Pahami Pengertian Market Share dan 3 Fungsinya dalam Bisnis

Share this Post

market share
Table of Contents

Istilah market share atau pangsa pasar memang sudah cukup familiar dalam dunia bisnis.

Setiap bisnis selalu berkaitan dengan pangsa pasarnya masing-masing. Ketika mendangar istilah pangsa pasar atau target pasar, hal yang terlintas pertama kali di benakmu mungkin adalah persaingan usaha.

Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan memang saling berkompetisi satu sama lain. Hal ini bisa terjadi karena dalam satu bidang usaha yang sama, ada beberapa perusahaan yang menjalankan bisnis serupa.

Perusahaan tersebut menjual produk dan layanan dengan fungsi yang sama, dijual kepada target pasar yang sama, dan memiliki harga yang saling bersaing. Kondisi ini memicu munculnya persaingan dalam bisnis.

Persaingan bisnis memang tak bisa dihindari, sebab masing-masing pihak ingin memperoleh market share atau pangsa pasar sebanyak mungkin. Tujuan akhirnya tentu untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Lantas, apa yang dimaksud dengan market share? Mengapa begitu penting dalam bisnis? Simak penjelasan berikut, ya!

Baca Juga: Tujuan Riset Pasar untuk Tarik Pelanggan, Ini Tips Melakukannya

Apa Itu Market Share?

market share
Foto: pengertian market share. Sumber: Pexels. com

Menurut Investopedia, market share atau pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Market share dihitung dengan mengambil data jumlah penjualan perusahaan dalam periode tertentu, kemudian membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.

Pangsa pasar mengacu pada porsi atau persentase pasar yang berhasil dikuasai oleh perusahaan tertentu dalam industri yang dijalani. Pemimpin pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan market share terbesar.

Market share berkaitan dengan total penjualan dari industri tempat sebuah perusahaan beroperasi. Misalnya, kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam industri makanan cepat saji.

Untuk mengetahui market share dari bisnismu, artinya kamu perlu mencari tahu berapa total penjualan atau pendapatan industri makanan cepat saji dalam waktu tertentu.

Kemudian, kamu membandingkannya dengan total penjualan yang berhasil kamu selesaikan.

Hasil perhitungannya menunjukkan seberapa besar porsi atau pangsa pasar yang berhasil kamu kuasai dari total penjualan industri makanan cepat saji.

Baca Juga: Jenis Segmentasi Pasar dan Manfaatnya bagi Bisnis

Jenis-Jenis Market Share

market share
Foto jenis-jenis market share. Sumber: Pexels.com

Pangsa pasar atau market share dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pangsa pasar berdasarkan nilai dan berdasarkan volume. Keduanya memiliki indikator penilaian yang berbeda.

Pangsa pasar nilai diukur berdasarkan total segmentasi penjualan. Artinya, jenis pangsa pasar ini dilihat dari nilai atau harga total penjualan.

Jenis market share ini juga bisa diartikan sebagai perhitungan pangsa pasar berdasarkan pendapatan perusahaan yang dibandingkan dengan kompetitor.

Sehingga, dibutuhkan data total penjualan produk dari segmen tertentu sebagai pembagi. Sementara itu, market share volume adalah jenis pangsa pasar yang diukur berdasarkan data penjualan yang mengacu dalam satuan unit.

Jadi, pangsa pasar volume ini berfokus pada total jumlah barang yang terjual di pasar.

Dapat disimpulkan bahwa pangsa pasar nilai menggunakan data total pendapatan atau nilai penjualan, sementara pangsa pasar volume menggunakan data total penjualan barang dalam satuan unit tertentu.

Baca Juga: Ketahui 8 Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen Berikut Ini

Mengapa Market Share Penting?

market share
Foto pentingnya market share. Sumber: Pexels.com

Market share memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Dilansir dari Airfocus, pangsa pasar digunakan untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar, kuat, dan pentingnya bisnismu dalam sektor tertentu.

Sebuah perusahaan yang mampu mempertahankan pangsa pasarnya dari waktu ke waktu dapat meningkatkan pendapatannya seiring waktu. Pangsa pasar adalah indikator utama untuk mengetahui daya saing perusahaan.

Ketika sebuah perusahaan meningkatkan pangsa pasarnya, maka keuntungannya juga akan meningkat.

Maka dari itu, market share ini juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran.

