Cara Cek Plagiarisme dan Tips Menghindarinya

Share this Post

freelancer online
Table of Contents

Tahukah kamu cara cek plagiarisme dalam sebuah artikel?

Plagiarisme merupakan tindakan yang tidak etis dan melanggar kode etik, terutama dalam berkaitan dengan karya.

Baik itu karya tulis, karya visual, seni hingga berbagai macam jenis lainnya. Dalam karya tulis di media online dan ilmiah, plagiarisme merupakan sebuah tindakan tercela.

Setiap karya harusnya mengusung originalitas. Baik buah pikir atau susunan kalimat dan nilai yang terdapat di dalamnya.

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara cek plagiarisme? Lebih baik kita ketahui terlebih dahulu kenapa penting melakukan cek plagiarisme itu sendiri.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blog

Mengapa Harus Cek Plagiarisme?

cara cek plagiarisme
(Foto: Sedang mengetik. Sumber: Unsplash.com)

Pada dasarnya, plagiarisme merupakan sebuah tindakan kejahatan yang berkaitan dengan hak cipta dan dapat dipidanakan.

Oleh karena itu, mengetahui cara cek plagiarisme sangat penting. Dilansir dari University of Nottingham, selalu cek plagiarisme sangat penting dilakukan.

Ada pun dalam tujuannya, cara cek plagiarisme bertujuan dan bermanfaat untuk beberapa hal. Kira-kira apa saja, ya?

Cara Cek Plagiarisme Secara Online

Cara Cek Plagiarisme dan Tips Menghindarinya
(Foto menulis artikel di laptop. Sumber: Unsplash.com)

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek plagiarisme, terutama di tengah perkembangan dunia digital saat ini. Kamu bisa melakukan cara cek plagiarisme secara online.

Tentu hal tersebut sangat memudahkan kita untuk melakukannya. Berikut ini beberapa situs atau website online yang bisa kita gunakan untuk cek plagiarisme:

1. Quetext

Aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan untuk cek plagiarisme adalah Quetext. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan tinggal mengunjungi situsnya secara langsung.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Sewajarnya penggunaan situs gratis, pendaftaran dan pembuatan akun sudah sangat umum dilakukan.

Setelah selesai membuat akun, kamu bisa memilih opsi check for plagiarism yang terletak di bagian depan laman situs ini.

Kemudian, kamu bisa salin teks yang akan kamu periksa keasliannya. Situs akan memproses beberapa saat, sebelum kemudian menunjukkan hasilnya.

2. Copyleaks

Situs kedua yang bisa kamu gunakan untuk cek plagiarisme adalah situs Copyleaks. Situs ini merupakan salah satu yang banyak digunakan oleh pengguna jasa cek plagiarisme.

Menggunakan situs ini sebagai cara cek plagiarisme tidak sulit, kamu hanya perlu mengunjungi laman situs. Mengapa situs ini cukup populer? Alasannya karena website ini telah menggunakan teknologi artificial intelligence (AI).

Hal ini berdampak pada proses dan kualitas cek plagiarisme yang lebih akurat. Kelebihan dan keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu tersedia pilihan bahasa yang berjumlah ratusan dan juga berbagai opsi dokumen teks yang bisa dicek.

Tentu hal ini membuatmu lebih leluasa untuk cek plagiarisme berbagai dokumen.

3. Plagiarisma

Situs lain yang bisa kamu gunakan lainnya adalah situs Plagiarisma. Dalam situs ini, kamu bisa cek plagiarisme dari 190 bahasa yang ada di dunia. Hal ini merupakan keunggulan dari situs ini.

Kamu bisa langsung mengunjungi situs Plagiarisma dan  searching  di mesin pencarian yang biasa kamu gunakan.

Tidak perlu mendaftar atau membuat akun, kamu hanya tinggal menyalin tulisan atau unggah dokumen yang akan kamu cek originalitasnya.

Lebih mudah dibandingkan beberapa situs lain yang mengharuskan kamu mendaftar atau membuat akun.

