4 Aplikasi Chat untuk Jualan, User WhatsApp Capai 2 Miliar!

Share this Post

cara membuat chatbot whatsapp
Table of Contents

Selain memanfaatkan e-commerce dan marketplace, kamu juga bisa menggunakan aplikasi chat untuk jualan.

Dengan begitu, kamu bisa mengelola toko online secara lebih mudah kapan saja dan di mana pun hanya dalam satu aplikasi perpesanan.

Kini, sudah ada banyak aplikasi chat untuk jualan yang dapat kamu pilih. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga kamu perlu cermat dalam menentukan jenis aplikasi chat yang tepat.

Berjualan melalui aplikasi chat dinilai jauh lebih praktis. Tingkat kepercayaan calon pelanggan juga dapat meningkat karena bisa langsung berinteraksi dengan penjual.

Namun, kamu sebagai pebisnis perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk mengelola toko online melalui aplikasi chat karena harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh setiap calon pelanggan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik

Aplikasi Chat untuk Jualan

aplikasi chat untuk jualan
(Foto penggunaan smartphone untuk chatting. Sumber: Pixabay.com)

Berikut ini daftar aplikasi chat untuk jualan yang bisa kamu gunakan sehingga pengelolaan toko online menjadi lebih mudah.

1. WhatsApp Business

Salah satu aplikasi chat untuk jualan yang bisa kamu manfaatkan dalam berbisnis online adalah WhatsApp Business.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp pada umumnya, WhatsApp Business memang ditujukan untuk para brand dalam mengelola toko online.

Seperti yang kamu ketahui, jumlah pengguna WhatsApp sangatlah besar. Tak heran jika aplikasi perpesanan instan yang satu ini menduduki posisi pertama dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Menurut laporan Business of App yang dikutip dari DataIndonesia.id, ada 2 miliar orang yang menggunakan aplikasi pesan instan tersebut hingga 14 April 2022.

Oleh karenanya, sangat potensial bagi bisnis untuk memperluas jangkauan pasar.

Ada berbagai fitur yang dapat mendukung bisnis jika kamu memilih aplikasi WhatsApp Business. Misalnya profil bisnis sehingga kamu bisa memberikan informasi bisnis secara lebih profesional dan kredibel.

WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur Quick Replies, pesan otomatis, label untuk kontak, hingga membuat katalog online.

Dengan katalog online di WhatsApp, kamu pun bisa menawarkan produk dan layanan secara lebih mudah kepada pelanggan.

Mereka bisa melihat gambaran barang jualanmu secara lebih jelas dan semakin yakin untuk membuat keputusan pembelian.

Apabila kamu ingin mengelola WhatsApp Business secara lebih mudah, bisa coba memanfaatkan layanana Chat Commerce dari SIRCLO Store.

Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, SIRCLO Store menghadirkan dashboard Chat Commerce interaktif yang memudahkan transaksi lewat WhatsApp.

Chat Commerce dilengkapi fitur belanja lewat chat, chatbot, notifikasi pengiriman, dan katalog produk.

Kamu pun bisa mengirim dan menerima pesan dengan mudah oleh beberapa pengguna sekaligus dengan adanya fitur WhatsApp Business Multiple Admin.

Yuk, pelajari lebih lanjut tentang fitur Chat Commerce dan ikut bergabung sekarang melalui link berikut.  

2. LINE

aplikasi chat untuk jualan online - line
(Foto aplikasi chat LINE. Sumber: excite.co.jp)

LINE merupakan aplikasi chat untuk jualan online lainnya yang bisa kamu coba gunakan. Jumlah pengguna LINE yang besar menjadikannya aplikasi potensial untuk membantu bisnis dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

Dengan LINE, kamu bisa terhubung dengan pelanggan melalui pesan teks, gambar, audio, hingga video. LINE juga telah dilengkapi dengan fitur pembayaran praktis bernama LINE Pay.

Menariknya lagi, kamu dapat mempromosikan bisnis dengan fitur sticker dekoratif yang unik sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian.