Fungsi Market Share

market share
Foto manfaat market share. Sumber: Pexels.com

Selain perannya yang penting dalam bisnis, pangsa pasar juga memiliki beberapa fungsi yang bisa membantu perkembangan bisnismu. Apa saja fungsinya?

1. Indikator Keberhasilan Bisnis

Pangsa pasar bisa dijadikan sebagai indikator keberhasilan bisnis. Semakin besar pangsa pasar yang kamu kuasai, maka semakin tinggi tingkat keberhasilan bisnismu.

Sebaliknya, jika pangsa pasarmu mengalami penurunan, artinya strategi bisnis yang kamu terapkan kurang efektif.

Kamu perlu menjaga tren pangsa pasar yang positif, sebab dalam bisnis perubahan dapat terjadi kapan saja.

Jika trennya menunjukkan penurunan, kamu bisa segera melakukan evaluasi. Misalnya, memperbaiki strategi pemasaran yang kamu gunakan.

2. Tolok Ukur Keuntungan Bisnis

Selain digunakan sebagai indikator keberhasilan, pangsa pasar juga bisa digunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui profitabilitas atau keuntungan bisnis.

Dengan menghitung pangsa pasar berdasarkan nilai pendapatan, kamu bisa mengetahui seperti apa prospek bisnismu di masa depan.

Kamu bisa membandingkan pangsa pasarmu dari beberapa periode, kemudian menganalisa pergerakan kurvanya. Apakah tren keuntungan bisnismu mengalami peningkatan atau penurunan.

Apabila pangsa pasarmu stabil untuk beberapa periode, kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk membuat skenario keuntungan di periode yang akan datang.

Nantinya, data tersebut bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan bisnismu.

Misalnya, melakukan ekspansi ke segmen lain, mengakuisisi perusahaan lain, membuka cabang baru, hingga mencari investor.

Baca Juga: Ini 8 Strategi Penetrasi Pasar agar Bisnis Lebih Mapan

3. Membantu Mengetahui Posisi Bisnis

Fungsi lain dari pangsa pasar adalah membantumu mengetahui posisi bisnis atau produkmu di pasaran. Mengetahui posisi bisnis sangat penting untuk menentukan strategi penjualan berikutnya.

Penentuan posisi atau positioning dalam bisnis dapat menunjukkan keunikan produkmu dibanding pesaing dan mendapat tempat sendiri di benak konsumen.

Dengan mengetahui pangsa pasar, kamu bisa mengetahui apakan produk dan bisnismu berhasil menjadi pemimpin pasar atau berada di posisi lain.

Cara Menghitung Market Share

market share
Foto cara menghitung market share. Sumber: Pexels.com

Selanjutnya, kamu bisa mulai mencoba menghitung pangsa pasarmu sendiri. Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Tentukan cakupan pasar, termasuk area geografis, jenis produk, jenis industri, dan segmen pasar. Semakin spesifik batasan pasar, maka data yang didapatkan akan semakin akurat.
  • Tentukan periode penghitungan, misalnya dalam waktu satu tahun terakhir. Pastikan periode penghitungan penjualan dalam bisnismu sama dengan periode penghitungan sektor industri secara umum.
  • Pilih metode penghitungan, berdasarkan satuan pendapatan atau berdasarkan jumlah unit yang terjual.

Cara menghitung pangsa pasar dirumuskan dengan cara membagi total penjualan sebuah perusahaan dengan total penjualan industri yang bersangkutan. Kemudian hasilnya dikali 100 persen.

Market share = penjualan perusahaan / total penjualan industri x 100%

Contohnya, total pendapatan sebuah perusahaan selama tahun 2021 adalah Rp50.000.000, sedangkan total pendapatan industri dalam waktu yang sama sebesar Rp300.000.000, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Market share = (50.000.000 / 300.000.000) x 100%

Maka hasilnya adalah sebesar 16.67%.

Dari perhitungan tersebut, ternyata perusahaan berhasil menguasai 16.67% pangsa pasar dalam bidang industrinya.

Baca Juga: Ketahui Metode Harga Pasar agar Penjualan Semakin Cuan!

Nah, itulah beberapa penjelasan dan cara menghitung market share. Pentingnya fungsi market share bagi bisnis tentu perlu kamu perhitungkan. Yuk, coba rumusnya dan ukur keberhasilan bisnismu!