Pilihan CMS Toko Online untuk Kelola Bisnis, Menarik!

Share this Post

wordpress vs wix
Table of Contents

Berikut beberapa pilihan CMS toko online yang bisa kamu pilih untuk mendukung pengelolaan usaha.

CMS atau Content Management System merupakan perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi konten.

Ini merupakan software berbasis situs web yang bisa kamu gunakan dengan mudah, meski tanpa pengetahuan di bidang IT.

Jadi, kamu bisa membuat website untuk keperluan bisnis dengan lebih mudah, tanpa harus membuat kode (coding).

Dengan CMS, kamu bisa mengoptimalkan pengelolaan toko online menjadi lebih efisien. Terutama bagi kamu yang mencari software untuk keperluan blogging.

Biasanya, ada banyak pilihan CMS yang dapat digunakan untuk membuat blog pendukung bisnis. Kamu pun bisa membuat konten dan mengunggahnya dengan lebih praktis.

Melalui blog, kamu bisa meningkatkan visibilitas online dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bisnis.

Lantas, apa saja jenis CMS toko online yang dapat kamu pilih? Simak rekomendasinya dalam artikel berikut!

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan CMS, Kelola Website Jadi Lebih Mudah!

Rekomendasi CMS Toko Online

cms toko online
(Foto CMS toko online. Sumber: Pixabay.com)

Kini, sudah ada banyak CMS yang bisa kamu gunakan untuk mendukung pengelolaan toko online. Berikut di antaranya yang dapat kamu coba:

1. BigCommerce

BigCommerce bisa menjadi salah satu pilihan CMS toko online untuk kamu coba gunakan.

BigCommerce dapat membantu pemilik bisnis online untuk membuat, menjalankan, dan memelihara situs web mereka.

Platform untuk e-commerce ini cukup terkenal dan banyak digunakan oleh merek-merek besar kenamaan dunia.

Hingga saat ini, BigCommerce telah mendukung lebih dari 60.000 merek, dari berbagai pedagang. Baik itu skala besar maupun kecil dari berbagai negara.

Ada banyak fitur pendukung yang bisa membantu kamu dalam mengelola website. Misalnya fitur SEO, sales analytics, hingga alat pemasaran yang berfokus pada penggunaan media sosial.

Kamu bisa membuat website dengan beragam pilihan template dari BigCommerce.

Selain itu, kamu dapat mengintegrasikan aplikasi dan plugin pihak ketiga, serta mengoperasikan situs web secara lebih mudah dengan BigCommerce.

Baca Juga: TokoTalk Tutup, Yuk Pindah ke SIRCLO Store Sekarang

2. Drupal

Pilihan CMS toko online lainnya yang bisa kamu gunakan, yaitu Drupal.

Meskipun platform yang satu ini tidak dirancang secara khusus untuk e-commerce, tetapi dapat dikombinasikan dengan berbagai plugin dan berbagai kerangka kerja sehingga mendukung fungsi e-commerce.

Drupal dapat membantu kamu dalam mengelola toko online berkat fitur-fitur yang ada. Mulai dari fitur pemrosesan pembayaran, manajemen pesanan, hingga sistem keranjang belanja.

Jadi, kamu bisa memiliki situs web jualan online yang profesional.

Selian itu, Drupal menyediakan beragam desain atau tema situs web yang fleksibel sehingga kamu dapat memilih dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Drupal juga memiliki keunggulan dalam membuat situs web berbasis selular sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui smartphone mereka.

Sayangnya, Drupal cukup sulit untuk dioperasikan oleh orang-orang awam. Dibutuhkan pengetahuan khusus di bidang IT untuk mengakses Drupal dan menikmati semua fiturnya.

Oleh karenanya, kamu perlu memelajari seluruh fitur dalam Drupal sebelum menggunakannya untuk mengelola toko online.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Blog untuk Bisnis, Bisa Jadi Cara Marketing

3. WordPress

Pilihan CMS toko online berikutnya yang bisa kamu pilih, yakni WordPress.

Platform untuk membuat sekaligus mengelola situs web mungkin sudah tak asing lagi di telingamu, bukan?

WordPress memang memiliki basis pengguna yang sangat besar di seluruh dunia. Hal ini karena WordPress mudah untuk digunakan dan memiliki layanan gratis.