LINE juga bisa membantu kamu dalam mengelola pesan yang dikirimkan pelanggan melalui fitur LINE Quick Replies dan LINE Chatbots.

Quick Replier dari LINE dapat membantu kamu untuk memberikan balasan cepat ketika ada calon pelanggan yang menghubungi di luar waktu operasional bisnis.

Sementara Chatbots bisa membantu kamu dalam menjawab setiap pertanyaan dari calon pelanggan secara otomatis. Fitur ini menggunakan teknologi AI sehingga jawabannya tetap akurat, layaknya sedang berbalas pesan bersama manusia.

Tidak hanya itu, LINE memiliki fitur Survei untuk membantu kamu dalam mengumpulkan testimoni/ulasan dari pelanggan. Hasil survei tersebut dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan sehingga pelanggan menjadi lebih puas.

Kamu juga dapat mempromosikan bisnis online secara lebih mudah menggunakan fitur LINE Ads.

Dikutip dari laman LINE for Business, iklan kamu pun bisa ditayangkan ke 83 juta pengguna bulanan LINE sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahui bisnismu.

Baca Juga: 9 Aplikasi Toko Online Gratis untuk Jualan dan Belanja

3. Facebook Messenger

Facebook Messenger juga bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi chat untuk jualan agar bisnis online kamu mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Mengutip laman Hootsuite, bisnis bertukar lebih dari 20 miliar pesan dengan orang-orang di Messenger setiap bulannya. Oleh karena itu, potensi Facebook Messenger untuk menunjang bisnis online kamu sangatlah besar.

Terlebih, sebanyak 64% orang di berbagai kelompok usia mengatakan bahwa mereka lebih suka mengirim pesan ke bisnis daripada menelepon atau mengirimkan email.

Kamu pun bisa coba menggunakan Facebook Messenger untuk mempromosikan toko online sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

Dengan Messenger, kamu dapat mengirimkan pesan teks, panggilan suara, dan video. Jadi, dapat melayani pelanggan secara maksimal dan meningkatkan kepuasan mereka saat berbelanja.

Ada berbagai fitur pendukung yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan pelayanan terbaik bagi pelanggan, meski hanya melalui aplikasi chat. Misalnya fitur Greeting yang bisa kamu gunakan untuk memberikan ucapan salam sebagai pembuka dan penutup chat.

Bisa juga menggunakan Instant Reply untuk memberikan balasan otomatis untuk menjawab pesan-pesan baru.  

Selain itu, kamu dapat mempromosikan bisnis melalui layanan iklan yang ada dalam Facebook Messenger. Iklan di Messenger bahkan dapat dilengkapi dengan tombol ajakan bertindak (CTA) untuk memudahkan penerima melakukan pembelian.

4. Telegram

aplikasi chat untuk jualan - telegram
(Foto aplikasi chat Telegram. Sumber: gadgetsnow.com)

Aplikasi chat untuk jualan lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Telegram.

Aplikasi perpesanan instan yang satu ini tidak memiliki batasan pengguna untuk keperluan iklan. Jadi, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan melalui Telegram.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness ialah dengan membuat grup atau channel di Telegram.

Di dalam grup atau channel tersebut, kamu bisa membagikan pesan penawaran dalam bentuk teks, gambar, video, audio, hingga link yang dapat mengarahkan pelanggan untuk berbelanja.

Selain itu, Telegram memiliki fitur Chatbot yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan banyak pengguna sekaligus.

Kamu pun dapat dengan mudah membagikan grup atau channel Telegram bisnis ini melalui link atau QR code.

Baca Juga: Jenis-Jenis Platform Jualan Online untuk Permudah Transaksi Jual-Beli

Itu dia rekomendasi aplikasi chat untuk jualan yang bisa kamu coba. Manakah aplikasi chat untuk jualan yang sudah pernah kamu coba untuk berbisnis?

Aplikasi Chat Untuk Bisnis Online Gratis