Baca Juga: 10 Strategi SEO yang Sering Terlupakan Saat Menulis Artikel

4. Duplichecker

Di antara beberapa situs cek plagiarisme yang telah disampaikan di atas, website ini adalah yang paling populer. Terutama para content writer yang sering menulis konten di media internet.

Mereka selalu mengandalkan aplikasi satu ini untuk cek apakah tulisan mereka terindikasi plagiat atau tidak. Sekaligus untuk cek akurasi dan originalitas dari tulisan yang dibuat.

Hasil yang ditunjukan oleh situs ini akan menyertakan tulisan yang dicek masuk pada kategori orisinal dan akan ditunjukan hasilnya melalui persentase dan simbol warna.

5. Small SEO Tools

Cara cek plagiarisme yang terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan situs Small SEO Tools. Situs ini dapat memudahkan membantu mengetahui plagiarisme seara gratis dan praktis digunakan.

Kamu hanya tinggal menyalin setiap tulisanmu yang akan dicek. Lalu, kamu pindahkan ke dalam fitur yang diberikan oleh Small SEO Tools. Situs tersebut kemudian akan melakukan deteksi secara otomatis.

Mereka akan menunjukan apakah tulisan yang kamu cek mengandung nilai plagiarisme berdasarkan setiap artikel atau karya ilmiah yang telah dipublish di berbagai situs.

Nantinya, akurasi presentasi dapat ditampilkan dalam hasil pengukuran. Ini juga dapat patokan untuk melakukan evaluasi penulisan.

Baca Juga: 5 Strategi SEO YouTube yang Ampuh Menambah Viewer

Tips Menghindari Plagiarisme

Cara Cek Plagiarisme dan Tips Menghindarinya
(Foto cek plagiarisme. Sumber: Unsplash.com)

Tidak cukup dengan hanya mengetahui cara cek plagiat. Sebagaimana kata pepatah, mencegah atau menghindari lebih baik dari pada mengobati atau memperbaiki.

Dari pada cek plagiarisme dan memperbaiki beberapa hal yang terindikasi plagiat, tentu kamu lebih baik menghindarinya.

Agar kamu dapat menghindari plagiat lebih baik, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu perhatikan:

1. Tuliskan Sumber

Pastikan kamu harus menuliskan sumber yang digunakan dalam setiap karya tulisan. Baik itu ketika kamu mengutip keterangan nama, tahun, judul, atau lainnya.

Jangan lupa masukan sumber, baik itu buku, makalah, majalah dan artikel lainnya beserta dengan penulisnya di daftar sumber. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari plagiarisme.

2. Gunakan Tanda Kutip

Jangan lupa gunakan tanda baca kutip untuk setiap kalimat yang mengandung pendapat atau pernyataan dari seseorang.

Ini juga bagian dari etika penulisan yang perlu kamu pahami agar terhindar dari indikasi plagiat.

3. Gunakan Parafrasa

Jangan lupa untuk melakukan parafrasa, atau menuliskan ulang sebuah pendapat (baik itu konsep, teori atau pernyataan seseorang) tanpa mengubah maksud dan maknanya. Pada akhirnya, kamu bisa mengutip nama dan judul karyanya.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blog

4. Cek Final

Tips terakhir adalah untuk selalu melakukan pengecekan ke situs-situs plagiarisme yang telah dijelaskan di atas.

Semoga dari tips di atas, kamu bisa menghindari plagiarisme untuk setiap pembuatan karya tulis ke depannya.

Jangan lupa untuk melatih kemampuan menulis setiap harinya, agar kemampuan menulismu lebih baik lagi dan terbiasa menulis dengan kalimat sendiri.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari tindakan plagiat yang mungkin saja tidak pernah kamu sadari dan tidak sengaja. Karna plagiarisme bisa saja terjadi tanpa disadari, bukan karena disengaja.

Nah, itulah beberapa rekomendasi cara cek plagiarisme yang bisa kamu lakukan, disertai juga dengan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari plagiarisme.

Kini, setelah memahaminya kamu bisa lebih hati-hati agar tidak menghasilkan karya yang terindikasi plagiat.