

Aspek-aspek penting pasca analisis yang harus diamati dengan seksama ialah modularitas, perawatan, fleksibilitas dan skalabilitas.

Sebutan bagi mereka yang melakukan software engineering adalah software engineer. Mereka bertugas untuk mendalami seluruh sistem, program, dan perangkat lunak dalam perusahaan.

Program-program yang dapat dikembangkan oleh software engineer beragam, mulai dari aplikasi, operating system, hingga gim. Selain itu, software engineer memiliki tanggung jawab lain dalam pekerjaannya.

Berikut ini adalah tanggung jawab yang harus diemban seorang software engineer:

  • Dapat mengetahui kebutuhan para pengguna mengenai software
  • Merancang, membangun, dan melakukan tes untuk suatu sistem atau aplikasi berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh pengguna
  • Bekerja sama dengan developer dalam menciptakan kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi, misalnya dengan cara menggambarkan model atau diagram
  • Melakukan dokumentasi pada semua sistem atau aplikasi dengan detail sebagai bentuk pertanggungjawaban saat maintenance.
  • Mengelola secara berkala aplikasi atau software dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.
  • Merekomendasikan software update untuk aplikasi atau sistem bila diperlukan
  • Melakukan kolaborasi dengan developer dan engineer lainnya untuk membuat software

Baca juga: Ini 6 Contoh Bisnis SaaS, Salah Satunya SIRCLO

Skill yang dibutuhkan Software Engineer

software engineering adalah
(Foto seorang software engineer. Sumber: Pixabay.com)

Setelah mengetahui apa tugas dan tanggung jawab seorang software engineer, setidaknya kamu harus mengetahui apa saja skill yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaannya. Kombinasi dari skill di bawa ini penting agar dimiliki karena software engineering adalah pekerjaan yang berdampak pada kemajuan bisnis. 

1. Programming

Software engineering adalah salah satu pekerjaan memerlukan programming beserta bahasa pemrogramannya seperti C++, Java, Python, dan lain sebagainya.

Jadi, penting bagi seorang software engineer untuk menguasai itu semua.

2. Ketelitian

Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam software engineering adalah  barisan kode yang amat banyak.

Sebagai seorang software engineer, kamu harus mampu teliti untuk melakukan pekerjaan dengan kondisi tersebut.

Ketelitian juga penting karena software engineer harus mampu mengembangkan software dengan bahasa pemrograman yang kompleks.

Lebih jauh dari itu, pada saat melakukan testing dan debugging, ketelitian sangat diperlukan.

Menjadi seorang yang teliti  akan membuatmu menyelesaikan masalah dan memastikan bahwa tidak akan ada kesalahan sama yang akan terjadi.

3. Mampu Bekerja Sama dalam Tim

Software engineer tidak bekerja secara individual melainkan sering bekerja dengan para developer dan engineer di bidang lain. Tidak jarang software engineer bekerja bahkan dengan pihak yang tidak ada hubungan dengan masalah teknis.

Oleh karena itu penting untuk dapat bekerja sama dengan baik. Software engineer harus dapat terbuka dan mau mendengarkan serta belajar dari kolega lainnya.

4. Adaptif

Bukan hanya harus beradaptasi dengan lingkungan saja, software engineer juga harus adaptif dengan skill baru karena tidak dapat dipungkiri bawah bidang teknologi merupakan sektor yang terus berubah dan berkembang secara cepat. 

Oleh karena itu, penting untuk software engineer mampu beradaptasi dengan kerja yang cepat, dan informasi perkembangan teknologi yang pesat.

Fungsi dalam bisnis

Software Engineering Adalah: Pengertian, Tugas Dan Fungsi
(Foto traffic website. Sumber: Pixabay.com)

Software engineering adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari produk suatu bisnis. Berikut ini beberapa fungsi software engineering dalam bisnis:

1. Untuk Mengembangkan Perangkat Lunak

Salah satu fungsi software engineering adalah sebagai bagian dari pengembangan pada perangkat lunak penggunanya.Suatu software akan ditinggalkan apabila para penggunanya merasa kalau spesifikasi serta fungsi software yang dimilikinya tidak lagi berkualitas.

Umumnya, perangkat lunak dapat dikembangkan menjadi lebih baik dengan terus memperbaharui atau bila tidak nantinya perangkat lunak tidak dapat berfungsi lagi. 

Mengembangkan perangkat lunak menjadi lebih baik lagi akan sangat bermanfaat untuk para pengguna software tersebut.

2. Menciptakan Software yang User Friendly dan Ramah

Software yang user friendly dapat membuat sistem disukai oleh para penggunanya.

Semua pengguna ingin perangkat lunak yang digunakannya user friendly dengan interface atau tampilan menarik namun tetap  mudah untuk digunakan.

Software engineering adalah pekerjaan yang dapat mengembangkan perangkat lunak menjadi lebih user friendly agar lebih banyak lagi digunakan oleh pengguna.

3. Untuk Maintenance pada Perangkat Lunak yang Sudah Ada

Software engineering adalah proses yang tidak hanya berfokus pada pengembangannya dan pembuatan dari perangkat lunak, namun juga berfungsi dalam perawatan.

Maintenance atau perawatan pada sistem perangkat lunak yang sudah ada merupakan bagian penting dari software.

Maintenance sangat diperlukan terlebih apabila perangkat lunak yang digunakan telah mengalami kendala atau gangguan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Software POS Gratis Penunjang Usaha

Demikian, rupanya software engineering adalah bagian penting dalam bisnis yang harus diperhatikan dengan baik. Perannya yang cukup sentral dalam bisnis mengharuskan siapa saja yang ingin menjadi software engineer memiliki kecakapan yang andal dalam dunia teknologi.