Diblokir Kominfo, Ini Fungsi PayPal dalam Dunia Bisnis

Share this Post

paypal
Table of Contents

Baru-baru ini Kominfo memblokir PayPal karena belum mendaftar PSE. Apa fungsi PayPal dalam dunia bisnis?

Baru-baru ini sedang ramai terkait kebijakan Kominfo memblokir beberapa platform online, satu di antaranya adalah PayPal. Pemblokiran ini dilakukan karena PayPal belum mendaftar sebagai PSE.

Pendaftaran PSE ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Pendaftaran PSE diberlakukan untuk semua perusahaan, baik itu BUMN maupun swasta.

Hal tersebut berdasarkan pernyataan Menteri Kominfo Johnny G Plate “Seluruh penyelenggara sistem elektronik privat, PSE, baik swasta murni maupun yang BUMN harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan kita paling lambat 20 Juli ini sudah harus melakukan pendaftaran.” Ujarnya.

Baca Juga: 5 Kelebihan Aplikasi E-Wallet, Transaksi Aman dan Praktis!

Pendaftaran PSE diberlakukan bukan hanya untuk pajak, namun juga untuk menciptakan ekosistem tata kelola ekonomi digital yang baik. Namun, pemblokiran PayPal menuai penolakan dari masyarakat.

Penasaran apa saja fungsi PayPal dalam dunia bisnis? Ini penjelasannya.

Pengertian dan Fungsi PayPal Bagi Bisnis

fungsi paypal
(Foto fungsi PayPal. Sumber: Unsplash.com)

Bagi para pelaku usaha terutama bisnis digital, PayPal mungkin menjadi platform yang sudah cukup familiar. Apalagi jika kamu memasarkan bisnis hingga ke luar negeri.

PayPal adalah sistem pembayaran yang menciptakan cara pembayaran transaksi online serta mengirim dan menerima uang menjadi lebih aman dan terjamin.

Mengutip dari Bankrate, PayPal mendominasi kancah pembayaran digital. PayPal memiliki lebih dari 360 juta pengguna aktif di lebih dari 200 negara dan memfasilitasi empat miliar transaksi pembayaran pada Q3 tahun 2020.

Sejak 1998, fungsi PayPal telah memberi konsumen cara alternatif untuk melakukan pembelian dan mengirim serta menerima uang secara online. Fungsi PayPal memungkinkanmu membayar barang-barang secara online dengan rekening bank.

Alih-alih kartu kredit dan menyembunyikan informasi pembayaran dari penjual. Cara ini membuat pengiriman uang menjadi mudah dan dalam murah biaya admin. 

Saat kamu menautkan rekening bank, kartu kredit, atau kartu debit ke rekening PayPal, kamu dapat menggunakan PayPal untuk melakukan pembelian secara online dengan toko yang terdaftar. 

PayPal berfungsi sebagai perantara antara bank dan pedagang serta menjaga keamanan informasi pembayaranmu.

Kamu juga dapat menggunakan PayPal untuk mengirim uang dengan aman ke teman dan keluarga serta menerima uang dari orang lain. 

Baca Juga: Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina Lewat Web dan Aplikasi

Cara Kerja PayPal

Diblokir Kominfo, Ini Fungsi PayPal dalam Dunia Bisnis
(Foto cara kerja PayPal. Sumber: Unsplash.com)

Setelah memahami fungsi PayPal bagi bisnis, hal menarik lainnya adalah cara kerja PayPal itu sendiri yang menjadikannya sebagai platform e-wallet yang banyak digunakan.

Fungsi PayPal sebagai perantara antara kamu dan bank. Kamu dapat menambahkan rekening bank atau kartu kredit/debit ke sistem PayPal dan setiap kali melakukan pembayaran online, Kamu dapat memilih akun mana yang akan didebit. Semua transaksi diproses melalui PayPal, bukan bank.

Setiap uang yang diterima akan berada di rekening PayPal dan dapat digunakan untuk e-commerce atau ditransfer ke rekening bank. Transfer dapat memakan waktu beberapa hari atau menit.

Saldo akun PayPal juga dapat diisi ulang melalui transfer bank atau kartu pembayaran yang ditautkan.

Bagi pembeli, PayPal menawarkan cara transfer uang sederhana tanpa perlu datang ke bank. Bagi penjual, PayPal memiliki berbagai layanan dengan harga yang kompetitif, tanpa kontrak jangka panjang. 

