12 Tips Branding untuk Curated Online Shop, Ampuh!

Share this Post

curated online shop
Table of Contents

Curated online shop merupakan sebuah sistem dalam jual beli online.

Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut.

Sistem curated online shop ini berarti sebuah toko online tidak memproduksi barang sendiri, melainkan mengambil produk dari brand lain dengan spesialisasi tertentu.

Awalnya, tren curated online shop muncul sebagai sistem yang dapat menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal untuk pelanggan.

Ternyata, fenomena ini pun cukup digandrungi oleh para pemilik curated online shop.

Selain itu, popularitas curated online shop juga bisa terjadi karena saat ini pelanggan tidak memiliki cukup waktu untuk mengecek semua produk yang banyak sekali beredar di pasaran.

Disinilah toko online dengan sistem curated shopping memainkan peranan sebagai ahli terpercaya yang merekomendasikan produk terbaik.

Baca Juga: Ingin Pembeli Tak Batalkan Keranjang Belanja Online Shop? Simak 5 Tipsnya!

Tips Branding untuk Curated Online Shop

Nah, jika kamu sudah memiliki inspirasi untuk memulai curated online shop, berikut tips branding yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kepercayaan pelanggan dan beda dari pesaing.

1. Soroti Filosofi Produk

tips branding untuk curated online shop
Foto: Pexels.com

Sebagai langkah awal branding untuk curated online shop, kamu harus mengkomunikasikan filosofi dibalik semua produk yang kamu pilihkan untuk pelanggan.

Untuk itu pastikan kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah ada misi tertentu yang ingin dicapai oleh bisnis online kamu?
  • Apakah ada masalah yang akan dipecahkan oleh rangkaian produk yang kamu tawarkan?
  • Standar apa yang ingin kamu tampilkan pada pelanggan tentang bisnis online kamu?

Tuliskan semua jawaban di atas secara jujur, dan komunikasikan pada pelanggan sebagai pesan yang kuat di toko kamu.

Sebagai contoh, kamu bisa menambahkannya di halaman About Us atau membuat satu halaman khusus untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh toko online kamu.

2. Tampilkan Keunikan Penawaran

Menentukan keunikan penawaran adalah langkah paling dasar bagi setiap strategi branding.

Tujuannya adalah untuk membedakan brand toko online kamu dengan kompetitor, dan memberikan customer alasan untuk membeli produk dari kamu.

Keunikan ini sebaiknya menyoroti cerita, filosofi, atau tujuan unik dari toko online kamu dengan rangkaian produk yang ditawarkan.

Misalnya, dengan cara menyoroti beberapa poin dan emosi yang menjadi benang merah berbagai produk pilihan yang ditawarkan di toko online kamu.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Logo Olshop Online, Tinggal Klik Langsung Jadi

3. Tunjukkan Kualitas Produk

Menggunakan kualitas produk sebagai tool marketing adalah cara yang sangat efisien untuk membangun loyalitas pada brand.

Dengan selalu mempertahankan kualitas produk pilihan yang kamu tawarkan untuk pelanggan, sudah pasti mereka akan menjadi pelanggan seumur hidup.

Untuk itu, tampilkan kualitas dan manfaat produk secara jelas agar bisa langsung dilihat oleh calon pelanggan yang baru pertama kali mengunjungi toko online kamu.

Kamu juga bisa membuat halaman khusus berisikan foto, testimonial, dan review dari pelanggan yang sudah merasa puas setelah menggunakan produk pilihan dari toko online kamu.

Beberapa contoh kualitas produk yang bisa kamu soroti adalah:

  • Dimana produk dibuat?
  • Terbuat dari bahan apakah produk tersebut?
  • Darimana bahan pembuat tadi diambil?
  • Untuk beberapa produk tertentu, apakah berasal dari sumber organik, fair trade, atau free range?

Sebagai catatan, jangan samakan kemewahan dengan kualitas. Hanya karena suatu produk berharga mahal, belum tentu kualitasnya baik.

Namun yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah kualitasnya. Jadi, pastikan untuk memberikan produk yang terbaik pada pelanggan, ya.