Bahkan disebutkan dalam OptiMonk, sebanyak 28% dari semua e-commerce yang ada memilih WordPress sebagai sistem manajemen konten mereka.

WordPress memiliki beragam pilihan desain atau tema yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Jadi, tampilan situs web kamu menjadi lebih menarik.

Ada banyak fitur dari WordPress yang bisa kamu pakai untuk mengelola situs web. Misalnya mengintegrasikan berbagai metode pembayaran dan media sosial, mengunggah konten tulisan, gambar, hingga video.

WordPress juga dilengkapi dengan fitur SEO gratis yang bisa mendukung situs web memiliki visibilitas online secara lebih baik di mesin pencari.

Selain itu, terdapat berbagai pilihan plugin dari WordPress yang bisa dimanfaatkan untuk pengoptimalan situs web kamu.

Baca Juga: SIRCLO Store, Alternatif TokoTalk untuk Support Bisnismu

4. Joomla

CMS toko online selanjutnya adalah Joomla. Platform ini memungkinkan kamu untuk menyimpan, mengatur, dan menerbitkan konten secara digital.

Ada banyak perusahaan yang memilih Joomla untuk mengelola toko onlinenya. Sebab, Joomla bisa dinikmati tanpa biaya dan telah dilengkapi oleh berbagai fitur pendukung.

Misalnya, berbagai pilihan template desain atau tema yang bisa membuat tampilan situs web bisnis milikmu menjadi lebih menarik.

Joomla juga didukung oleh fitur multibahasa yang menawarkan lebih dari 70 bahasa di dunia sehingga kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai negara.

Kamu yang memilih Joomla sebagai CMS toko online pun bisa mengelolanya dengan mudah karena didukung oleh sistem pembaruan otomatis.

Terdapat informasi kontak dari Joomla yang dapat kamu hubungi apabila sewaktu-waktu memiliki kendala.

Tim Joomla akan memberikan solusi segera mungkin dan kamu bisa kembali mengelola website dengan aman.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Shop, Mudahkan Pengusaha dalam Raih Keuntungan

5. Shopify

Shopify merupakan salah satu rekomendasi CMS toko online yang dapat kamu gunakan untuk mengelola konten digital sebagai pendukung bisnis.

Shopify memiliki tampilan UI (User Interface) yang sederhana sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Harga yang ditawarkan Shopify untuk membantu kamu mengelola website pun sangat terjangkau. Maka tak heran apabila banyak brand yang menggunakan Shopify untuk membuat sekaligus mengelola situs web.

Shopify dikenal sebagai platform e-commerce untuk para pebisnis skala kecil dan menengah. Bagi kamu yang telah memiliki brand skala besar pun tetap bisa menggunakannya.

Ada banyak fitur Shopify yang dapat mendukung kamu dalam mengelola bisnis online. Misalnya template toko online gratis sehingga membuat tampilan website kamu lebih menarik.

Shopify juga memiliki sistem POS yang bisa membantu kamu mengelola pesanan pelanggan.

Ketika menggunakan Shopify, kamu pun tak perlu khawatir karena ada layanan dukungan 24 jam yang dapat diakses apabila mengalami kendala.

Baca Juga: 8 Aplikasi Kelola Toko Online untuk Permudah Bisnismu

6. HubSpot

Pilihan CMS untuk mengelola toko online lainnya adalah HubSpot.

Tidak hanya membantu kamu untuk membuat dan mengelola toko online, HubSpot juga dilengkapi dengan fitur integrasi traffic, SEO, hingga pemasaran.

Jadi, HubSpot bisa membantu kamu dalam memproduksi dan memasarkan konten secara digital.

HubSpot dinilai sebagai salah satu CMS terbaik yang dapat membantu website kamu memiliki peringkat tinggi di laman pencarian Google.

Kamu juga dapat mengintegrasikan situs web dengan akun media sosial bisnis serta email marketing dengan fitur dari HubSpot.

Menariknya lagi, HubSpot dilengkapi dengan fitur analitik yang canggih sehingga memungkinkan kamu untuk melihat informasi penting.

Mulai dari peringkat mesin pencari, jumlah sesi, dan waktu yang dihabiskan/tindakan yang diambil di semua halaman situs web kamu.

Dengan begitu, kamu bisa membuat campaign pemasaran digital yang lebih efektif.

Itu dia pilihan CMS toko online yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis. Manakah CMS yang ingin kamu coba?