Termasuk pernggunaan fitur-fitur seperti Pengiriman PayPal, Faktur, Modal Usaha, dan bahkan Kredit PayPal.

Membuat akun PayPal pada dasarnya gratis, namun ada berbagai biaya untuk menggunakan layanan ini, salah satunya adalah biaya admin untuk transfer. 

PayPal dapat digunakan melalui situs web, aplikasi mobile, atau integrasi keduanya. Hal ini menjadikan PayPal sebagai alat dan layanan untuk mendukung POS (point of sale) e-commerce dan transaksi berbasis langganan.

Baca Juga: Lupa Kata Sandi Email? Tenang, Ini Cara Memulihkannya

Mengapa PayPal Digunakan di Seluruh Dunia?

Diblokir Kominfo, Ini Fungsi PayPal dalam Dunia Bisnis
(Foto virtual payment. Sumber: Unsplash.com)

Hal menarik lain dari fungsi PayPal adalah platform pembayaran virtual ini digunakan di seluruh dunia. Alasan utamanya tentu karena tingkat keamanannya yang tinggi dan menjami kerahasiaan data penggunanya.

Namun, perbedaan sebenarnya terdapat pada mata uang yang tersedia. PayPal dapat digunakan untuk bertransaksi dengan lebih dari 100 jenis mata uang di dunia.

Inilah alasan kuat mengapa PayPal digunakan sebagai metode pembayaran utama untuk situs e-commerce global seperti Amazon dan Alibaba.

Pembeli dan penjual dari berbagai negara dapat saling bertransaksi dengan mata uang yang dapat disesuaikan. Berbeda dengan e-wallet lain yang umumnya hanya dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri.

Untuk bertransaksi menggunakan mata uang negara lain, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun PayPal kamu.
  2. Klik Profil di bagian atas halaman.
  3. Pada kolom Informasi Keuangan, Klik “Saldo Mata Uang”.
  4. Kemudian masukkan jumlah uang yang akan dikonversi dalam kolom Pertukaran Mata Uang.
  5. Pilih mata uang yang baru, agar dapat dapat melihat konversi, klik “Hitung”. Untuk melihat rincian konversinya silahkan klik “Periksa Pertukaran”. Untuk mengkonfirmasi transfer, klik “Tukar Mata Uang”.

Jika kamu belum memiliki akun PayPal, kamu bisa membuat akun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi PayPal atau masuk ke situs Paypal.com dan klik tombol Daftar. Tentukan apakah kamu mendaftar untuk akun pribadi atau bisnis.
  2. Lengkapi detail informasi beruapa data diri, kontak, rekening bank, dan nomor ID.
  3. Buat kata sandi yang kuat.
  4. Tautkan rekening bank dengan mengisi nama bank, kode bank, lokasi cabang, kode cabang, dan nomor rekening.
  5. Verifikasi semua data. Selanjutnya akunmu sudah siap digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Alur Transaksi Penjualan? Ini Dia Penjelasannya!

Kominfo Buka Sementara Blokir PayPal

Diblokir Kominfo, Ini Fungsi PayPal dalam Dunia Bisnis
(Foto logo Kominfo. Sumber: Kominfo)

Dilansir dari laman Kominfo, pemblokiran akses ke platform PayPal telah dibuka sementara mulai tanggal 1-5 Agustus. Pembukaan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memindahkan dananya yang tersimpan di PayPal.

Disampaikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika, hingga saat ini PayPal belum menjalin komunikasi dan korespondensi terkait pendaftaran PSE. Sebelumnya, muncul kekhawatiran di masyarakat bahwa Kominfo memantau data pengguna.

Namun hal tersebut dibantah oleh Dirjen Aptika, Samuel A “Minta data itu tidak sembarangan. Itu hanya bisa dilakukan apabila ada aparat penegak hukum atau instansi yang berwenang memerlukan data tambahan untuk mengungkapkan kejahatan. Itu semua bisa dilakukan, tapi yang meminta data itu harus punya kewenangan dulu dan Kominfo tidak untuk itu,” Ujarnya.

Itulah penjelasan seputar fungsi PayPal dalam dunia bisnis dan fakta terkait pemblokiran PayPal oleh Kominfo.