4. Personalisasi Pengalaman Customer

Apakah kamu pernah membeli sesuatu secara online, lalu saat menerima produknya kamu merasa terkejut karena produk dikemas dengan sangat baik, rapi, dan menunjukkan bahwa setiap detail dipikirkan dengan baik untuk memberikan kamu pengalaman membeli yang memuaskan?

Kamu juga bisa personalisasi pengalaman pelanggan seperti ini dengan menyesuaikan setiap detail yang akan mewakili toko online kamu.

Misalnya dengan membuat design website, packaging, atau bahasa yang digunakan di media sosial, dengan identitas target pasar yang ingin kamu jangkau.

Dengan begitu, brand kamu akan lebih mudah untuk dikenali dan diingat oleh pelanggan.

Baca Juga: 5 Strategi Rebranding Ampuh Agar Bisnis Makin Sukses

5. Tingkatkan Visibilitas Merek Secara Online

curated online shop
Foto: Freepik.com

Untuk membuat branding toko online yang sukses, tentu kamu harus meningkatkan visibilitas merek secara online.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menciptakan keterlibatan antara brand dengan target audiens.

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan visibilitas merek. Mulai dari membuat situs web hingga memanfaatkan media sosial.

Pastikan kamu menggunakan situs web, media sosial, dan platform e-commerce untuk toko online dengan membuat desain dan konten yang menarik.

Jadi, target audiens kamu tertarik untuk mengenal merek, produk, atau layanan kamu lebih jauh.

6. Buat Konten yang Menarik

Tips branding untuk curated online shop selanjutnya, yakni membuat konten yang semenarik mungkin untuk memikat perhatian target audiens.

Pastikan kamu membuat konten yang bisa membuat target audiens memiliki minat terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Jadi, maksimalkanlah kreativitas kamu dalam hal ini.

Semakin banyak konten yang kamu buat, maka akan semakin besar paparan atau kontak yang kamu ciptakan dengan pelanggan.

Tanpa disadari, mereka akan sering melihat konten pemasaran dari merek milikmu. Pelanggan pun akan semakin akrab dengan merekmu.

Pada akhirnya, target audiens tergerak untuk mencoba produk atau layanan kamu dan toko online kamu pun telah sukses mendapatkan penjualan.

Baca Juga: Apa itu Brand Story dan Bagaimana Pengaruhnya Bagi Bisnis?

7. Manfaatkan Media Sosial

Karena bisnis yang kamu rintis adalah usaha online, maka kamu juga perlu menggunakan berbagai strategi pemasaran digital.

Salah satunya, dengan menggunakan media sosial.

Di era digital seperti saat ini, platform media sosial sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk melakukan komunikasi.

Pertumbuhan pengguna media sosial yang signifikan ini pun menjadi peluang yang sangat bagus untuk membantu brand dalam mempromosikan produk atau layanannya.

Begitu pun bagi kamu yang memiliki curated online shop, jangan sampai melewatkan kekuatan media sosial untuk memasarkan produk atau layanan milikmu.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Perkuat untuk menggunakan media sosial yang paling banyak digunakan dan disukai oleh target audiens kamu. Jadi, kamu akan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan potensial.

8. Terapkan Teknik SEO

Agar branding untuk curated online shop kamu berhasil, kamu perlu meningkatkan visibilitas merek secara online.

Nah, salah satu cara untuk mengoptimalkan visibilitas merek online, yakni dengan meningkatkan peringkat situs web bisnis kamu di mesin pencarian atau penelusuran, seperti Google.

Dalam hal ini, kamu perlu menggunakan teknik SEO dalam mengelola situs web jualan online.

Melansir laman BigCommerce, kamu perlu menerapkan teknik SEO pada setiap konten yang diunggah pada situs web.

Pastikan konten situs web kamu memuat keyword (kata kunci) yang digunakan oleh audiens dalam mencari merek, produk, atau layanan kamu.

Apabila konten kamu sesuai dengan kata kunci yang digunakan pengguna untuk melakukan pencarian, maka akan semakin mudah bagi situs web kamu untuk ditemukan dan dimunculkan pada halaman mesin penelusuran.

Pastikan juga kamu menambahkan tag, judul, dan meta deskripsi pada setiap unggahan situs web kamu untuk membantu Google dalam mengindeks kontenmu.

Selain itu, tag, judul, dan meta deskripsi biasanya merupakan bagian pertama kali yang akan dilihat oleh audiens.

Jadi, pastikan untuk selalu membuat dan mengisinya secara relevan dengan konten yang kamu unggah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Branding untuk Membangun Bisnis

9. Kerja Sama dengan Influencer

macam-macam konten YouTube
Foto: Pexels.com

Kamu juga bisa coba bekerja sama dengan influencer untuk memperkuat branding pada curated online shop milikmu.

Influencer di era digital seperti saat ini menjadi sebuah profesi baru yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan bisa menciptakan dampak yang besar bagi sebuah brand.

Karena pengaruhnya yang kuat terhadap pengguna media sosial tertentu, maka penggunaan influencer untuk mendukung branding toko online bisa kamu coba.

Namun, pastikan kamu tetap menyediakan konten promosi yang menarik, ya. Tidak hanya mengandalkan kekuatan dari sang influencer itu sendiri.

Jangan lupa untuk memilih influencer yang memang sesuai dengan jenis bisnis dan nilai-nilai merek kamu.

Penggunaan influencer yang memiliki followers sesuai dengan target audiens kamu juga akan memberikan hasil yang maksimal.

Untuk menciptakan branding yang besar dengan influencer, kamu pun perlu menyiapkan budget promosi yang cukup besar. Tergantung pada jenis influencer yang kamu pilih.

10. Gunakan Email Marketing

Cara branding untuk curated online shop lainnya adalah dengan menggunakan email marketing.

Jenis pemasaran digital yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan dan hemat biaya, akan tetapi bisa memberikan hasil yang cukup menjanjikan.

Sebab, semua orang yang menggunakan smartphone, pasti memiliki email sehingga ini menjadi media pemasaran yang bisa kamu pilih untuk menyampaikan pesan penawaran.

Buatlah daftar kontak pelanggan, kemudian buat konten yang menarik untuk memikat pelanggan mengunjungi situs web, menemukan bisnismu di media sosial, atau melakukan pembelian online.

Meski tidak semua email marketing menghasilkan penjualan, tetapi setidaknya audiens telah mengetahui merek, produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Ini Makna Brand Equity, Nilai yang Dihasilkan Suatu Merek

11. Coba Iklan Berbayar

Tren pemasaran digital menciptakan banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mendukung usaha. Selain itu, memunculkan jenis iklan yang beragam pula.

Selain mengoptimalkan promosi di media pemasaran gratis, seperti media sosial, kamu juga bisa coba promosi curated online shop dengan iklan berbayar.

Ada banyak jenis iklan berbayar yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling populer adalah layanan iklan dari Google.

Kamu pasti sudah tahu bahwa pengguna Google sangat banyak dari seluruh dunia.

Oleh karena itu, Google bisa menjadi platform yang tepat untuk kamu mengenalkan merek, produk atau layanan milikmu kepada audiens.

Semakin banyak iklan bisnis kamu dilihat oleh pengguna Google, maka akan semakin luas juga jangkauan yang akan kamu dapatkan.

12. Buat Giveaway

Branding untuk curated online shop lainnya yang bisa kamu coba, yaitu membuat giveaway atau kontes berhadiah bagi audiens.

Teknik pemasaran yang satu ini sudah cukup populer digunakan pada media sosial dan dinilai cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Kamu bisa membuat kuis berhadiah dengan beberapa persyaratan tertentu agar bisnismu semakin dikenal banyak orang.

Misalnya, mengadakan giveaway dengan meminta pengguna untuk membagikan konten media sosial kamu. Jadi, pengguna lain pun akan mengetahui keberadaan merekmu.

Cara ini pun pada akhirnya akan saling menguntungkan, baik bagi brand maupun audiens itu sendiri.

Baca Juga: Ini Perbedaan Brand dan Branding Serta Fungsinya dalam Bisnis

Itu dia beberapa tips branding yang bisa kamu lakukan untuk curated online shop. Yuk, terapkan sekarang juga agar curated online shop kamu banyak pembeli.